PELATIHAN PEMASARAN DARING “DIGITAL MARKETING” PADA UMKM DI DESA CITALI KABUPATEN SUMEDANG

BUDI SUJATMIKO, Noormarina Indraswari, Trianing Tyas Anggaeni, Okta Wismandanu, Samson CMS

Abstrak


Pemasaran daring atau “Digital Marketing” adalah salah satu metode pemasaran yang sedang berkembang saat ini. Penguasaan teknologi ini dapat meningkatkan omset dan penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih luas lagi. Namun, baru sedikit UMKM di desa Citali yang dapat menggunakannya. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para UMKM di desa Citali agar mampu memasarkan produknya secara daring menggunakan pasar digital “Marketplace” popular untuk memperluas pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam pelatiahan ini adalah pemaparan dan simulasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa pelaku UMKM sangat antusias dan mempunyai kesan yang positif dengan kegiatan ini, serta berkeinginan segera mempraktekkannya. Seluruh UMKM berhasil didaftarkan pada “marketplace” bukalapak pada akhir pelatihan.

Kata Kunci


UMKM;pasar-digital;pemasaran

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v3i2.37156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)