SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL KEPADA PELAKU UMKM SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK LOKAL DI DESA WUAKERONG

Martha Acedia Suranti Palem, Martha Acedia Suranti Palem, Ermelinda Kristavera Toyo, Elisabeth Date Masan Welin, Kristianus Simon H. Molan, Yosep D. Lamawuran

Abstrak


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk di wilayah pedesaan. Namun, keterbatasan dalam strategi pemasaran dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kendala utama dalam pengembangan UMKM, khususnya di Desa Wuakerong. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terkait pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran produk lokal melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital. Penggunaan metode adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta mengenai strategi pemasaran digital, penggunaan media sosial seperti Instagram serta pentingnya digital branding. Selain itu, peserta juga mampu mengidentifikasi pasar sasaran, membuat konten promosi yang menarik, dan membangun merek produk mereka. Program ini memberikan dampak positif terhadap penguatan daya saing produk lokal dan menjadi model pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis digital di desa. Dari hasil kegiatan sosialisasi, direkomendasikan agar pelaku UMKM di Desa Wuakerong secara aktif memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk secara konsisten. Pemerintah Desa juga disarankan untuk mendampingi pelaku UMKM melalui pendampingan pemasaran digital agar terwujud pemasaran yang berkelanjutan.

Kata Kunci


UMKM; Produk Lokal; Sosial Media; Desa Wuakerong

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ali, I., & Isyanto, P. (2024). Analisis Strategi Penjualan dan Pemasaran Produk Skincare Ms Glow. PENG. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1, 121–127.

Ayler Beniah Ndraha, Dermawan Zebua, Asokhiwa Zega, & M. K. Z. (2024). Dampak Ekonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Era Industri. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1.

Dirna, F. C. (n.d.). Pengaruh media sosial “instagram” di masa pandemi covid-19 terhadap kekerasan berbasis gender online. Jurnal Wanita Dan Keluarga, 2, 75–92.

Elwani, N., & Kurniawan, T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM. Jakarta.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digitalisasi dalam pengembangan UMKM. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18, 123–135.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Kusuma, D. A., & Sugandi, Y. S. (2019). Pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 7, 45–56.

Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan media sosial Instagram buddyku sebagai sarana informasi terkini. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3, 626–635.

Nur Miftitah, F. A., & M. M. (2023). Peluang Bisnis Bagi Umkm Di Era Digital (Studi Kasus Pada Umkm Sheo Sweet Di Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung).

OECD. (2002). Tax administration:Supporting SMEs to get tax right series trategic planning.Paris.

Pangestu, R. A., Hamidah, S. N., & Sofi, S. L. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Bagi Generasi. Jurnal Sosial Humaniora, 2, 341–349.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pengaruh Digital Marketing terhadap Perkembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 19, 76–85.

Putri, I. L. A., Astri, M. F., Rachman, H. A., & Alam, M. D. A. (2024). Sosialisasi Strategi Marketing Bisnis Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6, 286–293.

Ramadian, K. J., Madya, D. P., & Agusta, E. D. (2023). The Effectiveness of Marketing Strategies Through Social Media (Study on Ayam Koplo by Hangry Indonesia). GREENOMIKA. 5, 177–190.

Saktiendi, E., Herawati, S., Yenny, L. A., & Agusti, A. W. (2022). Pengaruh viral marketing, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research,. 1, 197–210.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting.

Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (n.d.).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.

Utami, R. P. (2017). Observasi Dan Wawancara.

Yuniarti, R., Wibowo, A., & Prasetyo, H. (2022). Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 55–65.




DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.64467

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)