Strategi public relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan

Melita Yosephine, Anisa Diniati

Abstract


Pertumbuhan ekonomi dan pesatnya pengembangan kota di Indonesia, membuat industri properti semakin berkembang. Konsumen akan memutuskan secara teliti, properti mana yang akan dipilih dan dibeli. Sinar Mas Land sebagai industri properti yang menjadi perhatian masyarakat dan media memperkenalkan perusahaannnya dengan cara melakukan proses branding melalui peran Public Relations (PR). Brand image yang positif penting untuk diupayakan oleh setiap perusahaan, karena kesadaran dan loyalitas konsumen dapat dibangun melalui proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan dan besar harapan hasil penelitian dapat menjadi indikator keberhasilan bagi para pebisnis di industri serupa. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme, pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Sinar Mas Land berhasil menggunakan strategi PR dengan melakukan riset, brainstorming, analisis SWOT, menentukan key public dalam fase formative research. Dalam fase strategi Sinar Mas Land menentukan tujuan dan sasaran program, melakukan aksi publikasi melalui event dan aksi joint venture perusahaan. Pada tahap taktik Sinar Mas Land melakukan bonding wartawan, pendekatan publik, monitoring konten media, mempersiapkan media baru. Setelah itu tahap akhir dilakukan dengan melakukan pra evaluasi, evaluasi internal dan evaluasi eksternal pada fase penelitian evaluatif.


Keywords


Brand image; citra; Sinar Mas Land; public relations; strategi

Full Text:

PDF

References


Agyapong, K., Twum-Ampomah, M. K., & Acheampong, A. (2015). Using public relations tools to build image of tertiary. International Research Journal of Marketing and Economics, 2(5), 1–18. https://www.researchgate.net/publication/304782476_using_public_relations_as_a_management_tool_in_tertiary_institutions

Creswell, J. W. (2013). Penelitian kualitatif dan desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan praktis penelitian kualitatif. Graha Ilmu.

Gunawan. (2013). Metode penelitian kualitatif teori & praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Išoraitė, M. (2018). Brand image development. ecoforum, 7(1). https://core.ac.uk/download/pdf/236086742.pdf

Neha Singh, A. R. P. (2017). Role of public relations in image management of an organization. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovation in Technology, 3(4), 164–168. https://www.ijariit.com/manuscripts/v3i4/V3I4-1183.pdf

Okazaki, S., Mueller, B., & Taylor, C. R. (2010). Global consumer culture positioning : testing perceptions of soft-sell and hard-sell advertising appeals between U.S. and Japanese consumers. Journal of International Marketing, 18(2), 20–34. https://doi.org/10.2307/20720463

Poerwadi, S., Suyanto, M., Hidayat, A., Purwadi, P., & Eq, Z. M. (2019). Influence of brand extention strategy, brand image and brand trust on coffee product’s brand equity. International Journal of Marketing Studies, 11(3), 26. https://doi.org/10.5539/ijms.v11n3p26

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in south Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Raweh Mohamed Shamsan, M. O. (2015). Effects of strategic public relations on organization performance: a case study of kenya red cross society. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(9), 1–12. http://www.ijsrp.org/research-paper-1015.php?rp=P464694

Ruslan, R. (2010). Manajemen public relations & media komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smith, R. D. (2005). Stategic planning for public relations. Lawrence Erlabaum Associates, Inc.

Soleh Soemirat, E. A. (2010). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian (lengkap, praktis, dan mudah dipahami). Yogyakarta: Pustaka Baru.

Susilowati, L., & Sumarto, S. (2010). Membangun brand loyalty melalui brand trust dan customer satisfaction. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 53–61. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/rebis/article/view/29

Swasty, W. (2016). Branding memahami dan merancang strategi merek. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tjiptono, F. (2014). Branding & brand longevity. Yogyakarta: ANDI

Wijaya, B. S. (2009). Development model of marketing capabilities and export performance of smes: a proposed study. European Journal of Business and Management, 10(22), 107–114. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.26220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melita Yosephine, Anisa Diniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats