SOSIALISASI PEMANFAATAN BUKU SUPLEMEN SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 4 SONGGON BANYUWANGI

Mohamad Afrizal, Dina Merdeka Citraningrum, Yunita Reykasari, Putri Nur Fauziah, Belva Yulia Doviani, Erdita Nur Rahmawati

Abstrak


Buku suplemen merupakan salah satu bagian dari bahan ajar yang cenderung diabaikan penggunaannya baik guru apalagi siswa sekolah. Pemakaian buku suplemen yang tidak wajib dalam pembelajaran menjadi satu alasan rendahnya minat siswa memanfaatkannya. Hal ini seiring dengan dengan rendahnya budaya literasi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, dilakukanlah program pengabdian tentang pemanfaatan buku suplemen dan gerakan literasi. Tujuan program ini ialah untuk meningkatkan pemahaman mitra terhadap pemanfaatan buku suplemen, literasi & gerakan literasi, serta menumbuhkan sikap gemar membaca. Metode pelaksanaan program ini ialah sosialisasi yang terdiri dari pretest, penyampaian materi, tantangan membaca, refleksi dan evaluasi. Mitra pengabdian yang dipilih adalah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Songgon Banyuwangi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap pemanfaatan buku suplemen, literasi dan gerakan literasi ialah 90%. Peningkatan ini terdiri dari pemahaman tentang konsep literasi sebanyak 100%, tentang buku suplemen 92%, tentang tujuan dan manfaat literasi 94%, sikap menumbuhkan budaya literasi diri sendiri 84,5%, dan sikap menumbuhkan budaya literasi bagi keluraga dan masyarakat 73%.


Kata Kunci


buku suplemen, literasi, gerakan literasi, gemar membaca.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 01. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/download/32685/pdf

Dewayani, S. (2018). Seri Manual GLS: Membaca Untuk Kesenangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/8655/1/Manual-GLS_Membaca-untuk-Kesenangan.pdf

Fadhilah, U. N. (2016, September 28). Pemerintah Membiarkan Harga Buku Semakin Mahal. Republika Online. https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/09/28/oe7sjz335-pemerintah-membiarkan-harga-buku-semakin-mahal

Febriyanti, H. D., Utomo, S. W., & Murwani, J. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Buku Penunjang dan Jam Tambahan Belajar terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Wungu Kabupaten Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1215

Hidayah, L. (2019). Revitalisasi Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi Pada Program Kampung Literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87–98. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2819

Idrus, I. I., Tamrin, S., & Ramli, M. (2020). PKM Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Ibu Rumah Tangga di Kampung KB Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19. 58–65.

Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236

Miftah, Z., Suttrisno, S., & Rozi, F. (2022). Membangun Desa Melalui Budaya Literasi Desa Ngayung Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1850

Oktavian, C. N. (2022, May 2). Kesenjangan Mutu dalam Rapor Pendidikan Indonesia. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/04/29/kesenjangan-mutu-dalam-rapor-pendidikan-indonesia

Pandapotan, S., Pakpahan, S. P., Syahril, S., & Hendrick, A. (2020). Pengembangan Model Kampung Literasi untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan dan Minat Membaca Masyarakat Desa Kolam Kabupaten Deli Serdang. Pelita Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v1i2.3575

Pusat Perbukuan. (2005). Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, I. A., Aini, A. Q., Naajichiyyah, L., & Fitriyah, L. (2021). Sosialisasi Gerakan Literasi bagi Siswa di MI Roudhotul Ulum 1 Desa Brangkal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dalam Membaca. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1.

Rachmi, Y., Wibowo, S., & Gatot, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 199. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5870

Sailar, I. (2023, Mei). Kondisi Literasi Indonesia yang sedang Tidak Baik-Baik Saja. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Kemendikbudristek. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3917/kondisi-literasi-indonesia-yang-sedang-tidak-baik-baik-saja

Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/39/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks%20Aktivitas%20Literasi%20Membaca%2034%20Provinsi

Susilawati & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458

Swardika, G., Sumandya, I. W., & Sopandi, A. T. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Bahan Ajar Bermuatan Pendidikan Karakter, Literasi dan Berbasis Digital Di SMK Wira Harapan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.5281/zenodo.4308572

Tarigan, H. G. (1994). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/Buku_Teks_dan_Pengayaan-.pdf

Utami, D. L. (2021, March 20). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara—Halaman 2—TribunNews.com. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=2

Zubaidah, S. H., & Zuriah, N. (2018). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Negeri 3 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11611

Zulfikar, F. (2023, Desember). Top 10 Skor Literasi Membaca Tertinggi di PISA 2022, Tetangga RI Nomor 1. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7096531/top-10-skor-literasi-membaca-tertinggi-di-pisa-2022-tetangga-ri-nomor-1




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v5i1.48848

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)