ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SAYURAN ORGANIK PADA E-COMMERCE KECIPIR

Sri Mulyati, Ahmad Bukhari, Indri Ayu Putri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut pembelian produk sayuran organik dan tingkat loyalitas konsumen pada perusahaan e-commerce Kecipir. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan instrumen kuesioner yang diberikan kepada 50 responden. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan adalah metode Important Performance Analyse, Customer Satisfaction Index, dan Net Promoter Score. Atribut produk yang dianalisis adalah atribut merek, kemasan, mutu, jaminan dan harga sayuran organik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada metode Important Performance Analysis (IPA) terdapat satu atribut yang berada pada kuadran I, sepuluh atribut yang berada pada kuadran II, lima atribut yang berada pada kuadran III, dan terdapat satu atribut yang berada pada kuadran IV. Hasil Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan persentase kepuasan konsumen sebesar 87,31% dengan indikator sangat puas, dan penilaian loyalitas konsumen dengan metode NPS diperoleh sebesar 56 atau dalam persentase 56% dengan indikator sangat setia.

Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas, Sayuran Organik, E-commerce

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arimbi, S. K. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Online Produk Organik di Kecipir. Skripsi. Program Sarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor. 41 hal.

Asmarantaka RW. 2014. Pemasaran Agribisnis. Bogor: IPB Press.

Badan Pusat Statistik. 2018. Produk Domestik Regional Bruto Sektor Hortikultura. Jakarta: Badan Pusat Statistik., Direktorat Jendral Hortikultura 2019. Produksi dan Luas Lahan Sektor Hortikultura. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Budianto, D, dkk. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket Dengan Metode IPA. Riau: Academia.

Eka, N.R., dkk. 2019. Statistik Pertanian Organik Indonesia (SPOI). Bogor: Aliansi Organis Indonesia (AOI).

Finaliasari, F.D. 2020. Pengukuran Loyalitas Konsumen dengan Menggunakan Metode Net Promoter Score (NPS) pada Perusahaan Platform Digital. Skripsi. Program Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. 167 Hal.

Khasanah, U. 2018. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Restoran Toastea, Bogor. Skripsi. Program Sarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor. 78 Hal.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium Jilid 2. Jakarta : PT Prenhallindo.

Martilla, J. A. Dan James, J.C. 1977. Importance- Performance Analysis. Journal of Marketing. Pages: 77-79.

Nisa, A.C. 2020. Rekomendasi 10 E-commerce Belanja Sayur Online. https://www.exabytes.co.id/blog/inilah- 10-e-commerce-sayur/. [20 November 2021].

Nugroho, J.S . 2010. Perilaku konsumen. Perspektif Konteporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Reicheld, F. 2021. Net Promoter Benchmarks. https://www.satmetrix.com/nps- benchmarks/. [7 Maret 2022].

Rohmah, S.M.F., dkk. 2021. Analisis Kepuasan Konsumen Sayur dalam Sistem Pembelian Online Di Cv. Kira Ermina Tulungagung. Vol. 5, hal: 235-244.

Schiffman, L. G. dan Kanuk, L. L. 2000. Consumer Behavior (10th edition). New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R and D). Alfabeta. Bandung.

Supranto, dkk 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yudha, Eka Purna, et al. "PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN RITEL GOJEK LAYANAN GO-MART, GO-SHOP, DAN GO-MED SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9.3 (2022): 1447-1455.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.