PENINGKATAN KAPABILITAS UMKM MELALUI PELATIHAN KEMASAN PRODUK DAN TRANSAKSI DIGITAL DI DESA CILEUNYI KULON
Abstrak
Universitas Padjadjaran memiliki kewajiban untuk berkontribusi secara langsung kepada khalayak umum melalui Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dalam pembangunan yang berkelanjutan dengan pilar Sustainable Deveopment Goals (SDGs). Kegiatan PPM dilakukan untuk pilar pertumbuhan ekonomi, sampai saat ini peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa merupakan faktor yang penting karena keberadaannya dapat meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat. Lokasi PPM dilakukan di Desa Cileunyi Kulon, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM melalui program pelatihan kemasan produk dan pelatihan transaksi digital. Peningkatan kapabilitas pada kemasan produk dan transaksi digital akan berpengaruh kepada tingkat penjualan. Metode Pengabdian Pada Masyarakat dengan metode pelatihan untuk mengoptimalkan pengetahuan dan kemampuan praktis bagi UMKM. Hasil dari kegiatan PPM-Integratif berkolaboratif dengan Disperindag untuk pelatihan pengemasan produk dan pelatihan transaksi digital berkolaboratif dengan PT. MMS sebagai penyedia layanan transaksi digital. Pelatihan kolaborasi ini dimaksudkan agar terjadinya sustainable program yang diikuti 34 (tiga puluh empat) UMKM di Aula Kantor Desa Cileunyi Kulon.
Universitas Padjadjaran is mandated to contribute directly to the public through the Community Service Program (PPM) in sustainable development with the Sustainable Development Goals (SDGs) pillar. The PPM activity is carried out for the pillar of economic growth, until now the role of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in villages is an important factor because their existence can improve the economic level of the community. The location of the PPM is in Cileunyi Kulon Village, with the aim of increasing MSMEs' income through product packaging training and digital transaction training programs. Increased product packaging and digital transaction capabilities will affect sales levels. The Community Service Method uses a training method to optimize knowledge and practical skills for MSMEs. The results of the PPM-Integrated activity collaboratively with Disperindag for product packaging training and digital transaction training collaboratively with PT. MMS as a digital transaction service provider. This collaborative training is intended to ensure the sustainability of the program, which was attended by 34 (thirty-four) MSMEs at the Cileunyi Kulon Village Office Hall.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ayu, N., dkk. (2016) Klasifikasi Status Desa di Kabupaten Banyuwangi dengan Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Jurnal Online UM Jember, 5(1), 1
Ernayani, R., dkk. (2023). Pelatihan Manajemen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Communnity Development Journal, 4(4), 8394, ISSN 2721-4990
Handayani, T., Rahmi, M., Suharyati. (2021) Pelatihan Manajemen Usaha dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi, 1(1), 7, https://doi.org/10.59818/jpm
Haryanto, R. (2009). Prinsip-prinsip Periklanan, Jakarta (ID), Gramedia.
Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 16-22, https://doi.org/10.59818/jpm
Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. 2010. “Rencana Strategis Tahun 2010-2014”. Jakarta : KPDT. URL: http://www.kemendesa.go.id/. Diakses Tanggal 16 Januari 2023.
Mantili, R dan Eka P. (2020). Prinsip Kehati-Hatian dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik dalam Upaya Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Aktual Justice, 5(2), 138, ISSN : 2541-6502
Nur, S., dkk. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, 4(2), 138, http://dx.doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
OJK. (2020). Bagaimana UMKM & Perbankan Dapat Sukses di Era Disrupsi Ekonomi dan Digital. 1–108
Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Pelatihan. 2 (8), 2724, https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1154
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v5i1.50647
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di: