ANALISIS DAYA SAING DAN KINERJA PERDAGANGAN KELAPA KERING INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Eka Purna Yudha, Elvina Griselda

Abstrak


Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia, dan kelapa merupakan salah satu komoditas strategis dan unggulan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan komparatif, kinerja ekspor, dan daya saing kelapa kering Indonesia selama periode 2009-2018. Filipina dan Sri Lanka digunakan sebagai pembanding dan negara tujuan yang dipilih adalah Jerman, Belanda, dan Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan desain penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan komparatif. Data dianalisis menggunakan Revealed Competitive Advantage (RCA), Acceleration Ratio (AR), dan Trade Specialization Index (ISP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif, namun indeks RCA Indonesia lebih rendah dari Filipina dan Sri Lanka. Rata-rata AR Indonesia adalah >1 sedangkan Filipina dan Sri Lanka keduanya <1 yang berarti Indonesia dapat mendominasi pasar ekspor kelapa kering. Indeks ISP Indonesia selalu di atas 0,9 tetapi lebih rendah dari 1 yang berarti bahwa pertumbuhan ekspor kelapa kering Indonesia berada pada tahap kematangan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.