ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, POLA KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya keemimpinan ransformasional, pola komunikasi, dan manajemen konflik terhadap kepuasan kerja karyawan. Strategi penelitian ini adalah strategi asosiatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei sampel, dimana peneliti membagikan kuesioner untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Bank Maybank Indonesia Tbk Cabang Area Juanda Jakarta berjumlah 60. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat eror (e) = 5%, Dengan demikian jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 52 karyawan.
Hasil penelitian menunjukan, pengaruh positif gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 0,294 atau 29,4% dan signifikan, pengaruh positif pola komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 0,343 atau 34,3% dan signifikan, pengaruh positif manajemen konflik terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 0,334 atau 33,4 % dan signifikan.
This study aims to determine how much influence the informational leadership style, communication patterns, and conflict management on employee job satisfaction. This research strategy is an associative strategy. The data collection method used in this study is a sample survey, where researchers distribute questionnaires to collect data. The population in this study were employees of PT Bank Maybank Indonesia Tbk Juanda Area Jakarta Branch totaling 60. The sample in this study was taken using the Slovin formula with an error rate (e) = 5%, Thus the number of samples used for this study amounted to 52 employees. The results showed, the positive influence of transformational leadership style on employee job satisfaction of 0.294 or 29.4% and significant, positive influence of communication patterns on employee job satisfaction of 0.343 or 34.3% and significant, positive effect of conflict management on employee job satisfaction of 0.334 or 33.4% and significant.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amri, K. 2017. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan: Data Panel 8 Provinsi di Sumatera. Jurnal EMT KITA, 1 (1), 1-11.
Artana, I Wayan Arta. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Maya Ubud Resort & Spa). Jurnal Perhotelan dan Parwisata, 2(1), 68-69.
As’ad, Mohammad. 2014. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri, Edisi IV. Yogyakarta: Liberty.
Brahmana, Sunardi S., dan Christina, Veronica. 2010. Dampak Kepuasan Kerja Pada Komitmen Organisasi Dosen dan Karyawan Administrasi Universitas Widyatama. Penelitian UPPM.
CNN Indonesia. 2019. 10 Bank Besar. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190201161251-78-365751/bank-btpn-geser-dua-pemain-lawas-masuk-daftar-10-bank-besar.
Forsyth, D. R. 2010. Group Dynamic. Belmont: Cenggage Learning, Fromm E.
Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Edisi 2. Semarang. Badan Penerbit UNDIP.
Griffin, Ricky W. 2012. Management. Eleventh Edition. United States: Cengage Learning.
Handoko, T. Hani 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Cetakan ke Delapan Belas). Yogyakarta: BPFE.
Hopkins, M.M, dan Yonker, R.D. 2015. Managing Conflict With Emotional Intelligence: Abilities That Make A Difference. Journal Of Management Development, 226-244.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2019. Bank. https://kbbi.web.id/bank.
Kasmir. 2015. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Maybank Indonesia. 2019. Tentang Maybank Indonesia. https://www.maybank.co.id/corporateinformation
Muhammad, Arni. 2013. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukhtar, S.A. 2013. Organizational Conflict Management Strategies On Employee Job Satisfaction: A Conceptual Relationship. International Journal Of Mangement Research And Review, 2855-2862.
Modiani, Tria. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.1, No.1.
Nursiana, Adinoto. 2016. Pengaruh Internet Banking, Kualitas Pelayanan, Reputasi Produk, Lokasi terhadap Loyalitas Nasabah dengan Intermediasi Kepuasan Nasabah. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 19, No.3.
Opute, A.P. 2014. Cross-Functional Bridge In Dyadic Relationship: Conflict Management And Performance Implications. Team Performance Management, 121-147.
Pranit, K. 2010. Orgaizational Behavior. New Delhi: Gennext Publication.
Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Jakarta: Alfabeta.
Rahman, Fauzie. et al. 2017. Perilaku Organisasi. Banjarbaru: Expert.
Rizal, Syamsul dan Munawir. 2017. Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) pada Bank BCA Cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT), 1(2), 68-78.
Robbins, S. dan Timothy A J. 2010. Perilaku Organisasi. Edisi ke-16. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, P. Stephen dan Mary Coulter. 2014. Management. Twelfth Edition. United States: Pearson Education Limited.
Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. 2015. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.
Ruben, Brent D dan Stewart, Lea P. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Saeed, T., Almas, S., Anis Ul-Haq, M., dan Niazi. 2014. Leadership Styles: Relationship With Conflict Management Styles. International Journal Of Conflict Management, 25 (3), 214-215.
Santos, Rudi. 2013. Kelembagaan Perbankan, Jakarta: Gramedia.
Sitompul, Ade Florent S. 2010. Pengarh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Karyawan pada Karyawan PT. PLN (Persero) Cabang Medan. Skripsi tidak diterbikan. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Spaho, K. 2013. Organizational Communication And Conflict Management. Management. 18(1), 103-118.
Stanley, Senewe 2009. Kepemimpinan Transformasional dan Organization Citizenship Behavior Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai KPKNL Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 1(3), 356-365.
Stanton, William J. 2010. Prinsip Pemasaran. Edisi VII. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan K ombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan K ombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sutikno, Sobry M. 2014. Pemimpin dan Gaya Kepemimpinan. Edisi Pertama. Lombok: Holistica.
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan ke enam). Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Wikipedia Indonesia. 2019. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). https://id.wikipedia.org/wiki/Otoritas_Jasa_Keuangan.
Winardi. 2012. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Wirawan. 2010. Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.
Yukl, Gary. 2010. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Penerjemah: Budi Supriyanto, Jakarta: PT. Indeks.
Jurnal :
Chen Han dan I Gusti Salit Ketut Netra (2014) dalam E-Jurnal Manajemen Vol. 3 No. 8 2014.
D. I Gst Agung Rai Cahyadi Putra dan Ni Wayan Mujiati (2015) dalam E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No.5, 2015: 1322-1335 ISSN: 2302 – 8912.
Delisius Habri Putra Makutika, Adolfina, dan Yantje Uhing (2018) dalam Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4 September 2018, Hal. 3473 – 3482 ISSN: 2303-1174.
Dimitros Belias, Athanasios Koustelios, Labros Sdrolias, dan George Aspridis (2015) dalam Procedia – Social and Behavioral Sciences 175 (2015) 324 – 333 yang berjudul “Job Satisfaction, Role Conflict, and Authonomy of Employees in The Greek Banking Organizations”.
Dr. Vikas Chaddha (2016) dalam Splint International Journal of Professionals Vol. 3, Issue: 6, Juni 2016 ISSN: 2349 – 6045.
Farisa Nuril Amaliyah, Bambang Swasto, Heru Susilo (2014) dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No.1 September 2014.
Mahmoud Kamal Abouraia dan Saad Mohammed Othman (2017) dalam American Journal of Industrial and Business Management, 2017, 7, 404 – 423 ISSN: 2164 – 5175.
Yunita Puspa Dewi, Diana Sulianti K Tobing, Sri Wahyu Lelly Hana Setyanti (2018) dalam JURNAL EKONOMI 14 (1), 50 – 67 Vol. 1 (2018).
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v3i1.28917
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.