Peran kehumasan Koko Jali mempertukarkan nilai keberagaman melalui wisata toleransi Kampung Sawah

Yesica Yuliani Clara, Rustono Farady Marta

Abstract


Indonesia dengan keanekaragamannya ternyata menjadi potensi terpendam pemicu konflik. Minimnya daya tangkap masyarakat serta kemampuan untuk memahami perbedaan budaya menimbulkan permasalahan komunikasi antarbudaya, salah satunya adalah persoalan antar agama. Aspek ini tentu memengaruhi masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Apabila masyarakat kekurangan edukasi yang komprehensif mengenai budaya, serta pentingnya toleransi, dan sikap saling menghormati, maka konflik interkultural dan agama pun akan terus berlangsung. Untuk itu peneliti berkaca dari wilayah Kampung Sawah di Bekasi, dimana toleransi antarumat beragama sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan terus dipertukarkan, berkembang, bahkan diwariskan hingga saat ini. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus tematik, serta Teori Negosiasi Identitas Ting-Toomey. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap proses penyampaian pesan serta nilai-nilai toleransi antar umat beragama, yang dinegosiasikan kepada remaja sebagai generasi muda penerus bangsa, melalui program Wisata Toleransi Kampung Sawah oleh komunitas Koko Jali. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Wisata Toleransi menjadi salah satu program kehumasan untuk meningkatkan pengetahuan dan  awareness mengenai nilai toleransi antar agama kepada generasi muda. Melalui pemaparan yang dilakukan oleh para pemuka agama dalam sesi wisata tersebut peneliti menemukan adanya hubungan relasi kuasa dari para pemuka agama kepada peserta, sehingga terjadi penerimaan negosiasi identitas dalam diri individu. Diharapkan melalui penelitian ini, semakin banyak institusi yang menggencarkan kesadaran akan pentingnya gerakan seperti wisata toleransi di masyarakat, sehingga dapat menjaga kerukunan serta terus melestarikan warisan budaya kita, Bhineka Tunggal Ika.

Keywords


Negosiasi identitas; wisata toleransi; toleransi umat beragama; peran komunitas; hubungan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anafarhanah, S. (2019). Tren busana muslimah dalam perspektif bisnis dan dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 18, 81–90. https://doi.org/10.1119/1.2218359

Budiwibowo, S. (2016). Membangun pendidikan karakter generasi muda melalui budaya kearifan lokal di era global. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01), 39–49. https://doi.org/10.25273/pe.v3i01.57

Dalil, F., & Rahardjo, T. (2019). Peran sesepuh adat dan media komunitas masyarakat kasepuhan Ciptagelar dalam menjaga identitas kebudayaan asli. Interaksi Online, 7(3). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Devi, S. S. V., & Rahardjo, T. (2018). Isu identitas etnis dan agama dalam kontes politik (kasus pemilihan gubernur Sumatera Utara 2018). Interaksi Online, 7(4).

Haq, I. B. (2019). Henna sebagai komunikasi identitas budaya (studi fenomenologi pemahaman & pemaknaan laki-laki pengguna henna di Kampung Arab Surabaya). VoxPop, 1(1), 98–107. Retrieved from http://voxpop.upnjatim.ac.id/index.php/voxpop/article/view/16

Indrayani, H., & Sunarto. (2019). Fandom: marketing communication strategy 3 . 0 to strengthen the fantation of nationalism through sports. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1741

Iskandar, D. (2004). Identitas budaya dalam komunikasi antar-budaya: kasus etnik Madura dan Etnik Dayak. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 6(2), 119–140. https://doi.org/10.14203/jmb.v6i2.208

Ismanto, K., Huda, M., & Maulida, C. (2013). Transformasi masyarakat petani mranggen menuju masyarakat industri. Jurnal Penelitian, 9(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v9i1.129

Jamaludin, A. N. (2015). Sistem kekerabatan masyarakat Kampung Sawah Di Kota Bekasi. El-HARAKAH, 17(2), 259. https://doi.org/10.18860/el.v17i2.3347

Kertamukti, R. (2013). Komunikasi simbol : peci dan pancasila. JURNAL KOMUNIKASI PROFETIK, 6(1), 53–66.

Kriyantono, R., & Sa’diyah, H. (2018). Kearifan lokal dan strategi komunikasi public relations di bumn dan perusahaan swasta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 171–188. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1480

Kurniasari, N. D. (2015). Negosiasi identitas penarik becak wanita. Jurnal Komunikasi Islam, 9(2). https://doi.org/10.21107/ilkom.v9i2.1205

Malik, A. (2017). Seren taun sebagai medium komunikasi adat. Lontar, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i1.482

Marta, R. F. (2017). Polemik kebhinnekaan Indonesia pada informasi instagram @infia_fact terkait patung kwan sing. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.922

Marta, R. F., & Supina. (2017). Gegar budaya Nusantara.

Mas’udah, D. (2014). Mindfulness dalam komunikasi antarbudaya (studi deskriptif pada peserta Indonesia–Poland cross-cultural program). Jurnal Profetik, 7(2), 77–89. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n1.9

Noorbani, M. A. (2019). Kerukunan umat beragama di Kampung Sawah Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi. Jurnal Al-Qalam, 25(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nugraha, A. R., Komariah, K & Subekti, P. (2014). Fungsi humas pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mengkampanyekan Sumedang sebagai puseur budaya Sunda (Spbs). Edutech, 13(1), 34. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3220

Prastiani, N., Zuhriya, R., & Pratiwi, B. (2020). Promosi dan pemasaran pariwisata objek wisata Tirta Sinongko dalam upaya menarik wisatawan. Profesi Humas, 5(1), 38–57.

Primasari, W. (2014). Pengelolaan kecemasan dan ketidakpastian diri dalam berkomunikasi studi kasus mahasiswa perantau UNISMA Bekasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 26–38. https://doi.org/10.31315/jik.v12i1.355

Putri, N. S. (2011). Pelaksanaan kebebasan beragama di Indonesia (external freedom) dihubungkan ijin pembangunan rumah ibadah. Jurnal Dinamika Hukum, 11(2). https://doi.org/10.20884/1.jdh.2011.11.2.183

Romli, R., & Romli, N. A. (2020). Implementasi strategi komunikasi “ Bandung Juara ” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung. Profesi Humas, 4(2), 263–289. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23547

Rosyid, M. (2015). Antar-umat beragama di Kudus: belajar dari konflik tolikara Papua 1 syawal 1436 H/ 2015 M. (2). https://doi.org/10.21043/quality.v3i2.1915

Santosa, B. A. (2017). Peran media massa dalam mencegah konflik. Jurnal Aspikom, 3(2), 199–214. https://doi.org/doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.3020

Santoso, P. Y., & Toruan, R. R. M. L. (2018). Strategi marketing public relations dalam rebranding hsbc Indonesia untuk membentuk brand awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1–14.

Satvikadewi, A. A. I. P., Danadharta, I., & Aprianto, B. (2019). Keberlanjutan jurnalistik sehat di era konvergensi daring suarasurabaya.net dengan pendekatan engagement pyramid. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 177. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i2.1855

Sicca, S.P., & Rakhmat, M. Y. (2016). Negosiasi identitas hizbut tahrir indonesia (hti) dalam mengkomunikasikan gagasan alternatifnya kepada kelompok mayoritas. Jurnal Interaksi Online, 4(1).

Sugiono, S., Suwitho, S., & Suhermin, S. (2019). Penentu brand awareness pada aplikasi ojek online (gojek). Master of Management Journal Unram, 8(3), 280–294. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.442

Suryandari, N. (2017). Eksistensi identitas kultural di tengah masyarakat multikultur dan desakan budaya globaL. Jurnal Komunikasi, XI(01), 21–28. https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.3020

Tamburian, H. . D. (2018). Komunikasi lintas budaya masyarakat dayak dalam menjaga kerukunan hidup umat beragama. Jurnal Komunikasi, 10(1), 77. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1220

Wahjusaputri, S., & Fitriani, S. (2016). Religious harmony in Indonesia (learning harmony and religious tolerance of Kampung Sawah society in Bekasi City).




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.31446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yesica Yuliani Clara, Rustono Farady Marta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats