Opini publik media massa terhadap masalah penghindaran pajak: perbandingan Indonesia dan Irlandia

Rostamaji Korniawan

Abstract


Surat kabar, sebagai salah satu jenis media massa, yang sering digunakan masyarakat, pemerintah, dan media itu sendiri di dalam menyalurkan opini mereka terhadap isu yang sedang berkembang. Opini tersebut dapat menjadi opini publik yang bisa dibaca oleh siapa pun. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini publik terhadap isu penghindaran pajak yang menjadi salah satu permasalahan perpajakan. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis perbandingan dua surat kabar terbesar yang ada di Indonesia dan Irlandia. Surat kabar tersebut adalah harian Kompas dan harian Irish Times. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap fiskus dan akademisi untuk melihat perspektif mereka terhadap isu perpajakan. Dari perspektif mereka dapat menjadi bagian dari opini publik yang mereka sampaikan secara langsung. Analisis perbandingan dilakukan dengan cara membandingkan kedua format surat kabar yang disampaikan secara online pada periode Januari sampai dengan Desember 2017. Hasil penelitian menemukan adanya kesamaan perspektif diantara para fiskus dan akademisi dalam memahami isu penghindaran pajak sebagai persoalan pajak. Sedangkan kedua surat kabar juga melihat isu penghindaran pajak sebagai persoalan perpajakan. Namun terkait opini publik yang membahas isu kerja sama internasional, surat kabar harian Irish Times kurang menempatkan opini kerja sama internasional sebagai opini yang dominan. Hal ini berbeda dengan surat kabar harian Kompas yang memiliki opini persoalan penghindaran pajak yang sebanding jumlahnya dengan opini penyelesaian masalah penghindaran pajak melalui kerja sama internasional, khususnya Automatic Exchange of Information. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa kedua negara memiliki kesamaan di dalam memandang isu penghindaran pajak. Perbedaan hanya terletak pada kasus penghindaran pajak yang berkembang di masing-masing negara.


Keywords


Opini publik; media massa; penghindaran pajak; Indonesia; Irlandia

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2016). Metodologi penelitian untuk public relations, kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arifianto, S. (2018). Praktik budaya media digital dan pengaruhnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Austin. (2011). A small price to pay. Economist, 68.

Ballard-Rosa, C., Martin, L., & Scheve, K. (2017). The structure of american income tax policy preferences. Journal of Politics, 79(1), 1–16.

Bejaković, P. (2014). Corruption and tax evasion in croatia. Middle East Law & Governance, 6(2), 141–165.

Giachi, S. (2014). Social dimensions of tax evasion: trust and tax morale in contemporary spain. Revista Española De Investigaciones Sociologicas, 145, 73–96.

Gonzáles, S. M. (2016). The automatic exchage of tax information and the protection of personal data in the european union: reflections on the latest jurisprudential and normative advances. EC Tax Review, 25(3), 146–162.

Hardiyansyah. (2015). Komunikasi pelayanan publik, konsep dan aplikasi. Gava Media: Yogyakarta.

Hayat, N. M., Fanani, A.F., Kuntariningsih, A., Hamid, A., Wati, Y.P., Indriyati, Jainuri, Masrun, M.F., Dasril, M., Akibu, R.S., Hajar, S., Tressa, R., Yunus, & Iqbal, M. M. (2018). Reformasi kebijakan publik, perspektif makro dan mikro. Jakarta: Prenadamedia Group.

Keller, A. (2009). Tantangan dari dalam, otonomi redaksi di 4 media cetak nasional: kompas, koran tempo, media Indonesia, Republika (1st ed.). Jakarta: Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia Office.

Kneafsey, L., & Regan, A. (2019). The role of the media in shaping attitudes toward corporate tax avoidance: experimental evidence from ireland. Dublin.

Măgureanu, G. (2011). Considerations on tax evasion. romanian economic and business review, 6(4), 55–58.

McGee, R.W. & Benk, S. (2011). The ethics of tax evasion: a study of turkish opinion. Journal of Balkan & Near Eastern Studies, 13(2), 249–262.

Murphy, J., Link, M. W., Childs, J. J., Tesfaye, C. L., Dean, E., Stern, M., & Harwood, P. (2014). Social media in public opinion research. Public Opinion Quaterly, 78(4), 788–794.

Nir, L. (2011). Motivated reasoning and public opinion perception. Public Opinion Quaterly, 75(3), 504–532.

Pacheco, J. (2011). Trends-public opinion on smoking and anti-smoking policies. Public Opinion Quaterly, 75(3), 576–592.

Rubin, R. (2018). Corporations push profits into tax havens as countries struggle in pursuit, study says. Wall Street Journal-p.1.

Rusmulyadi, R. & Hafiar, H. (2018). Dekonstruksi citra politik Jokowi dalam media sosial. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 120-140.

Solomon, S. D. (2016). The gamble behind the corporate ‘just say no’ defense. New York Times, p. P.B3.

Suryadi, E. (2018). Strategi komunikasi, sebuah analisis teori dan praktis di era global. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syahputra, I. (2018). Opini publik, konsep, pembentukan, dan pengukuran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Travares, J. C. & Iglesias, M. (2010). Dimensions of causal attributions of tax evasion in portugal. Revista De Psicologia Del Trabajo Y De Las Organizaciones, 26(1), 73–78.

Wuryanta, A. G. E. W. (2017). Regulasi, globalisasi, dan manajemen media: tarik ulur globalisasi media, kepentingan publik, dan manajemen media di Indonesia. Di Dalam: Rahmitasari, D. H. (2017). Manajemen media di Indonesia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.20108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rostamaji Korniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats