PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP NILAI PELANGGAN KEDAI KOPI DI WILAYAH PERKOTAAN
Abstrak
Indonesia merupakan produsen kopi terbesar dunia, dengan konsumsi kopi yang terus meningkat. Bisnis berupa kafe atau kedai kopi yang menyajikan kopi semakin berkembang karena pengaruh budaya mengkonsumsi makanan yang berkembang di Indonesia salah satunya mengkonsumsi minuman kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas kopi dan kualitas layanan di kedai kopi terhadap nilai pelanggan berdasarkan pengalaman konsumen yang hidup di wilayah perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan tidak terlalu memikirkan promosi dan harga yang ditetapkan oleh kedai kopi. Berdasarkan studi kasus, kedai kopi sudah menyediakan kebutuhan konsumen. Survei menggunakan sampling acak proporsional terhadap enam puluh pelanggan sebuah kedai kopi di wilayah Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kopi dan pelayanan kafe berpengaruh positif terhadap nilai pelanggan. Studi menyimpulkan bahwa kedai kopi yang dikunjungi konsumen memiliki produk dan layanan yang relatif baik yang dapat meningkatkan evaluasi pelanggan terhadap nilai yang mereka terima dari pengalaman melakukan pembelian di kedai kopi.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.