Desain Interior Sebagai Medium Komunikasi Nonverbal Restoran Eat Happens Dalam Membentuk Reputasi

Rana Putri Pradini, Jefri Audi Wempi

Abstract


Perubahan gaya hidup, kebiasaan, dan trend dalam menikmati serta mengkonsumsi makanan pada kalangan remaja maupun dewasa, membuat para pebisnis kuliner semakin kreatif menuangkan ide-ide baru mengenai restoran, salah satunya adalah Restoran Eat Happens. Penelitian ini membahas tentang desain interior sebagai medium komunikasi nonverbal restoran Eat Happens dalam membentuk reputasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan memahami bagaimana penggunaan desain interior untuk membentuk reputasi restoran Eat Happens. Desain interior suatu restoran diharapkan sesuai dengan konsep restoran itu sendiri agar mencerminkan identitas restoran sehingga menjadi suatu ciri khas dan membentuk reputasi yang baik di benak konsumen. Penelitian ini menggunakan teori Masyarakat Konsumsi dan dilengkapi dengan teori Reputasi, Komunikasi Nonverbal dan Desain Interior. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif Deskriptif. Dalam penelitian ini, desain interior industrial-vintage pada restoran Eat Happens mampu menarik perhatian konsumen kemudian konsumen merasa nyaman dan percaya untuk datang mengkonsumsi produk serta suasana restoran. Selanjutnya, konsumen akan terus memberikan timbal balik yang baik kepada restoran dengan bersedia merekomendasikan kepada keluarga dan kerabat nya yang secara tidak langsung dapat membentuk reputasi restoran Eat Happens dimata masyarakat. Penggunaan Desain Interior dianggap menjadi penting untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada konsumen, dan menjadi sebuah komunikasi nonverbal restoran kepada konsumen yang dapat membentuk reputasi restoran Eat Happens.

Keywords


Desain interior; komunikasi nonverbal; masyarakat konsumsi; reputasi; restoran eat happens

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., & Hermiati, T. (2013). Pengaruh kondisi interior terhadap minat beli ulang konsumen black house cafe. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Ardianto, E. (2007). Dasar-dasar public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2011). Handbook of public relations: pengantar komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2014). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner. Jurnal PRofesi Humas, 3(1), 39–59.

Baudrillard, J. (2010). Simulacra and simulation. Michigan: University of Michigan Press.

Christiani, L. C. (2018). Dimensi McDonalisasi Lazada Online Mall: sebuah model moderenisasi sistem belanja. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 18–31.

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approach (4th ed.). London: Sage Publication, Inc.

Eat Happens Food Place Galaxy. (2019). Retrieved January 2, 2019, from https://www.zomato.com/jakarta/eat-happens-food-place-bekasi-selatan-bekasi

Eddyono, A. S. (2011). Strategi jaringan radio komunitas Indonesia (JRKI) dalam menyelamatkan eksistensi radio komunitas. Jurnal Komunikator, 4(1), 1–13.

Hamid, F., & Budianto, H. (Eds.). (2011). Ilmu komunikasi sekarang dan tantangan masa depan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 15 Global Edition. New Jersey: Prentice Hall. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kountur, R. (2007). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: PPM.

Marsum, W. (2010). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Meldarianda, R., & Lisan S, H. (2010). Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort café atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(2), 97–108.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. M. (2015). Qualitative data analysis : a methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, United States: Sage Publication, Inc.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (Eds.). (2005). Komunikasi antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, S. A. (2016). Kajian desain interior restoran piazza Italia dan brandi pizzeria di Surabaya. Jurnal Intra, 4(1), 7–15.

Purwanto, D. (2011). Komunikasi bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukma, E. A., Fauzi, A., & Yaningwati, F. (2012). Suasana toko dalam menciptakan emosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Profit, 6(1), 60–87.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner kika’s catering di media sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102–119.

Wicaksono, A.A. & Tisnawati, E. (2014). Teori interior. Jakarta: Griya Kreasi.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.18734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rana Putri Pradini, Jefri Audi Wempi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats