Citra politik Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo di media sosial
Abstract
Penelitian ini mengenai penerimaan masyarakat mengenai citra Jokowi dan SBY dalam meme Hambalang. Satir ini muncul di berbagai media sosial, salah satunya Twitter sejak 18 Maret 2018 dikarenakan peristiwa kunjungan Presiden Joko Widodo dan Tour De Java Susilo Bambang Yudhoyono yang banyak diperbincangkan khalayak. Ada yang menyebut bahwa kedua peristiwa tersebut adalah gambaran rivalitas antara Presiden Joko Widodo dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Media mulai membicarakan keberkaitan antara kedua peristiwa ini. Warganet juga mulai muncul dengan konten-konten satirnya guna membicarakan peristiwa ini, yaitu dengan mengkolase foto Tour De Java dan kunjungan ke Hambalang. Kendati sudah ada tanggapan dari Susilo Bambang Yudhoyono, konten-konten satir tentang peristiwa ini tetap viral. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerimaan tokoh politik mengenai meme Hambalang. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan melibatkan enam informan dikumpulkan dalam sebuah sesi Focus Group Discussion. FGD dilaksanakan menggunakan pertanyaan semi-terstruktur sebagai cara pengumpulan data. Metode penelitian dilakukan dengan analisis resepsi audiens. Hasil penelitian dipaparkan bahwa informan satir tersebut menunjukkan sebagai cerminan realita bahwa disejajarkannya foto SBY dan Jokowi dalam meme sebagai bentuk rivalitas keduanya. Di sisi lain, kemunculan satir tersebut dimaknai sebagai humor dalam ranah internet, dan juga meme tersebut sebagai eksploitasi media sosial untuk kepentingan tersebut. Untuk penerimaan informan mengenai citra politik SBY Jokowi dalam meme Hambalang berada pada posisi contesting reading. Simpulan penelitian ini adalah ada pemaknaan yang beragam yang dimiliki oleh informan mengenai munculnya satir tentang Hambalang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anspach, N. M. (2017). The new personal influence: how our Facebook friends influence the news we read. Political Communication, 34(4), 590–606. https://doi.org/10.1080/10584609.2017.1316329.
Dawis, A. (2013). Orang Indonesia Tionghoa mencari identitas. Retrieved from https://books.google.co.id/books/about/ORANG_INDONESIA_TIONGHOA_Mencari_Identit.html?id=SlVJDwAAQBAJ&redir_esc=y.
Fang, K. (2018). Turning a communist party leader into an internet meme: the political and apolitical aspects of China’s toad worship culture. Information Communication and Society, 1–21. https://doi.org/10.1080/1369118X.2018.1485722.
Firmansyah, P. (2008). Marketing politik antara pemahaman dan realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hampton, K. N., Shin, I., & Lu, W. (2017). Social media and political discussion: when online presence silences offline conversation. Information Communication and Society, 20(7), 1090–1107. https://doi.org/10.1080/1369118X.2016.1218526.
Huddy, L., Mason, L., & Aarøe, L. (2015). Expressive partisanship: campaign involvement, political emotion, and partisan identity. American Political Science Review, 109(1), 1–17. https://doi.org/10.1017/S0003055414000604.
Huntington, H. E., Rosa, A., Martey, M., Anderson, A. A., Burgchardt, C. R., Long, M., & Mcivor, D. W. (2017). The affect and effect of internet memes: Assessing perceptions and influence of online user-generated political discourse as media. PhD dissertation, Colorado State University, USA. Retrieved from https://mountainscholar.org/handle/10217/183936.
Jenkins, H. (2004). The cultural logic of media convergence. International Journal of Cultural Studies, 7(1), 33–43. https://doi.org/10.1177/1367877904040603.
Lalancette, M. & Raynauld, V. (2019). The power of political image: Justin Trudeau, Instagram, and celebrity politics. American Behavioral Scientist, 63(7), 888–924. Retrieve from https://doi.org/10.1177/0002764217744838.
McQuail, D. (2010). Mass communication theory. London: Sage Publications.
Michelle, C. (2007). Modes of reception: A consolidated analytical framework. Communication Review, 10(3), 181–222. https://doi.org/10.1080/10714420701528057.
Nip, J. Y. M. & Fu, K. W. (2016). Challenging official propaganda? public opinion leaders on Sina Weibo. China Quarterly, 225, 122–144. Retrieve from https://doi.org/10.1017/S0305741015001654.
Nugraha, A. W. (2018). The role of social media in enhancing personal political brand a study in president of republic of Indonesia, President Joko Widodo. Indo IGCC Proceeding, 2, 431–435. https://doi.org/10.7454/IGCC.V2I0.129.
Pratiwi, P. S. (2017). Ahok divonis dua tahun penjara. Retrieved October 2, 2019, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170509080949-12-213328/ahok-divonis-dua-tahun-penjara.
Setijadi, C. (2016). Ethnic Chinese in contemporary Indonesia: changing identity politics and the paradox of sinification. Perspective, (12)1-11. Retrieve from https://pdfs.semanticscholar.org/c3dc/8fb032f649878348ec34563 18a90e6840ff8.pdf.
Shaw, A. (2017). Encoding and decoding affordances: Stuart Hall and interactive media technologies. Media, Culture and Society, 39(4), 592–602. https://doi.org/10.1177/0163443717692741.
Weeks, B. E., Ardèvol-Abreu, A., & De Zúñiga, H. G. (2017). Online influence? social media use, opinion leadership, and political persuasion. International Journal of Public Opinion Research, 29(2), 214–239. https://doi.org/10.1093/ijpor/edv050.
Wibowo, K. A. & Mirawati, I. (2013). Realitas politik Indonesia dalam “kacamata” pengguna Twitter. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 11. Retrieve from https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6027.
Yang, G. & Jiang, M. (2015). The networked practice of online political satire in China: Between ritual and resistance. International Communication Gazette, 77(3), 215–231. Retrieve From https://doi.org/10.1177/1748048514568757.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.21319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Theresia Intan Putri Hartiana, Agatha Winda Setyarinata, Yuli Nugraheni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats