Corporate social responsibility pada program Indonesia Digital Learning (IDL) PT. Telekomunikasi Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi programI ndonesia Digital Learning yang dijalankan oleh PT Telekomuniasi Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan paradigma positivistik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan melaksanakan program Indonesia Digital Learning sesuai dengan tahapan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Hohnen yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap perencanaan terdiri atas merumuskan konsep, menilai CSR dan pemetaan berdasarkan fact finding. Pada pelaksanaan perusahaan melakukan kerjasama dengan para kelompok kepentingan dan pemberian seminar pelatihan mengenai panduan pemanfaatan TIK, metode pembelajaran,workshop, dan kompetisi “My Teacher My Hero”.Untuk tahap evaluasi dilakukan dengan cara rapat tatap muka, kuesioner, laporan ke pihak pimpinan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan program Indonesia digital learning, PT Telkom antara lain menyelaraskan dengan berbagai aspek dalam organisasinya. Tahap pelaksanaan pada program Indonesia Digital Learning yaitu PT. Telkom mengembangkan komitmen CSR Indonesia Digital Learning yang diimplementasikan melalui berbagai kegiatan yang terkait dengan pendidikan. Untuk tahap evaluasi program yang dilakukan oleh PT. Telkom setiap selesai kegiatan mengadakan rapat evaluasi secara tatap muka terbatas. Adapun saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya perusahaan mengevaluasi lagi secara berkala terkait tidak adanya struktur organisasi CSR, sebab CSR dalam kegiatan ini hanya merupakan bagian dari kegiatan corporate communicationyang mempunyai kewenangan yang terbatas dalam pengelolaan kegiatannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artawan, G. A. W. M., Shintadewi, E. A., & Budiana, R. (2016). Makna kegiatan uniliver future leaders league bagi para peserta. Jurnal PRofesi Humas, 1(1), 1–11.
Butterick, K. (2012). Pengantar public relations: teori dan praktik. Jakarta: Raja Grapindo.
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan information and communication technology bagi pengembangan guru madrasah sub urban. Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 309–332.
Gunawan, I. (2015). Metode penelitian kualitatif teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hohnen, P. (2007). Corporate social responsibility: an implementation guide for business. Manitoba.
Jamaludin, F. (2015). Demi kemajuan pendidikan, guru harus melek teknologi. Di akses dari https://www.merdeka.com/teknologi/demi-kemajuan-pendidikan-guru-harus-melek-teknologi.html
Lucky, A. (2015). Guru dipaksa melek teknologi. diakses dari https://acdpindonesia.wordpress.com/2015/06/25/guru-dipaksa-melek-teknologi/
Mugara, R. (2015). Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (tik). invotec (innovation of vocational technology education): Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 11(1), 1–11.
Muslih. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ict pada lembaga pendidikan non-formal tpq. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 215–234.
Naufalia, V. (2016). Pengaruh corporate social responsibility terhadap citra perusahaan di pt telekomunikasi indonesia, tbk. Jurnal Utilitas, 2(2), 109–116.
Nova, F. (2012). Public relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugraha, A. R., Sumartias, S., Novianti, E., & Komariah, K. (2015). Implementasi kegiatan corporate social responsiblity ‘go greeen economic’ berbasiskan kearifan lokal. Jurnal Komunikasi, 7(2), 106–115.
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1–14.
Rahim, M. Y. (2011). Pemanfaatan ict sebagai media pembelajaran dan informasi pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135.
Rahmatullah, & Kurniati, T. (2011). Panduan praktis pengelolaan csr (corporate social responsibility). Yogyakarta: Samudera Biru.
Rahmayani, R., & Silvana, H. (2018). Program corporate social responsibility (csr) pada pt indocement tunggal. Jurnal PRofesi Humas, 2(2), 186–202.
Retnaningsih, H. (2015). Permasalahan corporate social responsibility (csr) dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 177–188.
Solihin. (2011). Corporate social responsibility from charity to sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2016). Berbagai pendekatan dalam pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 29–37.
Telkom. (2016). Laporan Tahunan 2016 PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Wibisono, Y. (2007). Membedah konsep dan aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.
Widodo, H. (2015). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293–307.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.19506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Gina Andriana, Evi Novianti, Centurion Chandratama Priyatna, Diah Sri Rejeki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats