Proses corporate rebranding TVRI Jawa Barat menuju world class broadcaster

Herke Regitadika, Hanny Hafiar, Anwar Sani

Abstract


Rebranding merupakan hal yang tidak mudah karena melakukan perubahan posisi dan kesan masyarakat terhadap perusahaan memerlukan proses yang tepat. TVRI stasiun Jawa Barat memiliki strategi untuk menjadi world class broadcaster semenjak tahun 2017 namun belum tercapai. Strategi tersebut kembali diupayakan dengan melakukan berbagai cara agar membangun brand perusahaan salah satunya dengan melalui rebranding. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses corporate rebanding dalam ketujuh tahapan yaitu triggering, analyzing and decision making, planning, preparing, launching, evaluating dan contiuning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara mendalam dengan ketujuh informan, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rebranding ini diawali dengan mengidentifikasi masalah pada corporate strategy, competitive position dan external environment. Kemudian, dilakukan analyzing and decision making seperti market analysis, competitive analysis, competitor analysis dan analisis internal dengan analisis SWOT. Setelah membuat keputusan, keputusan tersebut ditindaklanjuti dengan planning seperti repositioning, renaming dan redesigning. Hasil perencanaan tersebut dilakukan persiapan dan pre-launching. Selanjutnya, launching dilakukan pada internal stakeholders dan external stakeholders. Setelah publikasi, hal yang dilakukan adalah mengevaluasi pelaksanaan pada awareness among stakeholders, customer surveys dan corporate image survey. Fase terakhir pada proses corporate rebranding ini yaitu mempertimbangkan keberlangsungan brand baru pada keseluruhan program dengan melihat pada for customers, for personnel dan management personnel. Simpulan dari penelitian ini adalah proses corporate rebranding yang dilaksanakan oleh TVRI stasiun Jawa Barat sudah baik, namun belum maksimal pada beberapa tahap seperti triggering, planning, preparing, evaluating dan continuing.


Keywords


Televisi; penyiaran; merek; rebranding perusahaan; citra

Full Text:

PDF

References


Adityo, I. (2019, Desember 5). Wawancara langsung proses corporate rebranding TVRI stasiun Jawa Barat. (H. Regitadika, Pewawancara)

Aprilia, P., Hafiar, H., & Subekti, P. (2020). Fungsi public relations pada strategi merek Inspira TV dalam membangun brand perusahaan. ProTvF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 4(1), 20-41. doi:10.24198/ptvf.v4i1.24032

Bantilan, D. S., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. (2017). Strategi rebranding Zora Radio. PRofesi Humas, 2(1), 1-12. doi:doi.org/10.24198/prh.v2i1

Franita, R. (2018). Mekanisme good corporate governance dan nilai perusahaan: studi untuk perusahaan telekomunikasi. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Gumiarto, I., Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2017). Kajian kritis tayangan televisi favorit kelas menengah perkotaan. ProTvF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 1(1), 13-29. doi:10.24198/ptvf.v1i1.13329

Herman. (2019, Desember 9). Wawancara langsung proses corporate rebranding TVRI stasiun Jawa Barat.

Herman. (2019, Desember 6). Wawancara Pra Survei. (H. Regitadika, Pewawancara)

Juntunen, M., Saraniemi, S., & Jussila, R. (2010). Corporate re-branding as a process. Semantic Scholar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kurniawa, P., & Budhi, M. K. (2017). Smart leadership being a decision maker. Yogyakarta: Andi.

Latifa, A., & Setiawan, B. (2019). Strategi public relations radio Geronimo Yogyakarta dalam mempertahankan citra perusahaan. MediaTor, 12(2), 189-198. doi:10.29313/mediator.v12i2

Madura, J. (2007). Pengantar bisnis edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Masduki. (2017). Public broadcasting reform in the transitional society: the case of Indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), 112-118. doi:https://doi/org/10.7454/jki.v6i2.8916

Nielson Indonesia. (2017, July 27). Penetrasi televisi masih yang tertinggi. Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/27/penetrasi-televisi-masih-yang-tertinggi

Noor, J. (2016). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi & karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nusantara, J. J. (2019, Desember 16). Wawancara langsung proses corporate rebranding TVRI stasiun Jawa Barat. (H. Regitadika, Pewawancara)

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20. doi:10.24198/prh.v3i1.15878

Panuju, R. (2017). Sistem penyiaran Indonesia: sebuah kajian strukturalisme fungsional. Jakarta: Kencana.

Pramesti, J., Hafiar, H., & Sani, A. (2017). Langkah bisnis Trans Studio Mall Bandung dalam melakukan repositioning. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 11-27. Diambil kembali dari https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3639/3539

Purdiaswasri, C., Rajardjo, S. T., & Idris. (2016). Analisis restukturisasi: penerapan debirokratisasi PT. PLN (persero) Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta. Jurnal Bisnis Strategi, 25(1), 82-95. Diakses dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/search/h?simpleQuery=analisis+restrukturisasi&searchField=query

Putra, A. J. (2018, April 2). TVRI mati suri sejak ada TV swasta keluarga Soeharto. (D. H. Wirdhana, Pewawancara)

Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses rebranding Mal Grand Indonesia oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas, 2(2), 102-118. doi:10.24198/prh.v2i2.9063

Sanif, M. (2019, Desember 16). Wawancara proses corporate rebranding TVRI stasiun Jawa Barat. (H. Regitadika, Pewawancara)

Setiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sholihat, Y., Perbawasari, S., & Lukman, S. (2018). Proses corporate rebranding PJTV Bandung menjadi SKTV. ProTvF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(2), 173-190. doi:10.24198/ptvf.v2i2.20823

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Utami, S. P., Dida, S., & Prastowo, F. A. (2017). Strategi perencanaan public relations NET.TV dalam membentuk citranya sebagai televisi masa kini. ProTvF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 1(1), 61-76. doi:10.24198/ptvf.v1i1.13334

Vincent, E. I. (2016). International broadcasting as a tool of international diplomacy. New Media and Mass Communication, 46, 45-52.

Yogi, G. P., Ruchiat, A., & Setianti, Y. (2016). Emergency response plan Garuda Indonesia. PRofesi Humas-Jurnal Ilmiah Program Studi Hubungan Masyarakat, 1(1), 65-77. doi:10.24198/prh.v1i1.8537




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i2.27631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Herke Regitadika, Hanny Hafiar, Anwar Sani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats