Budaya Menonton Televisi di Indonesia: Dari Terrestrial Hingga Digital

Rangga Saptya Mohamad Permana, Aceng Abdullah, Jimi Narotama Mahameruaji

Abstract


Sejak TVRI mulai mengudara pada tahun 1962, televisi menjadi salah satu media hiburan dan informasi yang tidak dapat dilepaskan dari keseharian orang Indonesia. Kegiatan menonton televisi tersebut menciptakan budaya menonton televisi di kalangan audiens televisi Indonesia. Budaya menonton televisi di era televisi terrestrial dan era televisi digital memiliki perbedaan yang signifikan dan menarik untuk digali lebih lanjut. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui budaya menonton televisi di Indonesia, dari mulai menggunakan media televisi terrestrial hingga media televisi digital. Metode penelitian deskriptif-kualitatif digunakan dalam kajian ini dengan metode pengumpulan data menggunakan metode telaah dokumen. Hasil kajian menunjukkan bahwa budaya menonton televisi terrestrial yang bersifat analog dan mengandalkan antena di Indonesia adalah kegiatan yang bersifat komunal dan kolektif, sekaligus menjadi ajang bertukar cerita keseharian para audiens. Sedangkan budaya menonton televisi digital yang mengandalkan jaringan Internet di Indonesia merupakan kegiatan yang personal dan individual, di mana audiens dapat memilih tontonan sesuai minat dan budget mereka. Penggunaan smartphone membuat kegiatan menonton televisi dapat dilakukan kapan pun dan di manapun, dengan syarat tersedia jaringan internet yang memadai.

Keywords


Budaya; digital; Indonesia; televisi; terrestrial

References


Rekomendasi Layanan Televisi Kabel Terbaik dengan Harga Terjangkau yang Bisa Jadi Sumber Informasi dan Hiburan (2018). (2018). Retrieved March 8, 2019, from Best Present website: https://bp-guide.id/AXQWryBR

Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media televisi di era internet. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 2(1), 101–110.

Abdullah, A., Rosfiantika, E., & Permana, R. S. M. (2017). Siaran televisi pagi hari (breakfast television) di televisi Indonesia. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 1(2), 163–167.

Adam, A. (2017). Selamat Tinggal Generasi Milenial, Selamat Datang Generasi Z - Tirto.ID. Retrieved March 8, 2019, from tirto.id website: https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-milenial-selamat-datang-generasi-z-cnzX

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi massa: suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Candraningrum, D. A. (2017). Gangguan komunikasi publik dan penurunan brand engagement di perusahaan toys”r”us. Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 164–174.

Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi (edisi revisi). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Cholis, N., & Wardiana, D. (2018). Manajemen strategi redaksi dan bisnis koran olahraga topskor dalam menghadapi persaingan dengan media online di era konvergensi media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2), 124–146.

Croteau, D., & Hoynes, W. (2014). Media/Society. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Fachruddin, A. (2014). Dasar-dasar produksi televisi: produksi berita, feature, laporan investigasi, dokumenter, dan teknik editing. Jakarta: Kencana.

Gemiharto, I. (2015). Teknologi 4G-LTE dan Tantangan Konvergensi Media di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 212–220. https://doi.org/10.1037/h0048001

Holmes, D. (2012). Teori komunikasi: media, teknologi, dan masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2017). Analisis semiotika roland barthes pada ritual otonan di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195–217. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.10519

Mon. (2017). Nostalgia, Anak Tahun 90-an Pasti Hapal Buku Iuran Televisi, Begini Penjelasannya - Tribun Jogja. Retrieved March 8, 2019, from TRIBUNJOGJA.COM website: http://jogja.tribunnews.com/2017/07/14/nostalgia-anak-tahun-90-an-pasti-hapal-buku-iuran-televisi-begini-penjelasannya

Pala, R. (2017). Televisi dan masyarakat perkotaan (survai kebiasaan menonton tv masyarakat Kelurahan Tammamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar Provinsi Selawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 193–201.

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). Model bisnis media net. tv dalam konteks persaingan stasiun televisi di era digital. in komunikasi, budaya, & media dalam jaringan (pp. 173–195). Bandung: BITREAD Publishing.

Porter, R. E., & Samovar, L. A. (2006). Suatu pendekatan terhadap komunikasi antar budaya. in d. mulyana & j. rakhmat (eds.), komunikasi antarbudaya: panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya (pp. 11–35). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2012). Metode penelitian komunikasi: dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2014). Komunikasi lintas budaya (7th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2008). Teori komunikasi: sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa (5th ed.). Jakarta: Kencana.

Soffani, A., & Nugroho, C. (2019). Unsur budaya dalam media sosial: studi pada facebook Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2), 158–172. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.12936

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Susantio, D. (2016). Pajak Radio dan Pajak Televisi Hilang Ditelan Modernisasi oleh Djulianto Susantio - Kompasiana.com. Retrieved March 8, 2019, from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Rangga Saptya Mohamad Permana, Aceng Abdullah, Jimi Narotama Mahameruaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats