PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DALAM PROMOSI PENJUALAN PRODUK GULA AREN DI LOMBOK UTARA

I Nyoman Chandra Widhiartha, Srirahayu Puspawati, , Ida Ayu Nyoman Sutriani, I Ketut Putu Suardana

Abstrak


Artikel ini membahas tentang strategi branding dalam promosi penjualan produk gula aren di Desa Gegurik Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Pendampingan strategi branding kepada peserta bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam memasarkan gula aren, dengan tujuan untuk meningkatkan pengenalan dan daya tarik produk, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa kehadiran citra merek atau branding mempunyai pengaruh positif terhadap promosi penjualan gula aren. Awalnya penjualan hanya terjadi berdasarkan permintaan, namun setelah adanya perubahan desain kemasan dan penerapan strategi branding, terjadi peningkatan penjualan yang signifikan. Dahulu hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dengan jangkauan pasar terbatas yang hanya terbatas pada Desa Gegurik, namun kini penerapan strategi branding telah meningkatkan pengakuan Desa Gegurik di kalangan konsumen. Keberhasilan penerapan branding memperluas pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap produk gula aren dari Desa Gegurik sehingga memberikan dampak positif terhadap penerimaan dan popularitas produk gula aren Desa Gegurik Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. 


Kata Kunci


Pendampingan, Strategi Branding, Gula Aren, Promosi, dan Penjualan Produk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andini, R. N., Muldan, D., Marpuah, I., Yusup, A. M., Melani, N., Giselawati, Y., Agustin, A. M., Komalasari, S., Fadia, R. A., Chantiago, B. F., Nurjaman, J., & Andrean, D. (2023). Menciptakan Keunikan Dalam Branding UMKM Di Desa. 4(November), 770–780.

Nurgina, Nurhalimah, E. L., Aulia, F. A., Restakirana, F., Azshois, F., & Budiman, H., (2020). Analisis Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Gula Aren Di Cv. Candela. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 44–58. https://doi.org/10.54783/jin.v2i1.106

Fadli, Asnagdi, & Wahyuni, A. H. (2023). Strategi Pemasaran Gula Aren Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Sikara Tobata, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala. 1(2).

Hermansyah, M., & Firdausi, M. F. (2022). Peningkatan Market Value Usaha Kecil Menengah (Ukm) Gula Merah Melalui Desain Brand Labelling Dan Kemasan. 5(2), 268–274.

Diarta, I. K. S., Lestari, P. W., & Dewi, I. A. P. C. (2016). Strategi Branding Dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan Pt. Hatten Bali Untuk Pasar Pariwisata Indonesia . Jurnal Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana, 4(2), 170–187.

Ichsan, A., Andayani, J. R., Lestari, A. F. P., Zafirah, L., Busyra, Y. M., Bayu, R. P., & Fitri, H. (2023). Penerapan Strategi Promosi Produk Melalui Sosial Media Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Usaha Mikibal Cafe Di Kota Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 424–430. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.177

Iskandar, J., Sari, Y. K., & Fathurrohim, A. (2023). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm Di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 1(8), 1417–1424.

Jayengsari, R. (2021). Branding Dalam Strategi Marketing Keripik Pisang Pada Pelaku Usaha Rumahan. Journal Of Empowerment, 2(1), 111. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1232

Mardhiah, A., Wardani, S., Nurhayati, N., Handayani, L., Rahmawati, C., & Saputra, E. (2023). Sosialisasi Brand Pada Produk Pertanian Untuk Meningkatkan Nilai Jual. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 109–114. https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i1.930

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint. 7, 261–267.

Nurul, A., Altri, W., & Rian, M. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding. 6(1), 674–681.

Prawira. W, R. Y., Suryana, A., & Arifin, H. S. (2022). Personal Branding Ridwan Kamil Dalam Program Gerakan Pungut Sampah. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 163. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.31319

Rizan, O., Laurentinus, L., Hamidah, H., & Sarwindah, S. (2023). Pembuatan Media Promosi Alternatif Melalui Digital Branding Pada Sekolah Paud. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 275. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i2.1636

Wardah, S., Lestari, A., Sari, L. S., Sari, D. R., Yusriwarti, Y., & Asmariani, A. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Gula Merah Di Desa Sungai Raya Siti. 112–120.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.53149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)