PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITALISASI PADA ERA NEW NORMAL DI KELURAHAN KEBON BARU KOTA CIREBON

RD. Ahmad Buchari, Eka Nurcahya

Abstrak


Salah satu penopang pertumbuhan ekonomi yaitu kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).Digitalisasi menjadi hal penting untuk dipahami. Di Kelurahan Kebon Baru khususnya masyarakat daerah Suratno, para Ibu Rumah Tangga banyak yang memiliki usaha rumahan dengan pasar masyarakat sekitar. Mereka berjualan secara konvensional dan juga online namun belum mengoptimalkan peran digital dalam pemasaran produk. Mereka hanya menjual melalui whatsapp yang berarti hanya terdiri dari orang terdekat. Cakupan marketnya belum begitu luas.

Berdasarkan keadaan tersebut, “Pengembangan Strategi Pemasaran melalui Digitalisasi pada Era New Normal” memiliki program sosialisasi pembukuan, sosialisasi pemasaran melalu instagram dan Facebook, pembuatan logo sebagai identitas produk. Dengan tujuan dapat mengoptimalkan peran media sosial dalam pengembangan usahanya terutama dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.

Hasil kesimpulan dapat disimpulkan bahwa seluruh pelaku usaha di Kebon Baru, Cirebon masih bergantung kepada pertemuan luring dan promosi dari mulut ke mulut untuk memasarkan produk mereka.Belum terbiasa melakukan kegiatan ekonomi seperti penjualan, pembelian, pemasaran, pembukuan dan sebagainya dan penggunaan digitalisasi.

 


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, Digitalisasi, Era New Normal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pemasaran Pariwisata (Tourims Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana

Gita Tri Lestari, D. S. F. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. LINIMASA, 3, 81–100. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.ph p/linimasa/article/view/2056

Hamel, G dan Prahalad, C, K, 1995. Kompetisi Masa Depan. Jakarta : PT.Bina Rupa Aksara

Kotler, Philip dan Lane, Kevin Keller. Tanpa tahun. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2008. Jakarta: Erlangga.

“Strategi Facebook Marketing”, dikutip dari Niagahoster.co.id, diakses pada tanggal 20 Oktober 2020 pukul 15.34.

Untari, Dewi dan Dewi Endah Fajarina. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram, (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol. 2, No. 2, hal. 271 – 278.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v2i1.30231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)