KERANGKA ADVOKASI KOALISI DALAM KEBIJAKAN KENAIKAN TARIF CUKAI ROKOK DI INDONESIA
Abstrak
Permasalahan tarif cukai rokok menjadi semakin kritis karena keadaan ekonomi yang mengalami inflasi akibat pandemic covid sehingga industri rokok kian terancam. Namun disisi lain terdapat harapan untuk membatasi konsumsi rokok agar kesehatan masyarakat terjaga. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagimana kerangka koalisi dibentuk dan bagaimana koalisi mengelola beliefs system, resources, dan strategy mereka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dikawal oleh teori Advocacy Coalition Framework (ACF) dari Sabatier dan Jenkins Smith. Metodologi yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua koalisi dalam kenaikan tarif CHT, mereka adalah koalisi pendukung tarif CHT naik, dan penolak tarif CHT naik. Tokoh utama koalisi pendukung tarif CHT naik adalah Kemenkes sedangkan koalisi penolak tarif CHT naik adalah Kemenperin.
The problem of cigarette excise rates is becoming increasingly critical due to the economic situation which is experiencing inflation due to the covid pandemic so that the cigarette industry is increasingly threatened. However, on the other hand, there is hope for limiting cigarette consumption so that public health is maintained. The purpose of this study is to describe how the coalition framework is formed and how the coalition manages beliefs systems, resources, and strategies. To answer this question, this research was guided by the theory of the Advocacy Coalition Framework (ACF) from Sabatier and Jenkins Smith. The methodology used qualitative research with secondary data. The results of the study show that there are two coalitions in the increase in CHT rates, they are coalitions that support the increase in CHT rates, and those who oppose the increase in CHT rates. The main figure in the coalition supporting the increased CHT tariff is the Ministry of Health, while the coalition against the increased CHT tariff is the Ministry of Industry.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
XMLReferensi
Ansori, A. N. (2021, Desember 15). Perhimpunan dokter paru sambut baik rencana cukai rokok naik 12 persen . Retrieved from liputan6.com: https://www.liputan6.com/health/read/4765668/perhimpunan-dokter-paru-sambut-baik-rencana-cukai-rokok-naik-12-persen
beacukai, A. w. (2022, Januari 7). Bea cukai ungkap hal-hal penting di balik kenaikan tarif cukai 2022. Retrieved from beacukai.go.id: https://www.beacukai.go.id/berita/bea-cukai-ungkap-hal-hal-penting-di-balik-kenaikan-tarif-cukai-2022.html
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 33-54.
Hikam, H. A. (2021, Februari 1). Melihat Aturan Harga Rokok Naik Hari ini - Industri. Retrieved from detikFinance: https://finance.detik.com/industri/d-5356726/melihat-aturan-yang-bikin-harga-rokok-naik-hari-ini
Kemenperin. (2007, November 1). menperin usulkan cukai rokok impor 200%. Retrieved from kemenperin.go.id: https://www.kemenperin.go.id/artikel/474/Menperin-Usulkan-Cukai-Rokok-Impor-200
Kemenperin, t. p. (2019, Maret 25). Industri hasil tembakau tercatat serap 5,98 juta tenaga kerja. Retrieved from Berita industri: https://kemenperin.go.id/artikel/20475/Industri-Hasil-Tembakau-Tercatat-Serap-5,98-Juta-Tenaga-Kerja
Kesehatan, D. P. (2021, September 4). Tugas dan fungsi. Retrieved from p2p.kemkes.go.id: http://p2p.kemkes.go.id/tugas-dan-fungsi/#:~:text=Berdasarkan%20Permenkes%2064%20Tahun%202016,dan%20kefarmasian%20dan%20alat%20kesehatan
Lestari, R. (2021, November 25). kenaikan cukai rokok, kemenperin usul tak terlalu tinggi . Retrieved from ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20211125/257/1470424/kenaikan-cukai-rokok-kemenperin-usul-tak-terlalu-tinggi
Mahadi, T. (2021, November 17). Ekonomi masih berat, petani tembakau tolak renacana kenaikan cukai hasil tembakau. Retrieved from kontan.co.id: https://regional.kontan.co.id/news/ekonomi-masih-berat-petani-tembakau-tolak-rencana-kenaikan-cukai-hasil-tembakau?page=all
MS, Z. H. (2021). Kerangka Advokasi Koalisi dalam kebijkan Penataan Pemukiman Bantara Sungai Winongo di Kota Yogyakarta. 3-10.
Rahim, E. I. (2021). Partisipasi dalam Perspektif kebijakan Publik. 3-8.
Rahmadi, D. (2021, November 26). Kemenkes.Jumlah perokok di Indonesia Sebesar 33,8 Persen. Retrieved from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/peristiwa/kemenkes-jumlah-perokok-di-indonesia-sebesar-338-persen.html
Riset terbaru CISDI tunjukkan konsumsi rokok beri beban ekonomi 27,7 triliun rupiah kepada sistem kesehatan dan program jaminan kesehatan nasional. (2021). CISDI- Center for Indonesia's strategic development invitiatives.
Saputra, D. (2021, Desember 1). Kontribusi Industri Hasil Tembakau ke APBN sebesar 10,11 Persen di 2020. Diambil kembali dari Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20211201/9/1472241/kontribusi-industri-hasil-tembakau-ke-apbn-sebesar-1011-persen-di-2020#:~:text=Kinerja%20industri%20hasil%20tembakau%20di,naik%20sebesar%203%2C24%20persen
Setiawan, S. R. (2020, Agustus 11). Kinerja Industri Menurun akibat Corona, Bagaimana kenaikan cukai rokok. Retrieved from money.kompas.com: https://money.kompas.com/read/2020/08/11/214245026/kinerja-industri-menurun-akibat-corona-bagaimana-kenaikan-cukai-rokok?page=all
Shanti, H. D., & subagyo, T. (2021, Oktober 6). kemenkes minta tarif cukai untuk rokok di Indonesia lebih dinaikkan. Retrieved from antaranew.com: https://www.antaranews.com/berita/2440265/kemenkes-minta-tarif-cukai-untuk-rokok-di-indonesia-lebih-dinaikkan#mobile-nav
Toni, H. (2015, Februari 11). coretan toni. Diambil kembali dari Coretantoni.wordpress.com: https://coretan.wordpress.com/2015/02/11/petunjuk-untuk-kerangka-advokasi-koalisi-acf/
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i3.42754
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.