IDENTITAS SEKOLAH CINTA BUDAYA BANGSA INDONESIA PADA SEKOLAH CAKRA BUANA
Abstract
Peran penting Hubungan Masyarakat dalam suatu organisasi kini ditandai dengan adanya sejumlah aplikasi Ilmu Hubungan Masyarakat dalam tataran bisnis pendidikan. Sekolah Cakra Buana melakukan pengelolaan identitas (corporate identity) yang berbeda dari sekolah-sekolah swasta pada umumnya dengan mengadopsi Budaya Bangsa Indonesia sebagai identitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diadopsinya budaya Indonesia menjadi identitas Sekolah Cakra Buana, pemahaman pegawai Yayasan Cakra Buana terhadap budaya Indonesia sebagai identitas Sekolah Cakra Buana, dan pola komunikasi Yayasan Cakra Buana dalam mengkomunikasikan identitas Budaya Indonesia yang dimiliki Sekolah Cakra Buana. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah studi kasus dengan paradigma konstruktivisme, dan Teori Interaksi Simbolik Mead dan Teori Konstruksi Sosial atas Realitas Berger & Luckmann. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan diadopsinya budaya Indonesia sebagai identitas Sekolah Cakra Buana terdiri dari motif idealisme dan motif komersialisme. Pemahaman pegawai Yayasan Cakra Buana atas budaya Indonesia terbagi menjadi dua hal yaitu sebagai hal yang bersifat konkret dan abstrak. Sedangkan pola komunikasi Yayasan Cakra Buana dalam mengkomunikasikan identitas budaya Indonesia yang dimiliki Sekolah Cakra Buana terdiri dari tiga pola yaitu antar guru dan karyawan, guru ke siswa, dan guru ke orangtua. Pengadopsian Budaya Indonesia menjadi identitas sudah sesuai dengan konsep Corporate identity, pemahaman terhadap budaya itu sendiri perlu ditingkatkan, dan pola komunikasi perlu diperluas hingga melibatkan publik eksternal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berger, P. L. & Thomas, L. (1966). The social construction of reality; a treaties in the sociology of knowledge. Diterjemahkan oleh Basari, Hasan. 1990. tafsir sosial atas kenyataan: sebuah risalah tentang sosiologi pengetahuan. Jakarta: LP3ES
Budyatna, M. (2012). Komunikasi bisnis silang budaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Chasanah, U. (2014). Studi kasus. Diakses dari http://www.academia.edu/7111171/Penelitian_Studi_Kasus tanggal 18 Desember 2017
Ilhami, Y. (2017). Implementasi nilai-nilai corporate culture pada karyawan bank bjb syari’ah kcp ciputat. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah
Kotler, P. & Kevin L. Kr. (2012). Marketing management 14th edition. Upper Saddle River: Prentice Hall
Melewar, T.C. (2008). Facets of corporate identity, communication, and reputation. New York: Routledge
Moeis, S. (2009). Pembentukan kebudayaan nasional Indonesia. Makalah. UPI Bandung.
Moersid, A. F. (2013). Re-invensi batik dan identitas indonesia dalam arena pasar global. Jurnal Widya, 1/2(1987)
Morissan. (2014). Teori komunikasi individu hingga massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Nurjaman, K. & Khaerul, U. (2012). Komunikasi dan public relations. Bandung: Pustaka Setia
Nurul, S. (6 Desember, 2016). Personal Interview.
Pribadi, E. (20 Agustus 2016). Personal Interview.
Syadiladirama, M (26 Januari 2017. Personal Interview
Wirinhayu, A. A. (30 Januari 2017. Personal Interview.
Wulandari, S. (3 Februari 2017). Personal Interview
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.11977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Adinda Sekar Prastantri, Evi Novianti, Rosnandar Romli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats