Pengaruh kualitas informasi Instagram dan electronic word of mouth terhadap citra dapurfit
Abstract
Media sosial saat ini menjadi salah satu platform untuk menciptakan interaksi dan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya. Instagram meruapakan salah satu sosial media yang paling sering digunakan dengan 53 juta pengguna aktif. Instagram awal mulanya digunakan untuk mengunggah foto, video dan juga tempat berkomunikasi, namun sekarang dapat menjadi sarana mengembangkan berbagai macam bisnis. Dapurfit ialah salah satu perusahaan yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis mereka yang meruapakan katering online penyedia makanan dan minuman sehat sejak 2012. Dapurfit bukan satu-satunya akun katering online sehat di Instagram, ditemukan bahwa ada akun catering online lain yang melakukan plagiarism atau meniru konten yang dimiliki Dapurfit. Namun, selain unggahan informasi di konten post instagram Dapurfit, peran penting konsumen dalam memberikan rekomendasi baik kepada Dapurfit juga menjadi salah satu peran yang dimainkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi dan e-wom dalam social media terkhususnya Instagram terhadap citra perusahaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan melakukan survei kepada 100 responden followers Instagram @Dapurfit. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa 70,9% Citra Perusahaan yang terjadi dipengaruhi oleh variabel kualitas informasi dan e-WOM, sedangkan sisanya yaitu sebesar 29,1% ditentukan oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian diharapkan Dapurfit dapat terus meningkatkan kualitas informasi di Instagram @Dapurfit dan juga e-WOM sehingga dapat terus dikenal sebagai katering sehat online terpercaya walau menghadapi issue plagiarism dari katering lainnya yang meniru informasi dari konten Dapurfit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat fotografi pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 2(2), 1–14. Retrieved from jom.unri.ac.id › JOMFSIP › article › view%0A
Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh konten dan gaya komunikasi di platform konsultasi berbasis online @ibunda_id terhadap brand awareness. Wacana, 17(1), 29–38. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2007). Dasar-dasar public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Ayutiani, D. N., & Putri, B. P. (2018). Penggunaan akun Instagram sebagai media informasi wisata kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39–59.
Bataineh, A. (2015). The impact of perceived e-WOM on purchase intention: The mediating role of corporate image. International Journal of Marketing Studies, 7(4). https://doi.org/10.5539/ijms.v7n1p126
Gassing, S., & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi Publisher.
Goldsmith, R. D., & Horowitz, D. (2006). Measuring motivations for online opinion seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15252019.2006.10722114
Habibah, S., & Kartib, B. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra sekolah terhadap kepuasan siswa pada SMK swasta Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM, 02(01), 63–71. Retrieved from ojs.unikom.ac.id › index.php › jimm › article › view%0A
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/dir.10073
Jefkins, F. (2003). Public Relations 5th Edition. Jakarta: Erlangga.
Jeong, E., & Jang, S. (Shawn). (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005
Kinanti, S. P., & Putri, B. P. S. P. (2017). Pengaruh media sosial Instagram @zapcoid terhadap brand equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, 9(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jk.v9i1.164
Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, R. (2008). Public relations writing: Media public relations membangun citra korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lee, M., & Youn, S. (2009). Electronic word of mouth (eWOM). International Journal of Advertising, 28(3), 473–499. https://doi.org/https://doi.org/10.2501/S0265048709200709
Li, T., Berens, G., & de Maertelaere, M. (2013). Corporate Twitter channels: The impact of engagement and informedness on corporate reputation. International Journal of Electronic Commerce, 18(18), 97–126. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415180204
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Loen, T. (2018). Karakter pengguna Internet Indonesia. Retrieved May 5, 2018, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180221154301-195-277774/karakter-pengguna-internet-indonesia-di-2017
Pertiwi, W. K. (2019). Sebanyak inikah jumlah pengguna Instagram di Indonesia? Retrieved December 28, 2019, from https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1729/pdf
Ruslan, R. (2016). Manajemen public relations & media komunikasi: Konsepsi dan aplikasi. Rajawali Press.
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Strutton, D., Taylor, D. G., & Thompson, K. (2011). Investigating generational differences in e-WOM behaviours. International Journal of Advertising, 30(4), 559–586. https://doi.org/https://doi.org/10.2501/IJA-30-4-559-586
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (Survei pada followers aktif akun Instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2). Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1449
Torlak, O., Ozkara, B. Y., Tiltay, M. A., Cengiz, H., & Dulger, M. F. (2014). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase Intention: An application concerning cell phone brands for youth consumers in Turkey. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 8(2), 61–68. Retrieved from http://www.na-businesspress.com/JMDC/TiltayMA_Web8_2_.pdf
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner kika’s catering di media sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Utari, M. (2017). Pengaruh media sosial Instagram akun @Princesssyahrini terhadap gaya hidup hedonis para followersnya. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 4(2), 1–22. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/188875-ID-none.pdf
Wearesocial.com. (2018). Digital media report. Retrieved from https://digitalreport.wearesocial.com/
Wiryanto. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Yusra, E. (2018). Persepsi masyarakat terhadap Mahyeldi Ansharullah dalam menghadapi pilkada serentak 2018 (Studi kasus di Kota Padang). Ranah Research, 1(1), 119–124. Retrieved from https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/29
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Meiliana Agustine, Yuliana Riana Prasetyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats