UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ILMU KIMIA DAN APLIKASINYA MELALUI METODE SOSIALISASI DAN PRAKTIKUM
Abstrak
Ilmu Kimia di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat seperti madrasah aliyah masih menjadi pelajaran yang sulit bahkan masih ditakuti, karena hanya menganggap harus menghafal nama unsur, rumus kimia dan perhitungan-perhitungan reaksi kimia. Adapun mengenai wawasan terhadap peranan ilmu kimia dalam kehidupan, seperti dalam bidang kesehatan, pangan, energi, lingkungan, dan lain-lain masih terbatas. Permasalahan ini berdampak pada kurangnya minat siswa-siswa SMA untuk mempelajari ilmu Kimia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman dan minat para siswa tersebut, dilakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat terkait peran ilmu kimia dalam menjelaskan penyakit Diabetes dan Tuberkulosis. Pada tahun 2018 dan 2019, telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan melalui praktikum pengujian gula urin untuk mendeteksi penyakit diabetes mellitus, pengujian golongan darah, dan pengujian kolesterol urin kepada siswa Madrasah Aliyah Darul Hufadz di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Pemberian materi tentang peranan kimia khususnya biokimia menggunakan metode sosialisasi dan praktikum kepada siswa-siswa SMA terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai ilmu kimia dan aplikasinya serta meningkatkan minat siswa untuk lebih memiliki keinginan dalam mempelajari ilmu kimia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adlim, M., Wilyta, I., dan Hasan, M. 2017. Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep Yang Diuji Dalam Ujian Nasional. Jurnal Pencerahan. 11.
Maksum, I. P. 2018. Patogenetika, Investigasi, dan Terapi. Bandung: Bitread Publishing.
Maksum, I. P., Sriwidodo, Suprijana, O., Natadisastra, G., Nuswantara, S., dan Noer, A. S. 2010. Identifikasi Mutasi Heteroplasmi A3243g DNA Mitokondria dan Studi Pewarisan Maternal pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. Bionatura: Jurnal Ilmu-ilmu Hayati dan Fisik. 12(2) 78-85.
Maksum, I. P., Suhaili, Amalia, R., Kamara, D. S., Rachman, S. D., dan Rachman, R. W. 2018. PCR Multipleks untuk Identifikasi Mycobacterium tuberculosis Resisten terhadap Isoniazid dan Rifampisin pada Galur Lokal Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kimia Valensi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Ilmu Kimia. 4(2) 107-118.
Marsita, R. A., Priatmoko, S., dan Kusuma, E. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Sma Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1) 512-520.
Nisa, U. M. 2017. Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference. 14(1) 62-68.
Royani, I., Mirawati, B., dan Jannah, H, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 6(2) 46-55.
WHO. 2017. Global Tuberculosis Report 2017. Jenewa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran