Kultur pop dan diskursus ideologi kecantikan pada iklan di televisi
Abstract
Saat ini televisi telah menjadi saluran untuk membangun gambaran ideal mengenai dunia. Salah satunya adalah citra kecantikan seorang wanita. Iklan di televisi telah merekayasa hal tersebut dalam penyampaian pesannya. Kebanyakan mereka menampilkan fisik wanita secara ideal adalah memiliki kulit bersih (putih), tubuh yang yang langsing, dan memiliki rambut hitam yang panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi pada tiga buah iklan televisi yakni iklan Pond’s versi fotografer, iklan WRP Lose Weight dan iklan shampo Pantene Hair Fall pro Vitamin versi Maudy Ayunda. Hasil penelitian ini adalah bahwa ketiga iklan tersebut memberikan gambaran yang ideal adalah dengan menampilkan tubuh yang langsing, rambut kuat adalah rambut yang hitam dan dan kulit yang cantik adalah kulit yang putih. Ketiga hal tersebut menjelma menjadi diskursus dominan fisik perempuan yang ideal di benak khalayak. Diskursus ini mampu meminggirkan diskursus alternatif yakni bagi para perempuan yang tidak berkulit bening, berambut hitam berkilau dan bertubuh tidak langsing. Konsekuensinya adalah bagi para perempuan yang tak mendapatkan “status” sebagaimana yang telah justifikasi iklan, akan kehilangan kepercayaan pada diri kuasa atas fisiknya serta seiring berjalannya waktu memudarnya identitas ciri akan fisiknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borton, G. (2008). Media dan budaya populer, Yogyakarta: Jalasutra.
Cobley, P (Ed). (2006). Communication theories, New York: Routledge.
Diani, A., Lestari, Martha, T. L., & Maulana, S. (2017). Representasi feminisme dalam film maleficent. ProTVF. 1(2). 139-150. DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i2.19873.
Eriyanto. (2001). Analisis wacana:pengantar analisis teks media. Yogyakarta: LKiS.
Fiske, J & Hartley, J. (2003). Reading television. New York: Routledge.
Haryatmoko. (2010). Michael Foucault dan politik kekuasaan: membongkar teknik, mekanisme, dan strategi kekuasaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, D. R. & Abdullah, A. (2014). Fenomena iklan baris kesehatan di surat kabar lokal. Jurnal Kajian Komunikasi. 2(2). 138-147. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v2i2.7380.
Hidayat, D. R. (2015). Dinamika iklan pengobatan alternatif di televisi. Jurnal Kajian Komunikasi. 3(2). 112-119. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.7432.
Kertamukti, R. (2018). Komunikasi visual: fantasi tubuh wanita kelas menengah di Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi. 6(2). 231-246. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.17925.
Mc Quail, D. (2002). Teori komunikasi massa, Jakarta: Erlangga.
Murti, S. K. (2003). Persepsi remaja putri terhadap penayangan iklan kosmetika di televisi. Skripsi. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Pantene. (2018). Iklan pantene hair fall control versi maudy ayunda. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=ux7WLP-8wGw.
Permana, S. M. P., Abdullah, A., Mahameruaji, J. M. (2019). Budaya menonton televisi di Indonesia: dari terrestrial hingga digital. ProTVF 3(1). 53-67. DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220.
Pond’s. (2018). Iklan pond’s white beauty. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=sMEHKrsjSKs.
Puspita, D. F. R., & Nurhayati, I. K. (2018). Analisis semiotika John Fiske mengenai realitas bias gender pada iklan kisah Ramadhan Line versi adzan ayah. ProTVF. 2(2). 157-171. DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20820.
Strinati, D. (2003). Popular culture (Edisi Terjemahan). Yogyakarta: Bentang.
Soekanto, S. (2002). Sosiologi: suatu pengantar, Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.
WRP. (2018). Iklan wrp lose weight. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=cC1nxzvkwI8.
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Imam Nuraryo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats