STRATEGI IMPRESSION MANAGEMENT PINILIH MOJANG 2014-2015 DALAM MEREPRESENTASIKAN KOTA BANDUNG

Muhamad Arfi Annafidin, Trie Damayanti, Kokom Komariah

Abstract


Pasanggiri Mojang Jajaka merupakan agenda tahunan pemerintah daerah di Jawa Barat, termasuk Pemerintah Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk lebih mengenalkan karakter budaya tradisional kepada para nonoman (generasi muda). Dengan lebih mengenal budaya sendiri maka diharapkan di kalangan generasi muda akan tumbuh kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya sendiri dan memiliki filter terhadap masuknya budaya luar. Sebagai Pinilih Mojang dan Jajaka Kota Bandung, Pinilih harus memenuhi Kriteria Mojang dan Jajaka yang telah ditentukan oleh paguyuban seperti anggun, beribawa, bersih, berwawasan luas, pintar public speaking, dan lancar bahasa Sunda. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui strategi impression management Pinilih Mojang 2014-2015 yang meliputi kesan yang dicari, menunjukkan perilaku, dan menyiapkan risiko dari presentasi diri dalam merepresentasikan Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksploratif dengan data-data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan Key Informant dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga analisis yaitu domain, taksonomi dan komponensial. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi impression management yang dilakukan oleh Pinilih Mojang 2014-2015 Akasha dan Nabila menampilkan kesan yang dicari dalam Mojang Kota Bandung, lalu Akasha dan Nabila menunjukkan perilaku yang harus dilakukan oleh Mojang Kota Bandung saat bertugas, dan Akasha dan Nabila menerima risiko apa yang terjadi saat menjadi Mojang dan menyiapkan risiko yang akan terjadi saat jadi mojang. Saran yang diberikan melalui penelitian ini adalah tidak semua kompetensi yang dicari dalam Mojang Kota Bandung terdapat pada Akasha dan Nabila seperti anggun dan feminin, namun Akasha dan Nabila harus memperbaiki kompetensi yang tidak ada dalam diri mereka, dan perilaku harus tetap dijaga meskipun tidak saat bertugas sebagai Mojang Kota Bandung.


Keywords


Impression Management; mojang; representasi; presentasi diri; Kota Bandung

Full Text:

PDF

References


Cresswel, J. W. (2009). Research design, qualitative, quantitative and mixed methods. 3rd ed. Thousand Oaks. California: Sage Publications

Eliot, T. S. & Prufrock, J. A. (2013). Self presentation. Diakses dari http://faculty.washington.edu/jdb/452/452_chapter_07.pdf

Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. Harmondworth: Penguin

Jones E. E. (1990). Interpersonal perception. New York: W. H. Freeman

Mojang Jajaka. (2013). Apa itu mojang jajaka kota bandung. Diakses dari http://mojangjajakabdg.blogspot.co.id/2013/08/apa-itu-mojang-jajaka-kota-bandung.html

Morissan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Jakarta: Kencana

Mustafa, H. (2011). Perilaku manusia dalam perspektif psikologi sosial. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 7 no. 2, 47-60

Paliszkiewicz, J. & Madra-sawicka, M. (2011). Impression management in social media. Journal Management, 203-212

Sedarmayanti. (2011). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan. manajemen pegawai negeri sipil (cetakan kelima). Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfa Beta

Terry, C. (2013). Self-promotion effects in news media. The McMaster Journal of Communication, 8-25

Wisata Bandung. (2015). Pasanggiri mojang jajaka kota bandung 2015. Diakses dari http://www.wisatabdg.com/2015/08/pasanggiri-mojang-jajaka-kota-bandung.html




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.9363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhamad Arfi Annafidin, Trie Damayanti, Kokom Komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats