Model Pengembangan Kualitas Hubungan Students College Exchange Berbasis Public Relations Evaluation

Imam Nuraryo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggali kajian-kajian mengenai pengukuran dan pengembangan hubungan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi sebagai produsen layanan pendidikan dan mahasiswa sebagai penerima jasa pendidikan (pelanggan) dengan mengadopsi model pengembangan hubungan Relationship Quality-based Students Loyalty (RSQL), Guidelines for Measuring Relationship in Public Relations sebagai pengembangan dari konsep pemasaran relasional dan model pertukaran sosial dari Thibault dan Kelly. Penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya hipotesis bahwa mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliahnya dikarenakan layanan pada Perguran Tinggi yang tidakmemuaskan. Disamping itu, penelitian ini menyajikan model-model lain dalam pengembangan hubungan berikut disertai contoh operasionalisasi variabel yang digunakan untuk mengukur hubungan tersebut. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel gugus bertahap. Populasi sampel penelitian ini adalah sebanyak 362 mahasiswa yang saat ini menempuh studi di tiga perguruan tinggi bisnis di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua pekan selama bulan September sampai dengan November 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas layanan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kualitas hubungan. Selain itu, terdapat pula hubungan citra perguruan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa yang dimediasi oleh kualitas hubungan.Kesimpulannya adalah bahwa kualitas hubungan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan loyalitas mahasiswa sebagai variabel yang memediasikan pengaruh kualitas layanan dan citra perguruan tinggi. Rekomendasi bagi perguruan tinggi bersangkutan adalah untuk memperhatikan dimensi-dimensi kualitas hubungan seperti kepercayaan, komitmen, nilai-nilai dan kepuasan mahasiswa.

Keywords


Evaluasi; mahasiswa; humas; perguruan tinggi; pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2005). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Ardianto, E. (2014). Metodologi penelitian untuk public relation: kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Blau, P. (1964). Exchange & power in social life.

Brown, R. M. & Mazzarol, T. (2009). The importance of institutional image to student satisfaction and loyalty within higher education. Higher Education, 58, 17–35.

Carvalho, S. W. & Mo, M. (2010). The role of trust in creating value and student loyalty in relational exchanges between higher education institutions & their students. Journal of Marketing for Higher Education, 20(1).

Clemes, M. D., Gan, C. E. C., & Kao, T. H. (2007). University student satisfaction: an empirical analysis. Journal of Marketing for Higher Education, 17(2), 27–38.

Ghosh, A. K., Whipple, T. W., & Bryan, G. A. (2001). Student trust and its antecedents in higher education. The Journal of Higher Education, 72(3), 322–340.

Henning, T. & Langer, H. M. (2001). Modelling and managing student loyalty an approach base dont he concept of relationship quality. Journal of Service Research, 3(4), 331–334.

Hon, L. C. & Grunig, J. E. (1999). Guidelines for measuring relationships in public relations. United States of America: Institut Public Relations.

Kara. (2004). Business student satisfaction, intentions and retention in higher education. Pennsylvania State University, Vol 3.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Leonard, H. D. & Sukandar, Y. D. (2014). The loyalty model of private university students. International Research Journal of Business Studies, 7(1), 40–51.

Mendez, J. R. (2009). Determinants of student loyalty in higher education: a tested relationship approach in latin america, 10, 21–39.

Moore, D. & Bowden, J. L. (2012). An appealing connection - the role of relationship marketing in the attraction and retention of students in an australian tertiary context. Asian Social Science, 8(4), 65–80.

Rakhmat, J. (2007). Metode penelitian komunikasi: dilengkapi dengan contoh analistik statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramist, L. (1981). College student attrition and retention college board report. College Entrance Examination Board, 1(S1).

Syam, N. (2011). Psikologi: sebagai akar ilmu komunikasi, seri pohon komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Taecharungroj. (2013). University student loyalty model: structural equation modelling of student loyalty in autonomous, state, transformed, west and private universities in bangkok. National Institute of Development Administration, 10(1), 22–40.

Tessema, M., Ready, K., & Yu, W. (2012). Factors affecting college students satisfaction with major curriculum: evidence from nine years of data. International Journal of Humanities and Social Science, 2(2), 50–65.

Tobari. (2015). Strategi perguruan tinggi swasta menghadapi persaingan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol 12 No.

West, R. & Turner. (2009). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.17289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Imam Nuraryo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats