Sikap penonton terhadap film nasionalisme (Jenderal Soedirman)

Bramedia Ridho Satria, Rizky Rinaldy

Abstract


Artikel ini membahas sikap penonton terhadap Film Nasionalisme Jenderal Soedirman. Adapun tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui sikap Mahasiswa Universitas Moestopo mengenai Film Jenderal Soedirman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sikap, kegunaan dan gratifikasi, dan efek komunikasi massa. Teori efek komunikasi massa terbagi menjadi dua dimensi yakni dimensi kognitif dan dimensi afektif, yang setelahnya dioperasionalisasikan menjadi 18 pernyataan kuisioner penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner terhadap responden. Angket yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket tertutup yang telah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih satu jawaban yang sesuai dengan pilihan mereka. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang dijadikan responden penelitian. Populasi penelitian ini sebesar 362 orang dan diperoleh sampel sebanyak 78 orang dan teknik yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dan purposive sampling, artinya peneliti mengambil sampel dengan kriteria tertentu yang sudah menonton film Jenderal Soedirman. Dapat disimpulkan, bahwa Hasil dari dimensi kognitif sebesar 3.89 dan dimensi afektif sebesar 3.88 dapat dilihat dari penjelasan deskriptif statistik per dimensi dan dapat di simpulkan bahwa mayoritas responden setuju bahwa film Jenderal Soedirman mampu memberikan informasi, pemahaman baru dan memberikan perasaan emosional tentang sikap nasionalisme.


Keywords


Film; sikap penonton; nasionalisme; kuantitatif; deskriptif

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Representasi nasionalisme dalam film Nagabonar Jadi 2: analisis semiotika Roland Barthes mengenai representasi nilai-nilai nasionalisme dalam film Nagabonar Jadi 2. Jurnal Politikom INdonesiana, 2(1), 42–61.

Akbar, K. M., Hanief, L., & Alif, M. (2017). Semangat nasionalisme dalam film (analisis isi kuantitatif dalam film merah putih). ProTVF, 1(3), 125–138.

Alfaqi, M. Z. (2015). Memahami indonesia melalui prespektif nasionalisme, politik identitas, serta solidaritas Mifdal Zusron Alfaqi. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), 111–116. Diakses dari file:///C:/Users/Pusdiklat32/Downloads/5451-4664-1-SM.pdf.

Amalia, R. (2015). Efek tayangan On The Spot terhadap pesan media massa bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(2), 30–42. Diakses dari http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/04/JURNAL (04-09-15-06-48-39).pdf.

Anshari, I. N. (2016). Sistem klasifi kasi dalam pemutaran film: studi kasus klasifi kasi film di Kinoki. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 17(3), 220–235. https://doi.org/10.22146/jsp.13087.

Ardian, M. (2013). Sikap masyarakat Surabaya terhadap program acara “PESBUKERS” Di ANTV. E-Komunikasi, 1(1), 1–11. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/80745-ID-none.pdf.

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi massa (revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ayuningtyas, D. R., Suharso, R., & Sodiq Ibnu. (2016). Perjuangan panglima besar Jenderal Soedirman pada masa revolusi fisik tahun 1945-1950. Journal of Indonesian History, 5(1), 10–17.

Azwar, S. (2011). Sikap manusia teori dan pengukurannya (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baran, S. J. (2011). Pengantar komunikasi massa (6th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Djaya, A. B. (2015). Jawaban atas kritik terhadap film Jenderal Soedirman. Diakses dari http://beritagar.id/artikel/seni-hiburan/jawaban-atas-kritik-terhadap-film-jenderal-soedirman.

Dory. (2015). Film Jenderal Soedirman. Diakses dari http://www.movie.co.id/jenderal-soedirman/.

Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur kreativitas dan kualitas pemograman pada siswa SMK kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan simulasi robot. Rabi : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.419.

Hens, H. (2015). Data penonton 10 September 2015, gangster-Soedirman masih berjaya. https://www.fimela.com/news-entertainment/read/2314303/data-penonton-10-september-2015-gangster-soedirman-masih-berjaya.

Mubasyaroh. (2014). Film sebagai media dakwah (sebuah tawaran alternatif media dakwah kontemporer). AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 1–16.

Natalia, L. (2011). 9 Film bertema nasionalisme untuk menyambut hari kemerdekaan. Diakses dari http://www.jagatreview.com/2011/08/9-film-bertema-nasionalisme-untuk-menyambut-hari-kemerdekaan/.

Pakpahan, D. R. (2017). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat pada Bank Syariah di wilayah kelurahan Sei Sikambing d. At-Tawassuth, 3(3), 345–367.

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196.

Rakhmat, J. (2013). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadewa, B. (2015). Ini film pertama di dunia, berdurasi pendek. Diakses dari http://infofilm21.com/ini-film-pertama-di-dunia-berdurasi-pendek/

Sutorini, M. P., Alif, M., & Sarwani, S. (2019). Semiotika gender dalam film Brave. ProTVF, 3(1), 101–112. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21246.

Trianton, T. (2013). Film sebagai media belajar (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Bramedia Ridho Satria, Rizky Rinaldy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats