ANALISIS KEPUASAN LAYANAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BAKU PEMBANDING DAN ATK PADA CUSTOMER INTERNAL BBPOM DI BANDUNG
Abstrak
Layanan, kepuasan dan customer merupakan hal yang saling berhubungan. Dalam hal ini layanan yang diberikan kepada customer akan berdampak pada puas atau tidak puasnya customer. Dalam hal ini, layanan pun dapat diberikan dengan sangat beraneka ragam mulai dari layanan jasa, layanan produk, dan layanan lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan perspektif dari partisipan sebagai gambaran dalam memperoleh dalam memperoleh hasil penelitian. Balai Besar Obat Pengawas Obat Dan Makanan di Bandung tentunya memiliki layanan internal nya sendiri, yaitu pelayanan terkait kebutuhan internal di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Bandung. Mulai dari bahan penelitian hingga kebutuhan ATK (Alat Tulis Kantor) yang tentunya hal tersebut dikelola dan diatur oleh salah satu bagian dari Bidang Tata Usaha yang ada Di BBPOM yaitu bagian BMN (Barang Milik Negara). Analisis ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh BMN (Barang Milik Negara) sudah sangat baik atau sudah memuaskan untuk para customer internal yang ada disana. Analisis ini dilakukan berdasarkan data yang akan dikumpulkan melalui pengisian form atau dengan melalui wawancara customer internal yang terkait. Hasil dari analisis yang dilakukan dapat menjadi acuan tingkat keberhasilan kinerja bagi BMN (Barang Milik Negara) sendiri mencakup kekurangan dan kelebihan yang terjadi dapat menjadi bahan evaluasi bagi BMN.
Service, satisfaction and customers are interconnected. In this case the services provided to the customer will have an impact on customer satisfaction or dissatisfaction. In this case, services can be provided in a wide variety of ways, starting from services, product services, and other services. The method used in this study is a descriptive qualitative method using the perspective of the participants as an illustration in obtaining research results. The Center for Drug and Food Control in Bandung certainly has its own internal services, namely services related to internal needs at the Center for Drug and Food Control (BBPOM) in Bandung. Starting from research materials to the needs of ATK (Office Stationery) which of course is managed and regulated by one of the divisions of the Administrative Sector at BBPOM, namely the BMN (State Owned Goods) section. This analysis was carried out to find out whether the services provided by BMN (State Property) were very good or satisfactory for the internal customers who were there. This analysis is carried out based on the data that will be collected through filling out forms or by interviewing related internal customers. The results of the analysis carried out can be used as a reference for the success rate of performance for BMN (State Property) itself, including the deficiencies and advantages that occur, which can be used as evaluation material for BMN.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baez, B. (2002). Confidentiality in qualitative research: reflections on secrets, power and agency. Qualitative Research, 2, (1), 35-58.
doi: 10.1177/1468794102002001638
Fahriani, N., & Febriyanti, I. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 2, (3), 01-11. Retrived from https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/optimal/article/view/431/355
Flick, U., Kardorff, E., & Steinke, I. (2004). What is Qualitatif Research? an Introduction to The Field. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/329165047_A_Companion_to_QUALITATIVE_RESEARCH_Edited_by_Uwe_Flick_Ernst_von_Kardorff_and_Ines_Steinke
Junaid, I. (2016). Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 10, (01), 59-74. Retrieved from http://repository.poltekparmakassar.ac.id/123/
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jilid 1. PT Indeks. Jakarta
Maykut, P., & Morehouse, R. (1994). Beginning Qualitative Research: A Philosphic and Practical Guide. Retrieved from https://books.google.co.id/books/about/Beginning_Qualitative_Research.html?id=pq-0w28WR_YC&redir_esc=y
Pranitasari, D., & Sidqi, A. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 18, (02), 19. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438
Suseno, G., & Habiburohman, E. (2020). Relationship Marketing dalam Pengembangan Bisnis. Co-Management, 3, (2), 479-481. Retrived from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/co-management/article/download/426/201
Tarigan, R., & Raharjo, B. (2021). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan. Jurnal Sistem Informasi, 8, (1), 31-42. Retrived from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/jsii/article/view/2978
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andi. Wijaya, Z. R., & Sanusi, F. D. (2021). Pengaruh Customer Experience, Location dan Product Diversity Terhadap Repurchase Intention. Cakrawala Repositori IMWI, 4(2), 207–217.
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v6i2.43493
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.