Iklan mi instan di televisi pada saat pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, N. (2018). Pesan kreatif iklan televisi dalam Bulan Ramadan: Analisis semiotika iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Ariyanti, H. (2020). Cara Korea Selatan turunkan kasus Virus Corona COVID-19 tanpa lockdown. Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/global/read/4202284/cara-korea-selatan-turunkan-kasus-virus-corona-covid-19-tanpa-lockdown
Azmi, F. N., & Sarma, M. (2017). Pengaruh iklan televisi terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen es krim Magnum. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(2), 119–132. https://doi.org/10.29244/jmo.v8i2.19490
Barthes, R. (2017). Elemen-elemen semiologi. Jakarta: BasaBasi.
Christinawati, & Junaidi, A. (2020). Standar kecantikan perempuan berhijab dalam iklan televisi: Analisa semiotika iklan Wardah versi Feel The Beauty. Prologia, 4(1), 209–214. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6477
Cobley, P., & Jansz, L. (2010). Introducing semiotics: A graphic guide. Icon Books.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research (5th ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
Djamereng, A. (2018). Analisis Semiotika pada iklan di televisi (Iklan Wardah dan iklan Total Almeera). Jurnal Al-Khitabah: Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 4(1), 1–17. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/4713
Gunawan, F. (2015). Efektivitas penggunaan Ashraf & BCL sebagai celebrity endorser dalam iklan televisi LINE Let ’s Get Rich dengan menggunakan model TEARS. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4928
Haryadi, T. (2016). Analisis iklan televisi Sampoerna Hijau versi “Es Kacang Ijo” dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. JADECS: Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17977/um037v1i1p%25p
Iklan 5 Menit. 2020, 1 Mei 2020. Iklan Indomie Ramadhan 2020 [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=YMdSussNspo
Iklan TV Indonesia HD. 2020a, 1 April 2020. Iklan Indomie kuah “Nyaman di Rumah” (2020) [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=K5H74R4PQ6Y
Iklan TV Indonesia HD. 2020b, 1 Aapril 2020. Iklan Mie Sedaap “Ini Pilihan Sedaapku” [ft. Oppa Siwon Choi] (2020) [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=67FCsxHabXM
Iklan TV Indonesia HD. 2020c, 29 Maret 2020. Iklan Mie Sedaap selection Korean spicy soup “SADAAB” [ft. Oppa Siwon Choi] (2020) [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=U6rVk1BmqpE
Indriani, S. S., Puspitasari, L., & Rosfiantika, E. (2019). Analisis interaksi simbolik pada konten ofensif iklan Grab #pilihaman. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(1), 81–100. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21245
Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan persepsi visual pada iklan televisi. VISUALITA: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 3(1), 14–33. https://doi.org/10.33375/vslt.v3i1.1095
Lokadata. (2020). Belanja iklan televisi, 2013-2019. Lokadata. Retrieved from https://lokadata.id/data/belanja-iklan-televisi-2013-2019-1585902307
Musaffak. (2015). Analisis wacana iklan makanan dan minuman pada televisi berdasarkan struktur dan fungsi bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 224–232. https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618
Nielsen.com. (2020). Belanja iklan 2019 ditutup dengan tren positif. Nielsen.Com. Retrieved from https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/belanja-iklan-2019-ditutup-dengan-tren-positif/
Noor, F., & Wahyuningratna, R. N. (2017). Representasi sensualitas perempuan dalam iklan New Era Boots di televisi: Kajian semiotika Roland Barthes. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–9. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/140
Nuraryo, I. (2019). Kultur pop dan diskursus ideologi kecantikan pada iklan di televisi. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21488
Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya menonton televisi di Indonesia: Dari terrestrial hingga digital. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220
Prasetya, R. A., Prayogi, R., & Riadi, B. (2020). Tindak ilokusi ekspresif dalam iklan makanan di televisi. JURNAL KATA: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 8(1), 1–7. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20893
Prasetyo, A., & Junaedi, F. (2020). Representasi identitas muslimah dalam iklan televisi Sunsilk, Wardah, dan Emeron. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 203–218. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4532
Pratami, R., & Hasiholan, T. P. (2020). Representasi maskulinitas pria dalam iklan televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119–138. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol14.iss2.art2
Putri, S. Y., & T. (2020). Strategi berbahasa dalam iklan minuman di televisi. LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.36706/logat.v7i1.304
Rosfiantika, E., Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2020). Program live update pemberitaan risiko Covid-19 di televisi nasional Indonesia. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 4(2), 247–269. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i2.28758
Sandra, S., & Setyabudi, D. (2020). Hubungan terpaan iklan di televisi dan kapabilitas brand ambassador dengan minat beli pada produk Mie Sedaap. Interaksi Online, 8(3), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/27968
Sari, W. (2020). Fenomena ekonomi politik komunikasi di Indonesia: Komodifikasi hijab pada dalam iklan Hijab Fresh Body & Lotion di televisi. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i1.111
Savitri, N. W. (2017). Pengaruh celebrity endorser dan iklan melalui media televisi terhadap minat beli pada Tokopedia di Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 6(8), 4214–4239. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/31098
Sobur, A. (2017). Semiotika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2017). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal Manajemen, 9(2), 76–84. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2477
Umarela, F. H., Dwityas, N. A., & Zahra, D. R. (2020). Representasi ideologi supremasi kulit putih dalam iklan televisi. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 4(1), 64–84. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.25172
Virga, R. L. (2019). Representasi gaya hidup wanita muslim Indonesia dalam iklan televisi. PANANGKARAN: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 207–218. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-02
Worotitjan, H. G. (2014). Konstruksi kecantikan dalam iklan kosmetik Wardah. Jurnal E-Komunikasi, 2(2), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/1787
Wulandari, D. (2019). 2018, Belanja iklan TV capai Rp 110,46 triliun - MIX Marcomm. Marketing Communication. Retrieved from https://mix.co.id/marcomm/news-trend/2018-belanja-iklan-tv-capai-rp-11046-triliun/
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi Pond’s Men #lelakimasakini: Analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi maskulinitas. Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.180
DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i1.31326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aceng Abdullah, Rangga Saptya Mohamad Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ProTVF Indexed by:
Editorial Office of ProTVF:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6283111519064 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com
ProTVF Supervised by:
View My Stats