Peran stakeholders dalam membangun identitas Purwakarta yang berwawasan nilai budaya lokal
Abstract
Proses pembangunan mental dan infrastruktur di suatu daerah menjadi kekuatan utama dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Purwakarta sebagai pusat kawasan Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Jawa Barat yang meliputi Karawang, Subang dan Bekasi memiliki posisi yang strategis dalam proses pengembangan wilayahnya dalam upaya mewujudkan pembangunan yang merata bagi masyarakat. Purwakarta yang termasuk sebagai wilayah penyangga pembangunan industri metropolitan sangat rentan terpengaruh oleh arus perubahan budaya dari wilayah sekitarnya, terutama yang berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Karawang. Dalam upaya menjaga nilai-nilai kedaerahan di Purwakarta, maka proses pembangunan yang dilakukan di kabupaten Purwakarta dengan melaksanakan pembangunan yang berwawasan pada nilai-nilai budaya lokal yang dipadukan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai-nilai budaya lokal tersebut diimplementasi pada berbagai sektor pembangunan di Purwakarta terutama yang berkaitan dengan layanan publik seperti bidang kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, pariwisata, dan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai peran stakeholders dalam membangun daerah Purwakarta yang berwawasan nilai budaya Sunda yang dapat menjadi identitas daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, focus group discussion, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah kabupaten Purwakarta sangat dominan dalam mengembangkan proses pembangunan yang berwawasan nilai budaya Sunda terutama semenjak kepemimpinan Bupati Dedi Mulyadi. Akhirnya, adanya sinergis antar stakeholders di Purwakarta telah memberikan dampak yang baik bagi keterkenalan pembangunan Purwakarta sebagai salah satu kabupaten yang memiliki identitas dan menjadi tujuan destinasi wisata baru di Jawa Barat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, J., & Maharani, N. (2018). Keberlangsungan Good News From IndonesiaSebagai Pelaku Jurnalisme Alternatif. Kajian Jurnalisme, 1(2), 107–123.
Ainun Soffani, & Nugroho, C. (2019). UNSUR BUDAYA DALAM MEDIA SOSIAL: STUDI PADA FACEBOOK KANG DEDI MULYADI. Manajemen Komunikasi, 3(2), 158–172.
Aiysiyah, P., & Dewi, R. (2011). Konstruksi Identitas Kedaerahan oleh Media Massa Lokal. Jurnal Komunikasi, 1(2), 149–158.
Barata, I. G., Dektisa, A., & Arini, B. D. (2015). Perancangan destination branding wisata alam kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1–11.
BPS. (2018). Umur Harapan Hidup saat Lahir (UHH) Provinsi Jawa Barat 2010-2017.
Detik.com. (2019). Vivo V15 Mau Launching di Purwakarta, Berikut Fakta Menariknya.
Djaenuri, A. (2015). Kepemimpinan, etika & kebijakan pemerintahan. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Evadianti, Y. (2017). Reposisi brand dalam festival Krakatau oleh dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi Lampung. Jurnal PRofesi Humas, 2(1), 23–36.
Gifari, F., & Purnama, H. (2017). Strategi AsiaPR dalam memperkuat hubungan media dengan forum wartawan otomotif (Forwot). Jurnal Profesi Humas, 1(2), 101–111.
Hariyanto, O. I. B. (2017). Membangun karakter sadar wisata masyarakat di destinasi melalui kearifan lokal Sunda. Jurnal Pariwisata, IV(1), 32–39.
Herladianti, A., Damayanti, T., & Prastowo, F. A. A. (2016). Pencitraan Bupati Purwakarta melalui kegiatan gempungan di kabupaten Purwakarta. Jurnal Edutech, 15(2), 112–137.
HumasCNN. (2017). Perum Jasa Tirta II Dukung Program CSR-PKBL Jabar.
Kompasiana. (2017). CSR Hino Indonesia unik dan menarik.
Luqman, Y., Sumardjo, Sarwoprasodjo, S., & Tambunan, A. H. (2017). Solusi menuju konvergensi arah komunikasi kebijakan publik dalam rangka antisipasi krisis energi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 134–145.
Moleong, L. J. (2000). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyadi, D. (2012). Pembangunan berkarakter. (A. Gunawan, Ed.). Purwakarta: Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Purwakarta.
Mulyana, D. (2001). Merancanag peran baru Humas dalam pengembangan otonomi daerah. Jurnal MediaTor, 1(1), 1–9.
Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi komunikasi dalam membangun awareness wisata halal di kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78–90.
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.
Razali, G., & Lubis, E. E. (2017). Strategi positioning radio Mandiri 98,3 Fm sebagai radio news and business Pekanbaru. Jurnal Komunikasi, VIII(3), 267–274.
Razi, F. (2011). NU dan kontinuitas dakwah kultural. Jurnal Komunikasi Islam, 01(2), 161–171.
Sedarmayanti. (2018). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Susilo, M. E., Prayudi, & Erawati, H. (2016). Pendekatan stakeholders engagement dalam pengembanan desa wisata. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 122–135.
Susilo, N. S. (2013). Identity management primary relationship berbudaya Jawa dan Toraja. Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 1–12.
Wulandari, T. (2013). Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 04(01), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.21349
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Susie Perbawasari, Susanne Dida, Aat Ruchiat Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats