ANALYSIS COSTETIC BRAND PERCEPTION: CASE STUDY OF MILLENIALS AND GENERATION Z IN WEST JAVA

Salma Nurhaliza, Aditya Wardhana

Abstrak


Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Konsumen Generasi Z dan Milenial di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening, pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening, dan pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan dari kuesioner, publikasi nasional dan internasional, artikel, dan penelitian terkait sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yang terdiri dari 100 (seratus) responden. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Namun Kualitas Produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Disarankan agar Scarlett Whitening lebih memperhatikan komposisi produk berdasarkan jenis kulit tertentu untuk memberikan manfaat tambahan kepada konsumen saat menggunakan produk Scarlett Whitening.

 

This study reviews the Effect of Brand Image and Product Quality on Scarlett Whitening Product Purchase Decisions on the Consumers of Generation Z and Millennials in West Java. This study aimed to determine the effect of brand image on purchasing decisions of Scarlett Whitening products, the effect of product quality on purchasing decisions of Scarlett Whitening products, and the effect of brand image and product quality on purchasing decisions of Scarlett Whitening products. This research employed the descriptive quantitative method and multiple linear regression analysis. Data were collected from questionnaires, national and international publications, articles, and previous related research. This study utilised a non-probability sampling technique comprising 100 (one hundred) respondents. The findings of this study indicate that Brand Image has a partially significant effect on Purchase Decisions. However, Product Quality did not have a partially significant effect on Purchase Decisions. It is suggested that Scarlett Whitening should pay more attention to the ingredient product based on certain skin types to provide consumers with additional benefits when using Scarlett Whitening products..

 


Kata Kunci


Brand Image; Quality Product; Purchase Decisions; Scarlett Whitening

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin Ansary, Nik M, Hazrul Nik Hashim. (2018). Brand image and equity: the mediating role of brand equity drivers and moderating effects of product type and word of mouth. Review of Managerial Science, 969-1002.

Ananda Dwitha Yuniar, Ichsan Rahmanto, Layung Paramesti Martha, Meidi Saputra, Safira Hasna, Astrida Fitri Nuryani, IGAK Satrya Wibawa, Luhung Achmad Perguna,, Ninuk Sholikhah Akhiroh, Prawinda Putri Anzari. (2021). Literasi Digital: Tren, Tantangan dan Peluang. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Annisa Aurelia Eksananda, Tias Andarini Indarwati. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu Manajemen, 233-243.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Atila, A. (2021, February 08). Mengenal Definisi dari Merek Yang Amat Penting yang Perlu Diketahui. Retrieved from Jojonomic: https://www.jojonomic.com/blog/merek/

Atiqoh. (2021, December 25). Review Brightening Series Scarlett, Rahasia Kulit Wajah Bersinar. Retrieved from Catatan Atiqoh: https://www.google.com/search?q=Scarlett+Whitening+adalah+salah+satu+brand+asal+Indonesia+yang+dirilis+oleh+Felicya+Angelista.+Terkenal+dengan+rangkaian+produk+brightening%2C+produk+Scarlett+Whitening+umumnya+mengandung+Glutathione&rlz=1C1CHWL_enID950ID95

Ayu, I. (2021, April 12). Industri Kosmetika Diproyeksi Tumbuh 7 Persen Tahun Ini. Retrieved from Ekonomi BIsnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210412/257/1379994/industri-kosmetika-diproyeksi-tumbuh-7-persen-tahun-ini

Ayu, I. (2021, April 12). Industri Kosmetika Diproyeksi Tumbuh 7 Persen Tahun Ini. Retrieved from EkonomiBisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210412/257/1379994/industri-kosmetika-diproyeksi-tumbuh-7-persen-tahun-ini

Basrah Saidani, Samsul Arifin. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemn Sains Indonesia, 4-5.

Daily, I. (2018, March 20). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. Retrieved from Kementrian Perindustrian Republik Indon: https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20

Dewanto, Moniharapon, Mandagie. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA Volume 6, 1878-1887.

Fadli, d. R. (2022, March 04). Pentingnya Self Care bagi Kesehatan Mental Wanita. Retrieved from Halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-care-bagi-kesehatan-mental-wanita

Fandy Tjiptono, Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Florencia, d. G. (2019, October 11). Pentingnya Skincare Awareness di Usia Remaja. Retrieved from halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-skincare-awareness-di-usia-remaja

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gie. (2020, April 16). Pengertian Lengkap 7P Bauran Pemasaran atau Marketing Mix. Retrieved from Accurate: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-bauran-pemasaran/

Haidar, H. (2022, June 06). Scarlett Whitening, Skincare Halal dengan Harga Terjangkau! Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/hilmyhaidar/629da520d2634539d90262a2/scarlett-whitening-skincarehalal-dengan-harga-terjangkau?page=1&page_images=1

Humaniora. (2019, October 05). Indonesia, Pasar Potensial untuk produk perawatan kulit. Retrieved from Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/humaniora/263774/indonesia-pasar-potensial-untuk-produk-perawatan-kulit

Iful Anwar, Budhi Satrio. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan RIset Manajemen Volume 4, 1-15.

Indrawati, S. M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Jayani, D. H. (2021, May 24). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia

Joan, V. (2022, January 15). Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. Retrieved from compas: https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1251-1259.

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, 604-631.

Kurniah, Awaluddin. (2022). Pengaruh Pengalaman dan NIlai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Scarlett Whitening di Kota Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management, 21-31.

Kusuma, A. C. (2020, August 18). Self-Care: Penting untuk Dirimu. Retrieved from Satu Persen: https://satupersen.net/blog/self-care-penting-untuk-dirimu

Laily, I. N. (2022, April 01). Pengertian Penelitian Deskriptif, Ciri-Ciri, Jenis, dan Pelaksanaannya. Retrieved from KataData: https://katadata.co.id/iftitah/berita/624689b762261/pengertian-penelitian-deskriptif-ciri-ciri-jenis-dan-pelaksanaannya

Machfiroh, I. S. (2018). Keterkaitan Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada EMAK di Fried Chicken Pelaihari. Jurnal Humaniora dan Teknologi, 25-30.

Madiawati, P. N., & Pradana, M. (2016). The appeal of celebrity endorsers and halal certificates on customers’ buying interest. Madiawati, PN, & Pradana, M.(2016). The appeal of celebrity endorsers and halal certificates on customers’ buying interest. Journal of Administrative and Business Studies, 1(1), 28-34.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 57.

Mayasari, D. (2019, December 17). Kebiasaan Geneasi Milenial dalam Perawatan Kecantikan. Retrieved from TimesIndonesia: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/243526/kebiasaan-generasi-milenial-dalam-perawatan-kecantikan

Melinda, P. (2020). Retrieved from Repository STEI: http://repository.untag-sby.ac.id/755/2/BAB%202.pdf

Methiana, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo.

Mukaromah, S. (2021, April 09). Berapa Lama Sih Skincare dan Bodycare Memberikan Hasil? Retrieved from Beautynesia: https://www.beautynesia.id/beauty/berapa-lama-sih-skincare-dan-bodycare-memberikan-hasil/b-204542

Musafar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Naimah, M. (2012). Metode Penelitian. Retrieved from UIN MALANG: http://etheses.uin-malang.ac.id/2218/7/08410090_Bab_3.pdf

Novanto, A., & Pradana, M. (2021). Studi Bauran Pemasaran di Industri Coffee Shop: Sebuah Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 489-495.

Novi Tri Hariyant, Alexander Wirapraja. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern . JURNAL EKSEKUTIF VOLUME 15, 138.

Nurfauziah Istiqmalia, eraf Joesoef. (2021). Itikad Baik Dalam Pendaftaran Merek: Studi Perlindungan Hukum Pemilik Merek Terkenal di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Indonesia, 406-426.

Pramita, E. (2022, July 13). Tren Skincare ala Generasi Z, Lebih Simpel dan Fokus pada Bahan. Retrieved from Cantika: https://www.cantika.com/read/1611487/tren-skincare-ala-generasi-z-lebih-simpel-dan-fokus-pada-bahan

Pratiwi, R. S. (2021, October 16). Brand Skincare Scarlett Gandeng Girlband Twice Jadi Star Ambassador. Retrieved from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/16/152300420/brand-skincare-scarlett-gandeng-girlband-twice-jadi-star-ambassador?page=all#:~:text=Tak%20hanya%20menjadikan%20Twice%20sebagai,versi%20terbaik%20dari%20diri%20sendiri.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagia Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: ANDI.

Rada. (2021, November 18). Teknik Pengumpulan Data. Retrieved from Dosenpintar: https://dosenpintar.com/teknik-pengumpulan-data/

Rahmawati. (2019). Manajemen Pemasaran . Samarinda: Mulawarman.

Riache, H., & Pradana, M. (2022). THE EFFECT OF PERCEIVED PRIVACY, SECURITY, AND TRUST ON THE CONTINUANCE INTENTION TO USE SOCIAL NETWORKING SERVICES (A Study on Meta’s Social Networks). Responsive, 5(2), 102-108.

Setyawati, K. E. (2018). Pengaruh Citra merek terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada CV Kirana Motorindo Jaya. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen, 1-20.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (Edisi 3). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukri, S. A. (2020). Basic Marketing Strategy. Lombok: Pemuda Aswaja.

Syarifuddin, A. (2020). Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Generasi Z. Journal of Islamic Management and Business, 28-48.

Trisliantanto, D. A. (2020). Metodologi Penelitian Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. Yogyakarta: ANDI.

Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, Dadang Munandar Dan Marlianan Budhiningtias Winanti. (2020). Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis, Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Yogyakarta: ANDI.

Widi, S. (2022, August 16). Ada 68,66 Juta Generasi Z di Indonesia, Ini Sebarannya. Retrieved from Dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/ragam/detail/ada-6866-juta-generasi-z-di-indonesia-ini-sebarannya

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah , 17-23.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v5i4.43673

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.