STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK: PROGRAM DESAK ANIES UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI GENERASI MUDA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2024

Tias Rahma Dewi, Najwa Adhwa Ramadhani, Revalyza Revalyza Misbah, Mega Arinda Pramessella, Syahdan Raga Khalif, Muhammad Prakoso Aji

Abstrak


Komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan kepada audiens dengan tujuan mempengaruhi opini dan pengambilan keputusan dalam proses politik. Desak Anies merupakan salah satu program kampanye sekaligus menjadi strategi komunikasi politik oleh calon presiden Anies Baswedan yang dibentuk oleh gerakan anak muda yaitu Ubah Bareng. Program Desak Anies yang dilakukan oleh Anies Baswedan ini sebagai pendekatan interaktif yang melibatkan dialog langsung dengan masyarakat dan generasi muda untuk mendengarkan aspirasi dan menjawab segala permasalahan yang ada di masyarakat. Generasi muda menjadi fokus pada penelitian ini karena generasi muda dinilai mempunyai potensi besar dalam menentukan arah politik masa depan bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik wawancara langsung dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Desak Anies sebagai strategi komunikasi politik Anies berhasil menarik minat generasi muda untuk berpartisipasi aktif dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan politik dengan melalui modifikasi acara dengan kesan yang santai namun serius. Penelitian ini menunjukkan bahwa program Desak Anies dapat meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam politik, serta menjadikan konsep Desak Anies sebagai patron dan budaya baru dalam strategi komunikasi politik di masa mendatang. 

 

Political communication is the process of conveying messages to an audience to influence opinions and decision-making in the political process. Desak Anies is one of the campaign programs and also a political communication strategy by presidential candidate Anies Baswedan, formed by the youth movement called Ubah Bareng. The Desak Anies program conducted by Anies Baswedan serves as an interactive approach that involves direct dialogue with the community and the younger generation to listen to aspirations and address all the issues present in society. The youth generation is the focus of this research because they are considered to have great potential in determining the political direction of Indonesia's future. This research uses a descriptive qualitative method, collecting data through direct interviews and literature studies. The research results show that the Desak Anies program, as a political communication strategy for Anies, successfully attracted the interest of the younger generation to actively participate and engage in the political decision-making process by modifying the events to have a relaxed yet serious impression. This research shows that the Desak Anies program can increase youth engagement in politics, as well as establish the Desak Anies concept as a new patron and culture in future political communication strategies.


Kata Kunci


Desak Anies; Generasi Muda; Komunikasi Politik; Partisipasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asbari, M. (2023). Urgensi Pemimpin Adil dan Berpengetahuan Luas: Perspektif Anies Baswedan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 22-27.

Astuti, I. (2023, 27 Desember). Hadirkan Pendidikan Politik, Begini Sejarah Program Desak Anies. Diakses pada 30 September 2024, dari https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/eN45Ryyb-hadirkan-pendidikan-politik-begini-sejarah-program-desak-anies

Deepublish. (2023, 28 Maret). Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet atau Website. Diakses pada 04 Oktober 2024, dari https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-website/#1_Format_APA

Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715-1718.

Fahlanda, B. (2023, 29 Desember). Apa Itu Desak Anies, Jadwal, dan Diadakan di Kota Mana Saja?. Diakses pada 30 September 2024, dari https://tirto.id/apa-itu-desak-anies-dan-jadwalnya-gTRy#google_vignette

Febrianto, D., & Purwandari, D. A. (2024). Strategi Kampanye dan Branding Politik Anies Baswedan Melalui Instagram@ Ubahbareng dalam Meraih Suara Generasi Z. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(4), 1519-1529.

KumparanNews. (2024, 19 Januari). Viral dan Digandrungi Anak Muda, Ini Sejarah Lahirnya Program ‘Desak Anies’. Diakses pada 30 September 2024, dari https://kumparan.com/kumparannews/viral-dan-digandrungi-anak-muda-ini-sejarah-lahirnya-program-desak-anies-21zwNlO4M4y

LM Psikologi UGM. (2024, 29 April). Partisipasi Anak Muda dalam Pemilu 2024: Kajian Psikologis Mengenai Kesadaran Politik Pemuda Indonesia. Diakses pada 30 September 2024, dari https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2024/04/partisipasi-anak-muda-dalam-pemilu-2024/

Maspul, K. A. (2024). Reimagining Democracy: An Exploration of Anies Baswedan's" Desak Anies" Program. Indonesian Journal of Social Development, 1(3), 13-13.

Mubarrod, R., & Syarwi, P. (n.d.). Marketing Politik Jelang Pemilu 2024 "Desak Anies", "Prabowo Gemoy", dan "Ganjar Nginep di Rumah Warga". Jurnal Communitarian, 5(2). dihapus ajah? yg ada tanggal hari atau blnnya?

Mukharomah, N., & Lenggana, W. F. (2024). Strategi Komunikasi Politik Tim Sukses Pemenangan Pemilu Anies-Amin dalam Membangun Dukungan Publik melalui Twitter. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(3), 2535-2547.

Prasetyo, A. (2024, 09 Januari). Desak Anies adalah Bagian dari Upaya Mencerdaskan Generasi Muda. Diakses pada 04 Oktober 2024, dari https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/642892/desak-anies-adalah-bagian-dari-upaya-mencerdaskan-generasi-muda

Riyanti, R., Luthfi, A., & Rohana, D. (2023). Peran Generasi Muda dalam Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Politik. Themis: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 26-31.

Suwarko, A. (2024). De-Komodifikasi Agama Dalam Konteks Politik Elektoral (Studi Video “Desak Anies” Pada Kanal Youtube Anies Baswedan di Pilpres 2024). In Proceeding International Conference on Tradition and Religious Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 880-888).

Wahyudi, F. S., & Firdaus, M. I. (2024). Strategi Komunikasi Desak Anies: Analisis Kampanye Gaya Baru untuk Mencerdaskan Bangsa dan Membangkitkan Semangat Konstitusionalisme dalam Amanat UUD 1945. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 174-185.

Widodo, R. B., & Almansur, A. T. (2023). Strategi Kampanye Politik Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Di Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Da’wah Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(3).

Widyaya, I., & Setiawan, W. (2023). ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN DALAM REPRESENTASI PUBLIK FIGUR POLITIK: EPISODE'DOSA-DOSA ANIES'DI PROGRAM'KICK ANDY'METRO TV. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 3(1), 103-118.

Yolency. (2024, 4 Januari). Peran Penting Gen Z dan Milenial Menuju Tatanan Politik Baru pada Pemilu 2024 | Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Tuban. Retrieved October 4, 2024, from https://tubankab.go.id/entry/peran-penting-gen-z-dan-milenial-menuju-tatanan-politik-baru-pada-pemilu-2024




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v7i3.58348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.