Pelayanan pembacaan buku cerita di taman bacaan Tatarkarang Cipatujah

Encang Saepudin, Ninis Agustini Damayani, Tine Silvana Rachmawati

Abstrak


Esensi dasar kegiatan pelayanan taman bacaan masyarakat adalah upaya penyebarluasan dan pendayagunaan segala sumberdaya yang dimiliki. Melalui upaya ini akan terjadi titik temu antara kebutuhan pengguna dengan sumber informasi yang dimiliki taman bacaan. Dengan tersedianya layanan bercerita diharapkan anak-anak bisa lebih terpacu untuk memanfaatkan seluruh layanan taman bacaan secara oftimal. Kegiatan ini bertema Pelayanan pembacaan buku cerita di taman bacaan Tatarkarang Cipatujah. Dengan metode Participatory Rural Appraisal dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion, dan studi pustaka kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  para pengelola taman bacaan masyarakat tentang teknik dan langkah-langkah bercerita.  Ruang lingkup materi yang disampaikan yakni konsep bercerita dan langkah-lankah bercerita yaitu menentukan tujuan dan tema cerita, bentuk bercerita, bahan dan alat, rancangan langkah-langkah kegiatan bercerita, dan rancangan penilaian kegiatan bercerita. Hasil kegiatan menunjukan bahwa terdapat  peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pengelola taman bacaan masyarakat mengenai konsep dan teknik bercerita untuk anak uisa dini.


Kata Kunci


cerita; pelayanan; pembacaan buku cerita;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bunanta, Murti. (2009). Buku, Dongeng, dan Minat Baca, Jakarta: Murti Bunanta Foundation.

Irkham, A. M. (2011). Gerakan Membaca Generasi Ketiga. Jurnal Akrab, 2(1), 9-13.

Laily, L. I., & Andajani, S. J. (2014). Pengaruh Metode Cerita Bermedia Gambar Seri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK Muslimat Nu 38. PAUD Teratai, 3(3)., 1-7.

Pertiwi, A. R. (2011). Peningkatan Minat Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mendongeng (Story Telling) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pabelan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. (Thesis, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang)

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. (Thesis, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang)

Saepudin, Encang, Sukaesih Sukaesih, and Agus Rusmana. "Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Bagi Anak-Anak Usia Dini." Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 5.1 (2017): 1-12.

Zikri, R. (2016). Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Bahasa Anak Fase Golden Age. Al-Lisan, 1(2), 109-130


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363