Pornografi dalam Iklan: Analisis Isi Iklan dalam Majalah dan Tabloid Remaja di Indonesia
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Pornografi dalam Iklan: Analisis Isi Iklan dalam Majalah dan Tabloid Remaja di Indonesia.” Tujuan yang dirumuskan (1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk iklan-iklan yang dimuat dalam majalah dan tabloid remaja diIndonesiayang mengandung pornografi, (2) menggali makna di balik iklan-iklan tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes. Bentuk Iklan dibagi tiga: wajah, tubuh dan bagian tubuh.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis, Bentuk iklan yang dimuat masih berada pada garis abu-abu antara pornografi dengan karya seni. Makna yang eksplisit adalah persoalan gaya hidup global sedangkan yang implisit adanya kecenderungan tindakan seksual yang permisif. Saran penelitian ini adalah pemerintah agar membuat regulasi dengan melibatkan banyak pihak sehingga nantinya undang-undang yang dihasilkan mampu dengan jelas membedakan mana bentuk yang mengandung pornografi pornoraksi dengan yang tidak. Kemudian, undang-undang tersebut dapat diterapkan secara tegas dengan dukungan hukum positif yang ada. Selain itu sangat penting juga adanya pendidikan sex bagi remaja.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin, 1995. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi ke – 2, Pustaka Belajar, Jogyakarta.
Berger, Arthur Asa, Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer, Tiara Wacana, Yogya, 2000.
Creswell, John W., Qualitative Inquiry and Research Design: Chosing Among Five Traditions, SAGE Publications, California, 1997.
DeVito, Joseph A., Human Communication, HarperCollins Publisher, New York, 1996.
Fisher, B. Aubrey, Teori-teori Komunikasi: Perspektif Mekanistis, Psikologis, Interaksional, dan Pragmatis, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1990.
Halliday, M.A.K., Language as Social Semiotic: The social interpretation of language and meaning, Open University Set Book, United Kingdom, 1993.
Jurnal Perempuan No 38, Pornografi, SMKG Desa Putera, Jakarta, 2004.
Kurniawan, Semiologi Roland Barthes, Yayasan Indonesiatera, Magelang, 2001.
Moleong, Lexi J., Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1995.
Poespoprodjo, W., Logika Ilmu Menalar: Dasar-dasar berpikir logis, kritis, analitis, dialektis, mandiri dan tertib, Remadja Karya, Bandung, 1987.
Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Remadja Rosdakarya, Bandung, 1989.
Santosa, Puji, Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra, Angkasa, Bandung, 1993.
Schramm, Wilbur, The Process and Effects of Mass Communication, University of Illinois Press, Urbana, 1965.
Sudjiman, Panuti, dan Van Zoest, Aart: Penyunting, Serba-Serbi Semiotika, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Fajar Syuderajat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats