Simbol Illuminati dalam Video Klip
Abstract
Illuminati merupakan kelompok elit yang memiliki pertalian darah dan memiliki tujuan untuk mengalihkan manusia dari jalan Tuhan dan menaklukkan manusia dengan cara-cara yang canggih untuk mengendalikan pikiran (yaitu media massa, pendidikan, kebebasan seksual, migrasi, keberagaman, dll). Salah satu strateginya adalah penghancuran agama-agama besar diseluruh dunia, peruntuhan monarki dan pemerintahan yang teratur, penghilangan patriotisme bangsa, penghapusan dan penguasaan terhadap ikatan keluarga. Salah satu penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat bernama Kesha Rose Sebert atau dikenal dengan nama panggung Ke$ha sengaja memasukkan unsur simbol-simbol Illuminati di dalam video klip-nya yang berjudul Die Young. Video klip ini mendapat perhatian lebih dari 138 juta viewers dan 3,4 Juta subscribe di seluruh dunia. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske melalui kode-kode televisi yang terbagi ke dalam tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar pemaknaan simbol-simbol Illuminati dalam video klip “Die Young”. Hasil penelitian pada level realitas, menunjukkan bahwa Ke$ha mencoba untuk mendekatkan diri pada penonton dengan memperlihatkan bentuk-bentuk simbol tersebut, ia mencoba untuk mengagungkan dan meninggikan simbol-simbol iluminati yang ada di video klip ini. Pada level representasi, simbol Illuminati digambarkan melalui penonjolan-penonjolan pada simbol iluminati agar lebih eye catchy, sehingga penonton bias merasakan kedekatan, dengan cara memunculkan simbol Illuminati sebagai bagian dari kekuatan, misteri dan keseriusan dalam kehidupan manusia. Sedangkan pada level ideologi, dapat disimpulkan bahwa kebebasan gaya hidup, sensualitas, anti kemapanan menjadi hak dari setiap individu dan mereka berhak untuk melakukan apapun yang mereka inginkan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dameria, A. (2007). Color basic: panduan dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic.
Ezza, M. A. (2014). Simbol-simbol illuminati di Arab Saudi. Jakarta: Pyramid.
Hall, S. (1997). Representation: cultural representation and signifying practices. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
http://www.crossroad.to/Books/symbols1.html. (2015, April 12). Retrieved from Symbols and Their Meaning: http://www.crossroad.to/Books/symbols1.html
Indriani, S. S., & Prasanti, D. (2017). Makna gambar 3 biri-biri dan kotak pada film ‘the little prince’. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 1(1), 77-88.
Makow, H. (2012). Illuminati: dunia dalam genggaman perkumpulan setan. Jakarta: Ufuk Publishing House.
Marrs, T. (2013). Codex magica: tanda rahasia, simbol misterius dan kode tersembunyi illuminati. Jakarta: Change.
Moon, P. (2010, July 2010). 8 Historic Symbols That Mean The Opposite of What You Think. Retrieved from Cracked: https://www.cracked.com/article_18606_8-historic-symbols-that-mean-opposite-%20what-you-think.html
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Winda Yunita Lestari, Freddy Yusanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats