Tantangan Pekerjaan Sosial di Masa Depan dalam kaitannya dengan Era Marketing 3.0 dan CSR 2.0

Hery - Wibowo

Abstrak


Berbagai analisis pemasaran mengatakan bahwa saat ini dunia memasuki era Marketing
3.0, dimana dunia industri sudah harus memandang individu (konsumen) dianggap
sebagai mahluk yang bukan rasional dan emosional, namun juga memiliki kebutuhan dan
rasa spiritual. Artinya, dibutuhkan sebuah cetak biru baru bagi pemikiran terkait strategi
pertumbuhan perusahaan. Dengan bahasa yang lain, dapat dikatakan bahwa
Perkembangan ini, ternyata selaras dengan perkembangan CSR, yang semakin tidak
bersifat charitas semata, namun semakin tergabung dengan grand strategy perusahaan.
Kemajuan tersebut, dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility 2.0, yaitu
sebuah semangat untuk memperbaiki segela kekurangan dari strategi CSR sebelumnya.
Mengamati perkembangan tersebut, maka sangat perlu kiranya bagi praktisi pekerjaan
sosial untuk tetap berperan serta aktif dalam perkembangan pemikiran dunia ini. Hal ini
mengingat bahwa ranah pekerjaan sosial, terutama pekerjaan sosial industri sangat dekat
dengan isu perkembangan marketing 3.0 dan CSR 2.0 yang memang berpotensi
mengubah wajah dunia industri kedepan


Referensi


Brenda Dubois & Karla Krogsrud Miley.

Social Work: An

Empowering Profession

Wibhawa, Raharjo & Meilanny. 2010.

Dasar-dasar Pekerjaan Sosial.

Widya Padjadjaran: Bandung

Catherine McDonald. 2006. Challenging

Social Work. The Institutional

Context of Practice. Palgrave

Macmillian

Charles Zastrow. The Practice of Social

Work. Forth Edition. Wadsworth

Publishing Company

Dean H. Hepworth, Ronald H. Rooney &

Jo Ann Larsen.2002. Direct

Social Work Practice, Theory

and Skills. Sixth Edition

Diana M. DiNitto & C. Aaron

McNeece.1990. Social Work:

Issues and Opportunities in a

Challenging Profession. Prentice

Hall

Florida, Richard.2005. Cities and The

Creative Class. Routledge –

New York – London.

Kotler, Philip, Herwawan Kertajaya, Iwan

Setiawan. 2010. Marketing 3.0:

Mulai dari Produk ke Pelanggan

ke Human Spirit. Penerbit

Erlangga

Hermawan Kartajawan. 2010. Grow with

Character. Gramedia Pustaka

Utama Jakarta

Wayne Visser. The Age of

Responsibility: CSR 2.0 and the

New DNA of Business. Journal

of Business System,

Governance and Business Ethic

Wikipedia.Com – Creative Class

http://www.washingtonmonthly.com/featu

res/2001/0205.florida.html

CSR International, Official blog of CSR

International, managed by CEO Wayne

Visser. CSR International a membership

organisation dedicated to connecting and

empowering Corporate Sustainability and

Responsibility (CSR) professionals. See

www.csrinternational.org for more

information.

http://csrinternational.blogspot.com/2008/

/csr-20.html




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v3i2.10024

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.