PROGRAM DESA BERSEKA: IMPLEMENTASI CSR PT BIO FARMA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MARGINAL MELALUI SUSTAINABILITY LIVING VILLAGE
Abstrak
Disatu sisi pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Namun, disisi yang lain pembangunan juga seringkali menimbulkan ketimpangan sosial dengan munculnya kelompok marjinal sebagai dampak dari pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi CSR PT Bio Farma (Persero) dalam memberdayakan masyarakat Desa Pada Asih Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang yang termarjinalkan oleh pelaksanaan pembangunan tol Cisumdawu. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero) tidak hanya dilakukan di wilayah sekitar perusahaan namun juga telah menyentuh masyarakat yang termarginalkan yang terdampak pembangunan. Program yang dilaksanakan merujuk pada peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat yang menjadi karakteristik khusus dari perusahaan. Dalam implementasi program pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan adalah pendekatan kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan solidaritas dari masyarakat sehingga keberlanjutan program dapat terjaga.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad, W. (2023). Pemetaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Dinamika Program Pemberdayaan di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4367–4380
Bice, S. (2014). Bridging Corporate Social Responsibility and Social Impact Assessment. Impact Assessment and Project Appraisal, 33 (2), 160-166
Buchholtz, A.K. and Carroll, A.B. (2012) Business and Society: Ethics and Stakeholder Management. CENGAGE Learning., Canada.
Carroll, A. (1999). Corporate Social Responsibility. Business & Society, 38, 268-295.
Dahlsrud, A. (2006) How Corporate Social Responsibility Is Defined: An Analysis of 37 Definitions. John Wiley & Sons, Ltd., and ERP Environment
Frynas, Jedrzej George (2009). ‘Corporate Social Responsibility in the Oil and Gas Sector’, Journal of World Energy Law & Business 2(3), pp.178-195.
Hopkins, M. (2006). Corporate Social Responsibility and International Development: Is Business the Solution? (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781849770897
Hoque, N., Khan, M., & Bhuiyan, M. (2017). Contributions of mnes to poverty alleviation through csr programs: bangladesh perspective. Iiuc Studies, 14(2), 55-70. https://doi.org/10.3329/iiucs.v14i2.39880
Kemp, D. (2010) Community Relations in the Global Mining Industry: Exploring the Internal Dimensions of Externally Oriented Work. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 17, 1-14
Kemp, D. and Owen, J.R. (2013) Community Relations and Mining: Core to Business but Not “Core Business”. Resources Policy, 38, 523-531.
Midgley, J. (1995). Social development: the developmental perspective in social welfare. London ; Thousand Oaks, Calif., Sage.
Porter, M.E. and Kramer, M.R. (2011) The Big Idea: Creating Shared Value. Harvard Business Review, 89, 2-17.
Rahman, M. and Carpano, C. (2017), "National corporate social policy, corporate governance systems, and organizational capabilities", Corporate Governance, Vol. 17 No. 1, pp. 13-29.
Sen, A. (1999). Development as freedom. 1st. ed. New York, Knopf.
Townsend, Peter, 1928- & Gordon, David M. (2002). World poverty : new policies to defeat an old enemy / edited by Peter Townsend and David Gordon. Bristol : Policy Press (Marnelly, 2012)
DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v7i4.61666
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.