STRATEGI INTERNALISASI NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILENIAL
Abstrak
Ideologi Pancasila terus mengalami penurunan apresiasi, penghayatan dan pengamalan oleh generasi milenial yang di masa depan merupakan generasi penerus bangsa. Banyak faktor penyumbang hingga fenomena tersebut akhirnya terjadi, dimulai dari diskursus Pancasila hingga dampak globalisasi. Sedangkan Pancasila merupakan gatra ideologi dalam Ketahanan Nasional yang memberikan arah dan tujuan bernegara. Tujuan Penelitian adalah menemukan strategi internalisasi nilai Pancasila sesuai dengan karakteristik generasi milenial melalui media digital. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Wawancara mendalam dengan sepuluh partisipan generasi milenual dan narasumber ahli sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis induktif dan analisis intelijen (kualitatif). Hasil penelitian: ditemukan saran dan cara internalisasi nilai Pancasila yang sesuai dengan karakter mereka sebagai generasi milenial di era digital. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi internalisasi nilai Pancasila yang dapat diaplikasikan adalah dengan menggunakan media digital yang dikemas dalam berbagai bentuk/fasilitas. Strategi ini disusun dengan menggunakan konsep dasar Framing Theory, Mere exposure effect, Teori Pembelajaran observasi dan modelling dengan mempertimbangkan saran-saran esensial berdasarkan harapan dan keinginan generasi milenial.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 11-18. http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945
Bornstein, R. F., & Craver-Lemley, C. (2016). Mere exposure effect. Cognitive illusions: Intriguing phenomena in judgement, thinking and memory, 256. ISBN: 9781315696935
Buffardi, L. E., & Campbell, W. K. (2008). Narcissism and social networking web sites. Personality and social psychology bulletin, 34(10), 1303-1314. doi.org/10.1177/0146167208320
Chong, D., & Druckman, J. N. (2007). Framing theory. Annu. Rev. Polit. Sci., 10, 103-126. doi.org/10.1146/annurev.polisci.10.072805.103054
DeVaney, S. A. (2015). Understanding the millennial generation. Journal of Financial Service Professionals, 69(6). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/47184865/understanding_the__Millennial_generation.pdf?1468324075=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3D2OB_DIAL1_Understanding_the_Millennial_G.pdf&Expires=1601911509&Signature=DbBZ-35zWdz5gm-yDbfKUmmzgolgh4NaVELk7ZeJW63nGNE78S1747PMx6v8j3Z6F4O2MPrwfQB9IdtRvbVXE1vVEdyjcn-kFbPBrxMGhxFsg5hzJRq6lTEBx6XCvv7qWnBioRX6ZnYgDU3ErvJJASit43nRHDs1LDCEJJ4zBC9-b1VtdObV9ZJjLguMdnP0GIDHmEP2ZSi7uHQq2Jgz1aDtvNkUmJmPZzsWv8Ni40eTS~WQuPX5ZOObdWRBI1-i1xjqyqdoQTkBCI7WPbm2n0l9yTARxJ-x8~xxnUPbogPcYJRtr096t0tBbQhifB5lUg0S8XtDWj~24p3UCtoT-A__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
doi.org/10.1111/1467-9280.00289
Entman, R. M. (1993). Framing: Toward clarification of a fractured paradigm. doi.org/10.1111/j.1460-2466.1993.tb01304.x
Entman, R. M., & Usher, N. (2018). Framing in a fractured democracy: Impacts of digital technology on ideology, power and cascading network activation. Journal of Communication, 68(2), 298-308. doi.org/10.1093/joc/jqx019
Feist & Feist. (2010). Teori kepribadian (7th ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Flanagin, A., & Metzger, M. (2006). Internet use in the contemporary media environment. Human Communication Research, 27(1), 153–181. doi:10.1111/j.1468-2958.2001.tb00779.x
Gross, K., & D’ambrosio, L. (2004). Framing emotional response. Political Psychology, 25(1), 1-29. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1467- 9221.2004.00354.x
Hanum, F. F. (2019). PENDIDIKAN PANCASILA BAGI GENERASI MILENIAL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA” (Vol. 1, pp. 72-81). FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. ISSN: 978-623-92463-0-3
Happer, C., & Philoa, G. (2013). The Role of the Media in the Construction of Public Belief and Social Change. Journal of Social and Political Psychology, 1(1), 321-336. doi.org/10.5964/jspp.v1i1.96
Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara Di Era Digital Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1), 15-34. https://prosiding.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/9
Hawk, T. F., & Shah, A. J. (2007). Using learning style instruments to enhance student learning. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 5(1), 1-19. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1540-4609.2007.00125.x
Held, D., & McGrew, A. (2000). The global transformations reader (Vol. 13). Cambridge: Polity Press.
Idrizi, E., & Filiposka, S. (2018). VARK Learning Styles and Online Education: Case Study. Learning, 5-6.
Igbaria, M., Shayo, C., & Olfman, L. (1998). Virtual societies: Their prospects and dilemmas. https://psycnet.apa.org/record/1998-06638-009
Kementerian Badan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2017). Siaran Pers : Bonus Demografi 2030-2040 : Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. https://www.bappenas.go.id/files/9215/0397/6050/Siaran_Pers_-_Peer_Learning_and_Knowledge_Sharing_Workshop.pdf
Latif, Y. (2013). Negara paripurna. Gramedia Pustaka Utama.
Latif, Y. (2018). Wawasan Pancasila: bintang penuntun untuk pembudayaan. Mizan.
Linkov, I., Trump, B. D., & Fox-Lent, C. (2016). Resilience: Approaches to risk analysis and governance. An edited collection of authored pieces comparing, contrasting, and integrating risk and resilience with an emphasis on ways to measure resilience, 6.
McQuail, D. (2015). Mass communication. The International Encyclopedia of Political Communication, 1-12. doi.org/10.1002/9781118541555.wbiepc155
Monahan, J. L., Murphy, S. T., & Zajonc, R. B. (2000). Subliminal mere exposure: Specific, general, and diffuse effects. Psychological Science, 11(6), 462-466.
Monggilo, Zainuddin Muda Z., Kurnia, Novi., & Banyumurti, Indriyatno. (2020). Panduan Literasi Media Digital dan Keamanan Siber. Direktorat Pengendalian Informasi, Investigasi, dan Forensik Digital Badan Siber dan Sandi Negara.
Moreland, R. L., & Zajonc, R. B. (1982). Exposure effects in person perception: Familiarity, similarity, and attraction. Journal of Experimental Social Psychology, 18(5), 395-415. https://doi.org/10.1016/0022-1031(82)90062-2
Nasrullah, R. (2018). Khalayak Media Identitas, Ideologi Dan Perilaku Pada Era Digital. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Palfrey, J. G., & Gasser, U. (2011). Born digital: Understanding the first generation of digital natives. ReadHowYouWant. Com.
Patton, M. Q. (2014). What brain sciences reveal about integrating theory and practice. American Journal of Evaluation, 35(2), 237-244. doi.org/10.1177/1098214013503700
Putra, Y. S. (2017). Theoretical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti, 9(18). dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142
Pyöriä, P., Ojala, S., Saari, T., & Järvinen, K. M. (2017). The millennial generation: a new breed of labour?. sage Open, 7(1), DOI: 10.1177/2158244017697158
Qodir, Z. (2016). Kaum muda, intoleransi, dan radikalisme agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429-445. doi.org/10.22146/studipemudaugm.37127
Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi, edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosadakarya Offset.
Samsuri, S. (2011). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Era Reformasi di Indonesia. Cakrawala Pendidikan, (2), 78213. DOI: 10.21831/cp.v0i2.4233
Santosa, Edi. (2020). Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta. PT. Kanisius.
Saripurnawan, D. (2020). Menakar Rasa Nasionalisme Generasi Muda Indonesia (Measuring the Sense of Nationalism of Indonesian young generation). Masyarakat Indonesia, 45(1), 93-105. e-ISSN: 2502-5694
Savci, M., Turan, M. E., Griffiths, M. D., & Ercengiz, M. (2019). Histrionic personality, narcissistic personality, and problematic social media use: Testing of a new hypothetical model. International Journal of Mental Health and Addiction, 1-19.
Scheufele, D. A., & Iyengar, S. (2012). The state of framing research: A call for new directions. The Oxford Handbook of Political Communication Theories. New York: Oxford UniversityPress, 1-26. doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199793471.013.47
Solik, M., Višňovský, J., & Laluhova, J. (2013). Media as a tool for fostering values in the contemporary society. European Journal of Science and Theology, 9(6), 71-77. http://www.ejst.tuiasi.ro/Files/42/8_Solik%20et%20al.pdf
Sugiharto, S., & Setiawan, D. (2015). Pemanfaatan Bonus Demografi melalui Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Sumatera Utara. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 1-12. doi.org/10.24114/jupiis.v7i1.2268
Suradinata, E. (2001). GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI DALAM MEWUJUDKAN INTEGRITAS NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. Jurnal Ketahanan Nasional, 6(2001). doi.org/10.22146/jkn.22056
Tankard, J. W. (2001). The empirical approach to the study of media framing. Framing public life: Perspectives on media and our understanding of the social world, 95-106. eBook ISBN: 9781410605689.
Tapscott, D. (2008). Grown up digital. Boston: McGraw-Hill Education.
Valkenburg, P. M., Semetko, H. A., & De Vreese, C. H. (1999). The effects of news frames on readers' thoughts and recall. Communication research, 26(5), 550-569. https://doi.org/10.1177/009365099026005002
Wahidin, Samsul. (2020). Garis Lurus Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Wisnuhardana, Alois. (2018). Anak Muda dan Medsos : Memahami Geliat Anak Muda, Media Sosial, dan Kepemimpinan Jokowi Dalam Ekosistem Digital. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yudhanti, R. (2016). Pancasila dan Berbagai Permasalahan Aktual. Law Research Review Quarterly, 2, 599-610. ISSN (Online) 2614-3569
Zajonc, R. B. (1968). Attitudinal effects of mere exposure. Journal of personality and social psychology, 9(2p2), 1. doi.org/10.1037/h0025848
Zajonc, R. B. (1968). Attitudinal effects of mere exposure. Journal of personality and social psychology, 9(2p2), 1. https://psycnet.apa.org/record/1968-12019-001
Website
Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan Pelanggan 3 Indonesia. Diakses pada 3 Oktober 2020. https://gaya.tempo.co/read/1361332/3-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-pelanggan-3-indonesia/full&view=ok
Hootsuite (We are Social) : Indonesia Digital Report 2020. Diakses pada 3 Oktober 2020. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/
Hootsuite. Digital 2020 Global Overview Report. Diakses pada 3 Oktober 2020. https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media
https://www.pewresearch.org/social-trends/2010/02/24/millennials-confident-connected-open-to-change/
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v6i2.46659
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












