PEKERJAAN SOSIAL SEKOLAH DAN COPING BEHAVIOR SISWA SMA DALAM MENGHADAPI LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH
Abstrak
Coping behavior atau penyesuaian diri yang dilakukan siswa SMA dalam menghadapi lingkungan sosial di sekolah adalah topik yang akan digambarkan dalam pembahasan ini. Dari tujuan tersebut maka fenomena yang menjadi latar belakang akan dibahas secara deskriptif.
Untuk seorang remaja yang bersekolah, sekolah merupakan lingkungan yang hampir setiap hari dihadapi oleh remaja selain lingkungan rumah dan keluarganya. Sebagaimana halnya keluarga, sekolah sebagai lembaga pendidikan juga mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disamping mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada para siswa. Pada dasarnya setiap siswa yang masuk ke sekolah berasal dari beragam latar belakang, maka dari itu
dibutuhkanlah penyesuaian diri untuk menghadapi lingkungan sekolah. Sekolah tentunya diharapkan memberikan pengaruh positif dalam perkembangan jiwa remaja agar mereka dapat berfungsi secara sosial, namun pada kenyataannya jika penyesuaian diri yang dilakukan siswa tidak sesuai dengan harapan, tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh negatif juga dapat muncul pada diri siswa yang terbukti dengan adanya fenomena perilaku menyimpang pada siswa seperti tawuran antar siswa, seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang dikalangan siswa.
Penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial sekolah baik dengan Problem Focused Coping (PFC) ataupun Emotion Focused Coping (EFC) tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi siswa, baik itu faktor jenis kelamin, kepribadian, tingkat pendidikan, situasi sosial ekonomi dan sebagainya. Oleh karena itu dibutuhkanlah dukungan sosial yang mendorong siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial di sekolahnya agar mereka tetap bisa bersekolah.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku:
Bee, H. 1994. Lifespan Development. New
York: Harper Collins College
Publishers.
Hurlock, Elizabeth B. 1981. Developmental
Psychology Life Span Approach. Fifth
Edition. New Delhi : Tata Mc. Graw
Hill.
__________ . 1997. Psikologi Perkembangan
Anak. Edisi Ke Enam. Jakarta:
Erlangga.
Lazarus RS., Folkman S. 1984. Stress
Appraisal and Coping. New York:
Springer Publishing Company.
Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja.
Surabaya: Usaha Nasional.
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., Haditono,
S.R. 2001. Psikologi Perkembangan:
Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya.
Yogyakarta: Gajah Mada University
Press.
Santrock, John W. 2003. Adolescence.
Perkembangan Remaja. Edisi Keenam.
Jakarta: Erlangga.
Sarwono, S.W. 1992. Psikologi Lingkungan.
Jakarta: PT Grasindo.
___________ . 2000. Psikologi Remaja. Edisi
revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
___________ . 2002. Psikologi Remaja.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silalahi, Ulber. 2009. Meode Penelitian
Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Siporin, Max. 1975. Introduction to Social
Work Practice. New York: MacMillan.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitataif dan R&D.
Bandung: CV Alfabeta.
Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan
Penelitian:.
Wardani, D.S. (2009). Strategi Coping Orang
Tua Menghadapi Anak Autis. Skripsi,
Surakarta: Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jurnal:
Constable, R., Kuzmickaite, D., Harrison, W.
D., & Volkmann, L. 1999. The
emergent role of the school social
worker in Indiana. School Social Work
Journal.
Coyne, J., Aldwin, C., & Lazarus RS. 1981.
Depression and Coping In Stressfull
Episodes. Jurnal Of Abnormal
Psichology. Vol. 50.
Folkman, S., Lazarus, RS., Dunkel-Schetter,
C., De Longis, A., & Gruen, R. J. 1986.
The dynamics of a stressful encounter:
Cognitive appraisal, coping, and
encounter outcomes. Jurnal of
Personality and Social psychology.
Khasan, M; Widjanarko,M. 2011. Perilaku
Coping Masyarakat Menghadapi Banjir.
McCrae, R.R. 1984. Situational Determinants
of Coping Responses: Loss, Threat, and
Challenge. Journal of Personality and
Social Psychology. Vol. 46.
Openshaw, Linda. 2008. Social work in
school: principle and practice. New
York: The Guilford Press.
Suharto, Edi. 2002. COPING STRATEGIES
DAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL:
MENGEMBANGKAN
PENDEKATAN PEKERJAAN
SOSIAL DALAM MENGKAJI DAN
MENANGANI KEMISKINAN.
http://www.policy.hu/suharto/modul_a/
makindo_07.htm
Stone, A. A. and Neale, J. M. 1984. New
Measure of Daily Coping: Development
and Preliminary Result. Journal of
Personality and Social Psychology. Vol.
Sumber lainnya:
Sarwono, S.W. 1985. Remaja dan Perilaku
Seksualnya. Sinar Harapan. 23
November.
http://news.detik.com/kanal/10/berita?nt10
http://ntb.bkkbn.go.id/Lists/Artikel/DispForm
.aspx?ID=673&ContentTypeId=0x0100
DCABABC04B7084595DA364423D
E7897
DOI: https://doi.org/10.24198/share.v4i2.13074
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.