Persepsi peran efek suara pada serial animasi garapan rumah-rumah produksi di Indonesia

Ardy Aprilian Anwar, Nurulita Widianti, Magda Amalia Sumbodo

Abstract


Perkembangan teknologi kini semakin berkembang ke arah digitalisasi. Salah satu penentu kualitas karya animasi adalah unsur suara, khususnya sound effects. Suara merupakan salah satu unsur pembentuk dunia imajinasi dalam animasi. Namun tayangan animasi yang diproduksi beberapa rumah produksi di Indonesia dianggap belum mampu menyaingi karya-karya luar Negeri jika dilihat dari sumber daya manusia dan fasilitasnya. Ketika sistem kejar tayang berlaku, aspek sound effect tidak lagi menjadi hal penting, melainkan hanya mengutamakan suara dialog yang jelas dan musik yang dianggap pas dengan adegan saja. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi rumah produksi serial animasi di Indonesia terhadap penerapan dan kelengkapan efek suara dalam karya animasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan kumpulan data yang berasal dari wawancara partisipan secara indepth interview dan observasi dokumen pada karya-karya animasi tersimpan. Data observasi dokumen akan menjadi dasar perolehan asumsi. Kemudian asumsi tersebut menjadi bahan untuk merumuskan pertanyaan penelitian secara deduktif. Selanjutnya data wawancara diolah dengan metode pengkodean, hasil pengolahan data-data tersebut menjadi bahan pembahasan penelitian mendalam melalui kajian persepsi dampak budaya. Kami mendapatkan temuan bahwa kondisi penggarapan efek suara yang kurang berkualitas diakibatkan karena rumah produksi serial animasi di Indonesia masih beranggapan bahwa aspek efek suara dalam serial animasi belum menjadi prioritas, ketimbang aspek gambar. Solusinya adalah membentuk pola garap baru dengan memperbaharui eksternal diri penggarap lama pada pendidikan formal dan non-formal, atau membentuk internal diri penggarap baru yang lebih matang.

Keywords


serial animasi; rumah produksi; penggarapan; kelengkapan efek suara; persepsi

References


Adi. (2020). Sarat Teknologi Digital, Industri Animasi Berperan Kembangkan Industri 4.0. Pasar Dana. https://pasardana.id/news/2020/7/28/sarat-teknologi-digital-industri-animasi-berperan-kembangkan-industri-40/

Ahn, I. S. (2021). A study on the sound effect of footsteps used in radio drama. International Journal of Engineering Trends and Technology, 69(3). https://doi.org/10.14445/22315381/IJETT-V69I3P203

Andriano-Moore, S. (2018). The rise of the sound designer: Northern California film sound in the 1960s and 1970s. Historical Journal of Film, Radio and Television, 38(3). https://doi.org/10.1080/01439685.2017.1357256

Anggana, Y. (2021). Personal Interview.

Blake, A. (2009). Game Sound, An Introduction to the History, Theory, and Practice of Video Game Music and Sound Design. Journal of Design History. https://doi.org/10.1093/jdh/epp021

C. Noer, E. (2021). Personal Interview.

Chattopadhyay, B. (2017). Reconstructing atmospheres: Ambient sound in film and media production. Communication and the Public, 2(4). https://doi.org/10.1177/2057047317742171

Donaldson, L. F. (2017). Feeling and Filmmaking: The Design and Affect of Film Sound. The New Soundtrack, 7(1). https://doi.org/10.3366/sound.2017.0095

Gemiharto, I., Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Kajian Kritis Tayangan Televisi Favorit Kelas Menengah Perkotaan. ProTVF, 1(1). https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13329

Görne, T. (2019). The Emotional Impact of Sound: A Short Theory of Film Sound Design. 1. https://doi.org/10.29007/jk8h

Hartmann, W. M. (2013). Principles of Musical Acoustics. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-6786-1

Harvey, S. (2009). The Sound Effects Bible. Pro Sound News, 31(2).

Kenyon, G. N., & Sen, K. C. (2015). The Perception Process. In The Perception of Quality: Mapping Product and Service Quality to Consumer Perceptions (pp. 41–50). Springer London. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-6627-6_5

Komalawati, E. (2018). Industri Film Indonesia : Membangun Keselarasan Ekonomi Media Film Dan Kualitas Konten. Lugas Jurnal Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.31334/jl.v1i1.101

Kustaman, R. (2021). Personal Interview.

Mardi, Mr. (2021). Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Bidang Animasi Melalui Program SMK PK (Pusat Keunggulan). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8). https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.208

Pasaribu, A. J. (2012). Satrio Budiono: Perlu Ada Standar untuk Penataan Suara. Wawancara. http://filmindonesia.or.id/article/satrio-budiono-perlu-ada-standar-untuk-penataan-suara#.YCENB-gza01

Permana, R. S. M., Abdullah, A., & Mahameruaji, J. N. (2019). Budaya Menonton Televisi di Indonesia: Dari Terrestrial Hingga Digital. ProTVF, 3(1). https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21220

Permatasari, A. F., Wibowo, J. H., & Danadharta, I. (2021). Analisis Komunikasi Nonverbal dalam Serial Animasi Shaun The Sheep Episode Bitzer From The Black Lagoon. Representamen, 7(02). https://doi.org/10.30996/representamen.v7i02.5721

Rabiger, M., & Hurbis-Cherrier, M. (2013). Directing: Film techniques and aesthetics: Fifth Edition. In Directing: Film Techniques and Aesthetics: Fifth Edition. https://doi.org/10.4324/9780203072387

Rusdiana, R. (2021). Personal Interview.

Sangian, J. G. C. L., & Lumenta, A. S. M. (2016). Film Animasi Tragedi 5 Maret 2014 di Fakultas Teknik. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(6).

Semiawan, C. R. (2013). Metode Penelitaian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. In Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya).

Setiawan, E. (2021). Arti Kata Persepsi. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://www.kbbi.web.id/persepsi

Subiakto, T. (2021). Personal Interview.

Sudhakaran, S. (2013). A Guide to Sound and Audio Post Production in Filmitle. https://wolfcrow.com/a-guide-to-sound-and-audio-post-production-in-film/

Sullivan, P. (2021). Hanna-Barbera’s Cacophony: Sound Effects and the Production of Movement. Animation, 16(1–2). https://doi.org/10.1177/17468477211025660

Tan, S.-L. (2019). Investigating Sound Design in Film: A Commentary on Kock and Louven. Empirical Musicology Review, 13(3–4). https://doi.org/10.18061/emr.v13i3-4.6723

Wiriadisastra, F. (2021). Personal Interview.

Wyatt, H., & Amyes, T. (2013). Audio Post Production for Television and Film. In Audio Post Production for Television and Film. https://doi.org/10.4324/9780080470450

Wyatt, H., & Amyes, T. (2020). Preparing for the mix: sound effects editing 166. In Audio Post Production for Television and Film. https://doi.org/10.4324/9780080470450-20




DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i2.35371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ardy Aprilian Anwar, Nurulita Widianti, Magda Amalia Sumbodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ProTVF Indexed by:

    

Editorial Office of ProTVF:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WhatsApp: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faximile: +62227794122
E-mail: jurnalprotvfunpad@gmail.com


 

ProTVF Supervised by:

View My Stats