PEMANFAATAN KONTEN DIGITAL SEBAGAI BRANDING UMKM DAN INFOGRAFIS DESA PANGKALAN MAKMUR

Nurjanah Nurjanah

Abstrak


Pangkalan Makmur merupakan sebuah desa yang indah dengan banyak potensi. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani kelapa sawit dan wirausaha kecil dan menengah. Desa Pangkalan Makmur memiliki berbagai macam potensi, salah satu yang menjadi unggulannya adalah Batik Pangkalan Makmur yang unik, yang menampilkan motif burung Serindit dan kelengkeng. Selain batiknya yang terkenal, Pangkalan Makmur juga memiliki tradisi budaya yang kaya dan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berkembang pesat. Akan sangat bermanfaat untuk memperkenalkan dan membuat infografis tentang Desa Pangkalan Makmur. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat video profil desa serta melakukan branding dan digitalisasi pada UMKM. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, semakin jelas bahwa sektor teknologi dan dunia digital memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan Kampung Pangkalan Makmur. Untuk itu, KKN MBKM Universitas Riau melakukan survei dan observasi menyelur terhadap potensi yang ada, serta menyusun serangkaian program kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Kampung Pangkalan Makmur. Melalui observasi dan pengumpulan informasi yang ada, pelakanaan program kerja dilakukan dan memuat hasil berupa adanya digitalisasi terhadap UMKM Kampung Pangkalan Makmur serta adanya produk digital yang memuat informasi dan potensi Kampung Pangkalan Makmur, selain itu tedapatnya branding baru pada usaha masyarakat sekitar dikarenakan adanya produk berupa konten video, desain label kemasan, serta label kemasan dan spanduk bagi pelaku UMKM di Kampung Pangkalan Makmur.


Kata Kunci


Kuliah Kerja Nyata, Digitalisasi, Branding, Video Profil, UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448.

Auliasari, K., Kertaningtyas, M., & Willis, D. (2021). Penerapan Model Aida Pada Pembuatan Konten Digital Marketing Kreasi Kayu Immux. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(3), 341–349.

Budiwitjaksono, G. S., Putri, R. A., Anindiyadewi, N. C., & Anggrainy, N. P. (2022). Emberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Umkm Melalui Digitalisasi Di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 615–624.

Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A. R., Arya, N., & Amin, S. (2020). Kkn Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 1–9.

Laziva, N., & Qoes, A. M. (2024). Studi Literatur Digitalisasi Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Di Eramasyarakat 5.0: Strategi Dan Faktor. Manajemen Business Innovation Conference-Mbic. V, 7, 1050–1079.

Maihani, S., Nur, T., & Yusrawati. (2024). Pengembangan Umkm Di Era Masyarakat Digitalisasi. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 7(3), 103–106.

Mulyati, M., & Suhaety, Y. (2021). Eranan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan Di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 288–294.

Natalia, R., Kharisma, F., Ramadhan, M. R., & Nihaya, I. U. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding Umkm Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku Umkm Desa Kweden. Abimanyu: Journal Of Community Engageme, 3(2), 35–39.

Nazhif, M., & Nugraha, A. (2024). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(7), 261–267.

Nugroho, A., & Daniati, E. (2021). Pelatihan Penggunaan Website Sebagai Media Informasi Profil Desa. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–16.

Nurosyid, F., M, I., Patria, A. A., Annas, A., Awalumuttaqin, I. H., Sari, L. K., & Safira. (2022). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Promosi Potensi Desa Jeruk. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 215–221.

Perwitasari, I. D., Hendrawan, J., Sitepu, F., & Anggraini, W. (2024). Endampingan Dan Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Branding Dan Digitalisasi Marketing. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 134–141.

Pratiwi, D. D., & An, H. R. A. (2024). Transformasi Digital Desa: Pelatihan Video Profil Sinematik Dan Pembaruan Foto Google Maps. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(5), 1356–1361.

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding Umkm Untuk Meningkatkan Potensi Promosi Dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Iptek, 1(1), 39–44.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan Umkm Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas Umkm Di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142.

Rosyiidah, R. (2024). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Informasi Dan Promosi Dalam Menunjang Eksistensi Desa Penanggulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2528–2534.

Rusdi, I., Christian, A., & Suryani, I. (2022). Elatihan Desain Grafis Pembuatan Flyer Produk Untuk Promosi Konten Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 9–15.

Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Dengan Pendekatan Metode Fuzzy Infrence System Mamdani. Imetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(1), 711–720.

Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding Umkm Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521–527.

(2022). Pendampingan Umkm Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas Umkm Di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142.

Rosyiidah, R. (2024). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Informasi Dan Promosi Dalam Menunjang Eksistensi Desa Penanggulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2528–2534.

Rusdi, I., Christian, A., & Suryani, I. (2022). Elatihan Desain Grafis Pembuatan Flyer Produk Untuk Promosi Konten Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 9–15.

Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Dengan Pendekatan Metode Fuzzy Infrence System Mamdani. Imetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(1), 711–720.

Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding Umkm Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521–527.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i1.59489

Refbacks



Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)