ANALISIS CUSTOMER PATH 5A PADA SPONSOR FILM AADC 2 SEBAGAI PROGRAM ENTERTAINMENT BRANDING

Elizabeth Natasha Hernilasari Tampi, Indra Pamungkas

Abstract


Customer Path merupakan hal yang sering dilupakan oleh pelaku marcomm ketika akan menentukan tools yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa. Jika jenis industrinya berbeda, tentu customer path yang terbentuk akan berbeda. Sebelum hadirnya era konektivitas seperti sekarang ini, customer path yang hadir adalah Aware, Attitude, Act dan Act Again. Konsumen dianggap akan melakukan pembelian ulang jika sebelumnya sudah melakukan pembelian. Namun, di era konektivitas seperti sekarang ini, tolak ukur keberhasilan ternyata bukan hanya diukur dari pembelian berkala. Tidak semua industri akan mengalami pembelian berkala dalam kurun waktu singkat. Salah satu hal yang menjadi tolak ukur baru adalah Advocate atau tahap merekomendasikan kepada orang lain. Sehingga customer path yang terbentuk menjadi customer path 5A yang terdiri dari Aware, Appeal, Ask, Act dan Advocate. Peneliti mencoba untuk menganalisis customer path 5A yang terbentuk dari kehadiran program entertainment branding film Ada Apa Dengan Cinta 2. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif. Sebelumnya, peneliti juga melakukan pra-riset untuk menyaring informan yang tidak menonton Ada Apa Dengan Cinta 1. Selanjutnya peneliti mengolah hasil wawancara dari 3 informan utama dan 2 informan pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa program entertainment branding ini kurang berhasil mengingat 3 informan utama kurang tertarik pada 9 merek sponsor, terlebih lagi tidak ada identical product yang menjadi khas. Hasil lain menunjukkan bahwa informan utama lebih sadar dengan adanya destination branding yang terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja.


Keywords


Customer Path, AADC 2, Sponsor Film, Merek, Entertainment Branding

References


Kartajaya, Hermawan. 2014. WOW Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kartajaya, Hermawan. 2014. WOW Selling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kartajaya, Hermawan. 2015. I Am Marketeers. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ketiga Belas,. Jakarta: Penerbit Erlangga

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2005. Theories of Human Communication, (terj.). Jakarta: Salemba Humanika

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group

Pamungkas, Indra N.A. 2016. Brand0logy: Brand, Branding & Brand Activation. Yogyakarta: Deepublish

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.10630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Elizabeth Natasha Hernilasari Tampi, Indra Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats