Tantangan Pekerjaan Sosial di Masa Depan dalam kaitannya dengan Era Marketing 3.0 dan CSR 2.0
Abstrak
Berbagai analisis pemasaran mengatakan bahwa saat ini dunia memasuki era Marketing
3.0, dimana dunia industri sudah harus memandang individu (konsumen) dianggap
sebagai mahluk yang bukan rasional dan emosional, namun juga memiliki kebutuhan dan
rasa spiritual. Artinya, dibutuhkan sebuah cetak biru baru bagi pemikiran terkait strategi
pertumbuhan perusahaan. Dengan bahasa yang lain, dapat dikatakan bahwa
Perkembangan ini, ternyata selaras dengan perkembangan CSR, yang semakin tidak
bersifat charitas semata, namun semakin tergabung dengan grand strategy perusahaan.
Kemajuan tersebut, dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility 2.0, yaitu
sebuah semangat untuk memperbaiki segela kekurangan dari strategi CSR sebelumnya.
Mengamati perkembangan tersebut, maka sangat perlu kiranya bagi praktisi pekerjaan
sosial untuk tetap berperan serta aktif dalam perkembangan pemikiran dunia ini. Hal ini
mengingat bahwa ranah pekerjaan sosial, terutama pekerjaan sosial industri sangat dekat
dengan isu perkembangan marketing 3.0 dan CSR 2.0 yang memang berpotensi
mengubah wajah dunia industri kedepan
Referensi
Brenda Dubois & Karla Krogsrud Miley.
Social Work: An
Empowering Profession
Wibhawa, Raharjo & Meilanny. 2010.
Dasar-dasar Pekerjaan Sosial.
Widya Padjadjaran: Bandung
Catherine McDonald. 2006. Challenging
Social Work. The Institutional
Context of Practice. Palgrave
Macmillian
Charles Zastrow. The Practice of Social
Work. Forth Edition. Wadsworth
Publishing Company
Dean H. Hepworth, Ronald H. Rooney &
Jo Ann Larsen.2002. Direct
Social Work Practice, Theory
and Skills. Sixth Edition
Diana M. DiNitto & C. Aaron
McNeece.1990. Social Work:
Issues and Opportunities in a
Challenging Profession. Prentice
Hall
Florida, Richard.2005. Cities and The
Creative Class. Routledge –
New York – London.
Kotler, Philip, Herwawan Kertajaya, Iwan
Setiawan. 2010. Marketing 3.0:
Mulai dari Produk ke Pelanggan
ke Human Spirit. Penerbit
Erlangga
Hermawan Kartajawan. 2010. Grow with
Character. Gramedia Pustaka
Utama Jakarta
Wayne Visser. The Age of
Responsibility: CSR 2.0 and the
New DNA of Business. Journal
of Business System,
Governance and Business Ethic
Wikipedia.Com – Creative Class
http://www.washingtonmonthly.com/featu
res/2001/0205.florida.html
CSR International, Official blog of CSR
International, managed by CEO Wayne
Visser. CSR International a membership
organisation dedicated to connecting and
empowering Corporate Sustainability and
Responsibility (CSR) professionals. See
www.csrinternational.org for more
information.
http://csrinternational.blogspot.com/2008/
/csr-20.html
DOI: https://doi.org/10.24198/share.v3i2.10024
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








21.png)















