KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

Arsyilia Zhahral, Kalvin Edo Wahyudi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pegawai Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil guna mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat kinerja pegawai dalam memberikan layanan. Hal ini disebabkan Kecamatan Sedati memperoleh nilai Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terendah kedua dibandingkan dengan kecamatan lainnya pada tahun 2025 dalam melayani administrasi kependudukan. Untuk mendekati masalah tersebut digunakan teori Indikator Kinerja Pegawai dari Robbins (2006) yakni Kualitas (Quality), Kuantitas (Quantity), Ketepatan Waktu (Promptnees), Efektivitas (Effectiveness), Komitmen (Commitment). Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai kecamatan sedati dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan menunjukkan performa yang sangat baik ditunjukkan dengan hasil presentase 85,7 % yang menduduki kategori kinerja sangat baik. Namun, hasil ini juga memberikan masukan strategis untuk terus meningkatkan aspek-aspek pelayanan yang masih perlu diperkuat, terutama dari beberapa indikator yang harus diperbaiki seperti indikator efektivitas, ketepatan waktu dan kualitas. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai kecamatan masih memiliki banyak ruang untuk ditingkatkan.

 

This study aims to measure the performance of employees of Sedati District, Sidoarjo Regency in providing population administration and civil registration services in order to determine the supporting and inhibiting factors of employee performance in providing services. This is because Sedati District obtained the second lowest Community Satisfaction Survey (SKM) value compared to other districts in 2025 in serving population administration. To approach this problem, the Employee Performance Indicator theory from Robbins (2006) is used, namely Quality, Quantity, Promptness, Effectiveness, Commitment. This study uses a Quantitative method with a Descriptive approach. The results of the study show that the performance of Sedati District employees in providing population administration services shows very good performance as indicated by the percentage of 85.7% which is in the very good performance category. However, these results also provide strategic input to continue to improve aspects of service that still need to be strengthened, especially from several indicators that must be improved such as indicators of effectiveness, timeliness and quality. This shows that the performance of sub-district employees still has a lot of room for improvement.


Kata Kunci


Kinerja Pegawai, Pelayanan Adminduk, Pengukuran Kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, Q. &. (2009). Effect of Leadership Development on Employee Performance in Pakistan. Pakistan, 269- 292.

Agustini, P. (2022). Peran Sumber Daya manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan ODP Sekertariat DPRD Provinsi Sumatera Selatan. stebisigm.ac.id, 2 No 1(2022). https://doi.org/https://doi.org/10.36908/ji mpa.v2i1.56

Baderan, U. S., & Ingo, Y. (2018). Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Administrasi di Kantor Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 127. https://doi.org/10.31314/pjia.6.2.127- 134.2017

Bernard, C. P. (2013). The Employees’ Perception of the Performance Appraisal System of the Local Government of Iloilo City, Philippines. Measuring Business Excellence, 5(3), 317–325.

Evita, S. N., Muizu, W. O. Z., & Raden Tri Wayu Atmojo. (2019). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal, 9(1), 18–

Hakim, Z. P. (2023). Kinerja Pegawai Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur.

http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/13877 1–40.

Hardjati, S., Safeyah, M., & Wahyudi, K. E. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Pelatihan Pengembangan Desain Kemasan Produk Batik Semanggi Surabaya. Journal Publicuho, 4(2), 581. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i2.18219

Hatidah. 2023. "Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di CV Mitra Celular Palembang." Jumek :

Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif 179 - 189.

Ismoyo. (2017). Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Ponorogo. Forum Ilmu Sosial, 44(1), 18–26.

Kuntjoro, Steers. 2002. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai" Celebes Equilibrum Journal 1–11.

Masyita, Sitti. 2016. "Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Masyarakat Untuk Pembuatan e–KTP Pada Kantor Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros." Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi) 236-249.

M.Si, Dr. Ertien Rining Nawangsari. 2016. "Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kecamatan Di Kabupaten Sidoarjo" Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN “Veteran” Jatim 43-54.

Novia ruth silaen, Syamsuriansyah, Reni Chairunnisah, Maya Rizki Sari, Elida, Rahman, Diana Triwardhani, Anne, Anis, Dewa Gede, Ambar, Opan, Zackharia, Surya Putra. 2021. Kinerja Karyawan. Bandung:

Penerbit Widina.

Putra, Novia Ruth Silaen, Syamsuriansyah, Reni Chairunnisah, Maya Rizki Sari, Elida Mahriani, Rahman Tanjung, Diana Triwardhni, Anne Haerany, Anis Masyuroh, Dewa Gede Satriawan, Ambar Sri Lestari, Opan Arifudin, Zackharia Rialmi, Surya. 2021. Kinerja Karyawan. Bandung: Widiana.

Rusdianti. (2024). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. 7, 1–16.

Safitri, Anissa Nur. 2022. "Pengaruh Lingkungan Kerja, Pemberdayaan, Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT. Phapros,Tbk Semarang)." Jurnal Ekonomi dan Bisnis 14 - 25.

Sanadi, P. Y. F., S, F., & Djunaedi, D. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Biak Numfor. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 19(1), 55–71.

https://doi.org/10.52049/gemakampus.v19 i1.377

Saputra, R. D. (2017). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Negara, 5(3), 6342–6355. https://ejournal.ap.fisip- unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2018/02/Jurnal (02- 13-18-06-08-58).pdf

Sendy Tambajong. (2016). Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan. 1–23.

Siburian, R., Lukman, S., & Kurniawati, L. (2020). Analisis Penerapan Standar Operasional Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat Provinsi Dki Jakarta.

Jurnal Ekbang, 3(1), 1–19.

Sidoarjo, Pemkab. 2025. E-SKM. Accessed Maret 11, 2025. https://ikm.sidoarjokab.go.id/mula i/group/4.

Silas, B., Lumintang, G., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2019). the Influence of Motivation, Career Development and Financial Compensation Toward Employee Performance at PT Marga Dwitaguna Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 4630–

Suciati, O. D., Hidayat, R., & Azizah, A. N. (2022). Analisis Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan Administrasi di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 9(2), 657–662. https://doi.org/10.5281/zenodo.6358138

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Issue January).

Sukmarwati, A. (2013). Analisis Kinerja Pegawai Di Kecamatan Gunungpati Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Analisis Kinerja Pegawai Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, ANALISIS, 1–8.

Ummah, M. S. (2019). Kinerja Pegawai Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Di Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur.

Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/1 23456789/1091/RED2017-Eng-

ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0 Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco. 2008.06.005%0Ahttps://www.researchgat e.net/publication/305320484_SISTEM_P EMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATE GI_MELESTARI

Wahyuningtyas, Imam Pratama dan Yunita Fitri. 2021. "Pengaruh Beban Kerja Dan Kualitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta Di Masa Pandemi ." Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha 264 - 277.

Yasin, M. (2019). Pemerintah Terbitkan Aturan Penilaian Kinerja PNS. Hukum Online. https://www.hukumonline.com/berita/a/pe merintah-terbitkan-aturan-penilaian- kinerja-pns-lt5ce224e697e7a/

Yuliana Pala, Jamil Bazarah, Salasiah. 2022. "Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kepala Desa Telaga Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur ." Jurnal Administrasi dan Kebijakan 13- 20.

Zein Muhamad Rizki, Amilia Tresnawati. 2024. "Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Cipageran Kota Cimahi." JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) 2221-2227.




DOI: https://doi.org/10.24198/responsive.v8i3.63781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


RESPONSIVE: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik telah Terindeks Di:

      
  
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.