PELATIHAN DIGITAL MARKETING: PENGENALAN GOOGLE MY BUSINESS BAGI PELAKU UMKM DI DESA SUKAHURIP, KABUPATEN CIAMIS

Dian Firdaus, Muhammad Luthfi Romdoni, Riang Akbar Yusuf, Aneu Nurkhalifah Arhasy, Bobi Rachman

Abstrak


Era digitalisasi membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam meningkatkan daya saing dan memperluas pasar melalui pemasaran digital. Namun, UMKM di wilayah pedesaan sering kali belum memanfaatkan teknologi ini secara optimal. Penelitian ini berfokus pada pelatihan pemasaran digital menggunakan platform Google My Business bagi pelaku UMKM di Desa Sukahurip, Kabupaten Ciamis. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk UMKM melalui optimalisasi strategi pemasaran digital. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penerapan pemasaran digital di kalangan pelaku UMKM, yang secara signifikan berdampak pada peningkatan visibilitas serta penjualan produk mereka. 


Kata Kunci


UMKM, digital marketing, Google My Business.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A., Susanto, R., Purwati, T., Hadiwiyanti, R., Sugiyanto, H., Widayanti, I. A., Reza, M., & Fadilah, I. (2023). Penerapan Google Bisnisku pada usaha budidaya cacing ANC. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(8), 41–46.

Agus, R. T. A., Sembiring, M. A., & Sibuea, M. F. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Promosi Digital Bagi Umkm. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 3(1), 40–44.

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Erstiawan, M. S., Soebijono, T., & Erdiana, S. P. (2023). Pelatihan Google My Business untuk Peningkatan Penjualan Pada Food And Beverage. 8(3), 380–387.

Firmansyah, I., Dermawan, W. D., Munawar, A. H., & Rahmani, D. A. (2021). Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Pendekatan Analytic Network Process (ANP). Jurnal Ekonomi Indonesia, 10(2), 173–187. https://doi.org/10.52813/jei.v10i2.68

Hanim, L., & Noorman, M. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. In Hak cipta dilindungi Undang-undang All Rights Reserved. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.13142

Hidayati, R. K., Hatoguan Manurung, E., Sandi, F., Fernando, J., Tiurmaida, S., & Rismadi, B. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Potensi Desa Binaan Di Desa Sembawa Kuningan Jawa Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 2(1), 69–73. https://doi.org/10.53067/icjcs.v2i1

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Mandasari, N. F., Ashdaq, M., & Hasanuddin, R. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada SiswaMadrasah Aliyah Di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 180–186. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.594

Munandar, T. A., Handayani, D., & Sri Lestari, T. (2023). Pemanfaatan Google My Business Untuk Peningkatan Digital Skill Pengelolaan Pariwisata Pada Geopark Youth Forum (GYF) Badan Pengelola Geopark Bayah Dome. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 80–90. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i2.29

Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.283

Ni Komang Sri, Y., Ni Luh Putu, C., Ni Putu Yuniarika, P., & Luh De, L. (2021). Digital marketing “Google Bisnisku” Pada Umkm Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1593

Nurdiana, L. (2022). Komunikasi Pemasaran Digital Pada Umkm Sambal Pecel Tanding Roso Di Kabupaten Madiun. Journal Communication Specialist, 1(1), 100–110. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/

Putri, D. F. (2023). Pelatihan Digital marketing dengan Mengenalkan Google My Business Kepada Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 375–382. https://doi.org/10.54082/jippm.88

Ruvi, M., & Saefullah, A. (2022). Peningkatan Omset Usaha Pelaku UMKM Melalui Digital marketing Di Wisata Ciung Wanara Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Nusantara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 74–82. http://prin.or.id/index.php/nusantara74

Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., Sulistiono, S., Forijati, R., Firliana, R., Primandiri, P. R., Sutikno, S., Suciati, S., Rahajoe, D., Hadi, M. N., Tohari, A. F., Wibisono, R. M., Pratama, A., Annafinurika, M., As’ari, N., … Gunawan, H. R. (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130

Sosianika, A., Kusdibyo, L., & Wibisono, N. (2018). Penguatan Kinerja Pemasaran Melalui Promosi Online Produk Kelompok Umkm Tongtengpakcur Tasikmalaya, Jawa Barat. Jurnal DIFUSI, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1301

Sri Anjarwati, Rosye Rosaria Zaena, Dwi Fitrianingsih, & Indra Sulistiana. (2023). Pengaruh Digitalisasi Akuntansi terhadap Efisiensi dan Pengurangan Biaya pada Perusahaan Wirausaha UMKM di Kota Bandung. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 43–58. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i1.181

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Suhartanto, D. (2019). Analisis Data untuk Riset Bisnis : SPSS, AMOS, PLS Edisi 2. Politeknik Negeri Bandung.

Susanto, B. F., Ahmad, A., Adnan, I. M., Widyawati, W., Maulana, R., & Yusafri, A. (2022). Pelatihan Pengelolaan Google My Business pada Gudang Kelapa Do’a Ibu Tembilahan Indragiri Hilir. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.46963/ams.v3i2.635

Syahnaz, E. (2023). Optimalisasi Google My Business Sebagai Strategi. 5(1), 25–30.

Tiaswari, N. M. T. S., & Gede Adi Yuniarta. (2022). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Ngis. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 11(01), 31–41. https://doi.org/10.23887/vjra.v11i01.50405

Winarko, H. B., Sihabudin, A., & Dua, M. (2020). Integrated Digital marketing Communication Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) [In Bahasa Indonesia language]. Jurnal MEBIS, 5(1), 58–68. http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/103/60

Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus : UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul. Ikraith-Abdimas, 5(1), 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf

Yuliastini, N., Cahayani, N., Parwati, N., & Liska, L. (2021). DIGITAL MARKETING “GOOGLE BISNISKU” PADA UMKM UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2, 103–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1593




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.59390

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)