PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PELATIHAN BMC PADA MITRA UMKM
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Pandemic Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia berdampak secara langsung pada UMKM khususnya di Kota Bandung. Banyak dari UMKM yang mengalami penurunan pendapatan bahkan sebagian lagi harus gulung tikar karena semakin sepi nya pembeli. Selain itu belum mampu beradaptasi dengan baiknya UMKM terhadap market digital yang tersedia. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengembangan strategi pemasaran melalui pelatihan BMC pada mitra UMKM yang ada di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan identifikasi kondisi, potensi dan permasalahan, kemudian melakukan pelatihan terhadap para mkitra UMKM. Hasil dari kegiatan ini diketahui membawa dampak positif pada mitra UMKM dimana pengetahuan mitra UMKM mengenai kewirausahaan, strategi pemasaran, serta tools untuk mengembangkan bisnis dengan menggunakan BMC semakin bertambah. Para mitra UMKM juga mampu mengaplikasikan keterampilan hasil pelatihan BMC pada canva BMC nya masing-masing untuk kemudian diaplikasikan pada aktivitas bisnisnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanullah, A., Aziz, N., Hadi, F., Ibrahim, J. (2015). Comparison of Business model canvas Among the Three Consultant Companies. International Journal of Computer Science and Information Technology Research. Vol 3. Issue 2.
Amri, Andi. (2020). Dampak COVID−19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal BRAND, 2(1), 123-130.
https://bandung.bisnis.com/read/20210327/549/1373432/setahun-lebih-covid-19-begini-kondisi-ukm-di-bandung.
Bird, D. (2007). Commonsense Direct & Digital marketing. London : Kogan Page.
Bungin, Burhan. (2017). Komunikasi Pemasaran Pariwisata (Tourims Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.
Chaffey, D & Smith, P.R. (2008). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.
Chandra, G. (2002). Strategi dan program pemasaran. Yogyakarta: andi.
Nur Ihza, Khofifah. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)(Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto Jurnal Inovasi Bisnis, 1(7) 1325-1330.
Osterwalder, A., Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Canada: John Wiley dan Sons, inc.
Pratiwi, Maya Intan. (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Sektor UMKM. Jurnal Ners, 4(2) 30-39.
Suryani, Evi. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus : Home Industri Klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8) 1591-1596.
Rosita, Rahmi. (2020) Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2) 109-120.
Ryan, D & Jones, C. (2009) Understanding Digital marketing : Marketing strategies for engaging the digital generation. London: Kogan Page.
Umar, H. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan Hunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Umkm-id.com. (2018). Konstribusi UMKM Dalam Roda perekonomian Indonesia, online: https://umkmid.com/post/kontribusi-umkm-dalam-rodaperekonomian indonesia, diakses 2 Maret 2021.
Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin, Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 29(1), 59-66.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35500
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: