PERBANDINGAN PERSEPSI KHALAYAK ANTARA IKLAN YANG MENGANDUNG HUMOR DAN TIDAK MENGANDUNG HUMOR
Abstract
Periklanan menjadi salah satu komponen penting dalam komunikasi pemasaran. Sebuah iklan akan dipersepsi oleh alam pikir melalui berbagai tahapan. Berupaya menarik perhatian konsumen, pengiklan menyisipkan unsur humor yang identik dengan segala sesuatu yang membuat tertawa dan lucu, yang dijadikan salah satu daya tarik pesan dalam iklan. Penulis ingin melihat perbedaan alam pikir audience dalam mempersepsi antara iklan mengandung humor dan tidak mengandung humor. Untuk itu diperbandingkan iklan mengandung humor, Ramayana Department Store dan iklan tidak mengandung humor, Matahari Department Store. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan persepsi audience antara iklan yang mengandung unsur humor dan tidak mengandung unsur humor. Dalam mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode kuantitatif agar mendapat pemahaman yang sistematis dan objektif. Dengan menggunakan persepsi selektif Belch dan Belch berdasarkan empat tahap proses persepsi antara lain: terpaan, perhatian, pemahaman dan ingatan terhadap iklan. Dari hasil penelitian, persepsi audience terhadap pemeran iklan, latar dalam iklan, rangkaian adegan dalam iklan serta penggunaan musik dan suara dalam kedua iklan menunjukkan tidak adanya perbedaan tingkat persepsi audience yang signifikan antara dua iklan tersebut. Saran bagi penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menambah dan memperluas objek penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar dan representative terhadap target audience iklan agar mampu memberikan gambaran secara jelas dan nyata mengenai hasil penelitian yang diinginkan. Peneliti merekomendasikan pula bagi para pemerakarsa iklan agar menggunakaan unsur humor secara hati-hati, penggunaan humor dalam iklan harus diperhatikan agar tidak merusak pemahaman audience terhadap iklan. Serta pemilihan latar yang akan digunakan dalam iklan agar mampu dipersepsi dengan baik oleh audience.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, E. P. (2016). Pengaruh kreativitas iklan, unsur humor, dan kualias pesan iklan terhadap efektivitas iklan televisi aqua versi “ada aqua”. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 7 Agustus 2016
Anita, D. M. (2008). Pengaruh persepsi pada iklan dengan unsur humor terhadap tingkat asosiasi merek nu green tea sebagai teh kesehatan (studi kasus iklan televisi nu green tea versi nyanyian jepang “so ra no shita dee ookikunate”). Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia. Diakses pada 19 September 2016
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arriandi, C. (2014 ). Persepsi remaja terhadap sosialisasi pacaran sehat sebagai pendidikan seks oleh crisis center cahaya mentari surabaya. Jurnal e-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 1-9
Febrianto, S. & Sukirno, I. (2015). Pengaruh penggunaan humor dalam iklan terhadap brand recognition (studi iklan televisi djarum 76 seri “jin” pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas atma jaya yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Jogjakarta. Diakses pada 13 September 2016
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hakim, R. T. & Susilowati, C. (2011). Pengaruh persepsi iklan, kesadaran merek, citra merek terhadap sikap pada merek dan keputusan pembelian (studi pada produk pestisida merek sidamethrin 50 ec). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, diakses pada 13 September 2016
Jati, R. P., & Herlina, M. (2013). Hubungan antara radio streaming dengan persepsi dan kepuasan audiens di pt. mnc skyvision jakarta. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 2, 589-602
Kertamukti, R. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan. Bandung: Raja Grafindo Persada
Kotler, P. & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua Belas, Indonesia: Macanan Jaya Cemerlang
Morreal, J. (2009). Comic relief: a comprehensive philosophy of humor. Singapore: Wiley Blackwell, A John Wiley and Sons, Ltd., Publication
Mufarihah, H. & Triyono. (2013). Dampak periklanan terhadap minat beli pada hp samsung galaxy (studi eksplorasi pengguna hp samsung galaxy di semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. Diakses pada 13 September 2016
Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2011). hubungan antara persepsi terhadap metode pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar biologi siswa kelas xi ipa. Jurnal Psikologi Undip Vol. 9, 92-102
Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan online lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi (JKK). Volume 4, Nomor 1
Santosa & Hidayat. (2014). Riset terapan: teori dan aplikasi. Jakarta: Globalstat Solusi Utama
Shimp, T. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran Terpadu.Jakarta: Erlangga
Sudharsono, W. (2010). Pengaruh iklan dengan unsur humor di televisi terhadap minat beli konsumen (studi kasus terhadap iklan rokok “starmild” di fakultas ekonomi universitas sebelas maret surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Diakses pada 7 Agustus 2016
Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen: pendekatan, kuantitatif, kualitas, kombinasi, penelitian tindakan. Yogyakarta: Alfabeta
Suyanto. M. (2004). Aplikasi desain grafis untuk periklanan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Taniredja. (2011). Model-model pengembangan inovatif. Bandung: Alfabeta
Tukiran, T. & Mustafidah, H. (2011). Penelitian kuantitatif; sebuah pengantar. Jakarta: Alfabeta
Thiyagarajan, S., Shanthi, P., & Naresh, G. (2012). Viewers’s perception of tv ads: the role of sex appeal. Psychology Research. ISSN 2159-5542 August 2012 Vol. 2 No. 8
Weinberger, M. G. & Gulas, C. S. (1992). The impact of humor in advertising: a review. Journal of Advertising. Volume XXI, December 1992. No. 4
Weinberger, M. G. & Madden, T. J. (1984). Humor in advertising: a practicioner review. August/September 1984. Volume 24, No. 4
Yusuf, M. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta, Prenadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ira Yuni Mirandha, Adi Bayu Mahadian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats