Proses Public Relations Kegiatan Open House PT. Dirgantara Indonesia Dalam Membangun Brand Awareness
Abstract
Krisis yang dialami PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) memengaruhi keberlangsungan perusahaan. Tidak sedikit masyarakat yang mengira bahwa PTDI sudah tidak beroperasi lagi. Masyarakat masih kurang mengetahui mengenai perkembangan yang terjadi dengan PTDI sekarang ini. Baik mengenai perusahaannya, maupun mengenai produk-produk apa saja yang dihasilkan oleh PTDI sendiri. Masyarakat umum hanya mengetahui PTDI secara general saja yaitu, sebuah industri pesawat terbang di Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Pada kenyataannya PTDI masih aktif beroperasi dalam bidang aircraft service, engineering service, dan pembuatan komponen-komponen pesawat walaupun belum kembali aktif dalam pembuatan pesawat. Namun dengan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan dan perkembangan PTDI yang sekarang, keadaan tersebut menyulitkan PTDI dalam memperkenalkan produk-produknya sehingga PTDI mengadakan kegiatan open house dalam membangun kembali awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Divisi Humas dan Divisi Protokol PTDI melakukan riset, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sebagai panitia pelaksana kegiatan open house dalam membangun kembali awareness masyarakat Bandung terhadap PTDI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Divisi Humas dan Divisi Protokol PTDI melaksanakan kegiatan open house, karena ingin memberikan edukasi mengenai perusahaan Kedirgantaraan sekaligus memperlihatkan keaktifan perusahaan dengan memperkenalkan produk baru N219 kepada masyarakat Bandung. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kegiatan open house tepat dalam membangun kembali brand awareness karena mampu memberikan edukasi baik mengenai industri pembuat pesawat terbang atau PTDI nya sendiri, memperlihatkan bentuk produk secara nyata, dan memperkenalkan aktifitas PTDI kepada masyarakat Bandung. Melalui penelitian ini peneliti menyarankan agar keseluruhan proses mulai dari riset hingga evaluasi dilakukan oleh kedua divisi sebagai panitia pelaksana kegiatan open house atau kedua divisi dapat melakukan konfirmasi terhadap setiap progres perancangan kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (1995). Building strong brands. New York: The Free Press.
Adisatryo. (2016). Personal interview. 28 Desember 2016.
Apriawan, K. (2016). Personal interview. 29 Desember 2016.
Budiman, I. (2016). Personal interview. 28 Desember 2016.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2008). Effective public relations (10th ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Jefkins, F. (2004). Public relations. Jakarta: Erlangga.
Matuleviciene, M., & Stravinskiene, J. (2015). The importance of stakeholders for corporate reputation. Journal Engineering Economics, 26(1), 75–83. https://doi.org/10.5755/j01.ee.26.1.6921.
Nadine. (2017). Personal Interview. 5 Januari 2017.
Odom, D. G., & Strout-Dapaz, A. C. (2008). The “Open house,” an Effective Library Public relations and Instruction Tool. The Reference Librarian, 32, 67–68, 175–186. https://doi.org/10.1300/J120v32n67_13.
Rossiter, J. R. (2014). “Branding” explained: defining and measuring brand awareness and brand attitude. Journal Of Brand Management, 21 (November), 533–540. https://doi.org/10.1057/bm.2014.33.
Safi’i, S. (2017). Personal Interview. 5 Juli 2017.
Salim, A. (2006). Teori dan paradigma penelitian sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Septiani, G., Sumartias, S., & Perbawasari, S. (2017). Pembentukan brand awareness warunk indomie upnormal. Jurnal Profesi Humas, 1(2), 124–131.
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Watson, T. (2012). The evolution of public relations measurement and evaluation. Public Relations Review, 38 (3), 390–398. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2011.12.018.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.16196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Firna Grania, Yanti Setianti, Heru Ryanto Budiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats