Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah
Abstract
Pelaksanaan tugas pokok Pemerintah yakni Pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan yang dilakukan pada masyarakat berusaha dioptimalkan melalui berbabagi revitalisasi salah satunya adalah dengan membuat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13/2011 dimana dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa Humas Pemerintah termasuk Humas Kemendagri berperan sebagai tempat komunikasi Pemerintah kepada masyarakatnya sekaligus menjalankan peran Pemerintah untuk memberikan informasi yang transparan sesuai dengan tuntutan publik. Lahirnya Permendagri 13/2011 menuntut Kemendagri untuk melakukan pembenahan dan peningkatan sumber daya manusia yang menempati posisi di lembaga Kehumasan di lingkungannya termasuk pmenanamkan pemahaman peran Humas Pemerintah pada tenaga Humas di Kementrian Dalam Negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang tergolong sebagai satu objek (single case study) dengan penentuan key informan yakni purposif. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini diketahui bahwa pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah adalah sebagai berikut: 1) Menciptakan goodwill; 2) Menjaga hubungan baik dengan Stakeholder; 3) Membangun pemahaman masyarakat tentang kebijakan Pemerintah; dan 4) Membangun kepercayaan (trust) masyarakat terhadap sebuah pemerintahan. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah Humas Pemerintah Kemendagri telah menyadari pentingnya peran Humas dalam sebuah lembaga Pemerintahan dan perlu dilakukan revitalisasi untuk mengoptimalkan peranannya. Sebaiknya Humas Pemerintah Kemendagri melakukan revitalisasi berupa penempatan SDM yang berlatarbelakang Humas dalam struktur Humas Pemerintah, dilakukan inovasi dalam mengoptimalkan peran Humas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aras, M. (2014). Kegiatan government public relation dalam membangun komunikasi dengan dunia pers: studi kasus humas pemerintah kota administrasi Jakarta Timur. Jurnal Humaniora, 5(2), 1056–1065. https://doi.org/1056-1065.
Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L. (2017). Analisis fungsi dan peran humas dalam upaya implementasi good governance. Jurnal of Communication Studies, 2(1), 100-118.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2000). Effective Public Relations. (E. Editions, Ed.). New Jersey: Prentice Hall Inc.
Djusan, A. (2012). Praktik government public relations paska otonomi daerah. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 61–70.
Graham, M. W. (2014). Government communication in the digital age : Social media’s effect on local government public relations. Public Relaitions Inquiry, 3(3), 361–376. https://doi.org/10.1177/2046147X14545371
Haryanti, S. (2018). Government public relations and social media : bridging the digital divide on people with social welfare problems. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 22(2), 128–145. https://doi.org/ISSN 0852-9213.
Hopkins, A. E. (2015). Government public relations : public diplomacy or propaganda? Student Pulse, 7(03), 1–7. Retrieved from http://www.inquiriesjournal.com/articles/1012/government-public-relations-public-diplomacy-or-propaganda.
Idris, I. K. (2014). Peran humas pemerintah di era keterbukaan iniformasi. Jurnal Universitas PAramadina, 11(6), 1147–1163.
Kasali, R. (2005). Manajemen public relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kominfo. (2016). Humas pemerintah harus jadi andalan. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/8258/humas-pemerintah-harus-jadi-andalan/0/berita_satker.
Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membangun citra pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51-60.
RI, K. P. A. N. dan R. B. Pedoman umum tata kelola kehumasan di lingkungan instansi pemerintah (2011). Indonesia: jdih.ristekdikti.go.id › files › perundangan.
Ristanto, T. (2015). Peran humas pemerintah kota Balikpapan dalam mengimplementasikan konsep smart city di kota Balikpapan. Jurnal Universitas Airlangga, 4(1), 387–399. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/COMN@peran-humas-pemerintah-kota-balikpapan-dalam-mengimplementasikan-konsep-smart-city-di-kota-balikpapan-article-9324-media-137-category-8.html
Semangatnews. (2019). Mendagri: peran humas pemerintah itu menyeluruh sektor pembangunan. Retrieved October 23, 2019, from https://www.semangatnews.com/mendagri-peran-humas-pemerintah-itu-menyeluruh-sektor-pembangunan/
Tench, R., & Yeomans, L. (2006). Public relations (first edit). Spain: Pearson Education Limited.
Trisnani. (2018). Implementasi e-government public relations sebagai peningkatan pelayanan informasi publik di lingkungan pemerintah daerah di jawa timur dan nusa tenggara barat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3).
Wahyudin, U., & Erlandia, D. R. (2018). Peran humas pemerintah dalam pemasaran city branding melalui media massa. Jurnal Common, 2(2), 162-167 https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1192.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Anwar Sani, Mien Hidayat, Nuryah Asri Sjafirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats