PEKERJAAN SOSIAL SEKOLAH DAN COPING BEHAVIOR SISWA SMA DALAM MENGHADAPI LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH

Rizkia Annisa Frabandani, Agus Wahyudi Riana, Santoso Tri Raharjo

Abstrak


Coping behavior atau penyesuaian diri yang dilakukan siswa SMA dalam menghadapi lingkungan sosial di sekolah adalah topik yang akan digambarkan dalam pembahasan ini. Dari tujuan tersebut maka fenomena yang menjadi latar belakang akan dibahas secara deskriptif.

Untuk seorang remaja yang bersekolah, sekolah merupakan lingkungan yang hampir setiap hari dihadapi oleh remaja selain lingkungan rumah dan keluarganya. Sebagaimana halnya keluarga, sekolah sebagai lembaga pendidikan juga mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disamping mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada para siswa. Pada dasarnya setiap siswa yang masuk ke sekolah berasal dari beragam latar belakang, maka dari itu
dibutuhkanlah penyesuaian diri untuk menghadapi lingkungan sekolah. Sekolah tentunya diharapkan memberikan pengaruh positif dalam perkembangan jiwa remaja agar mereka dapat berfungsi secara sosial, namun pada kenyataannya jika penyesuaian diri yang dilakukan siswa tidak sesuai dengan harapan, tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh negatif juga dapat muncul pada diri siswa yang terbukti dengan adanya fenomena perilaku menyimpang pada siswa seperti tawuran antar siswa, seks bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang dikalangan siswa.

Penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial sekolah baik dengan Problem Focused Coping (PFC) ataupun Emotion Focused Coping (EFC) tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi siswa, baik itu faktor jenis kelamin, kepribadian, tingkat pendidikan, situasi sosial ekonomi dan sebagainya. Oleh karena itu dibutuhkanlah dukungan sosial yang mendorong siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial di sekolahnya agar mereka tetap bisa bersekolah.


Kata Kunci


Coping behavior, Penyesuaian diri, Remaja, Kenakalan remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Bee, H. 1994. Lifespan Development. New

York: Harper Collins College

Publishers.

Hurlock, Elizabeth B. 1981. Developmental

Psychology Life Span Approach. Fifth

Edition. New Delhi : Tata Mc. Graw

Hill.

__________ . 1997. Psikologi Perkembangan

Anak. Edisi Ke Enam. Jakarta:

Erlangga.

Lazarus RS., Folkman S. 1984. Stress

Appraisal and Coping. New York:

Springer Publishing Company.

Mappiare, Andi. 1982. Psikologi Remaja.

Surabaya: Usaha Nasional.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., Haditono,

S.R. 2001. Psikologi Perkembangan:

Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya.

Yogyakarta: Gajah Mada University

Press.

Santrock, John W. 2003. Adolescence.

Perkembangan Remaja. Edisi Keenam.

Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. 1992. Psikologi Lingkungan.

Jakarta: PT Grasindo.

___________ . 2000. Psikologi Remaja. Edisi

revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

___________ . 2002. Psikologi Remaja.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silalahi, Ulber. 2009. Meode Penelitian

Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Siporin, Max. 1975. Introduction to Social

Work Practice. New York: MacMillan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitataif dan R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan

Penelitian:.

Wardani, D.S. (2009). Strategi Coping Orang

Tua Menghadapi Anak Autis. Skripsi,

Surakarta: Fakultas Psikologi

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jurnal:

Constable, R., Kuzmickaite, D., Harrison, W.

D., & Volkmann, L. 1999. The

emergent role of the school social

worker in Indiana. School Social Work

Journal.

Coyne, J., Aldwin, C., & Lazarus RS. 1981.

Depression and Coping In Stressfull

Episodes. Jurnal Of Abnormal

Psichology. Vol. 50.

Folkman, S., Lazarus, RS., Dunkel-Schetter,

C., De Longis, A., & Gruen, R. J. 1986.

The dynamics of a stressful encounter:

Cognitive appraisal, coping, and

encounter outcomes. Jurnal of

Personality and Social psychology.

Khasan, M; Widjanarko,M. 2011. Perilaku

Coping Masyarakat Menghadapi Banjir.

McCrae, R.R. 1984. Situational Determinants

of Coping Responses: Loss, Threat, and

Challenge. Journal of Personality and

Social Psychology. Vol. 46.

Openshaw, Linda. 2008. Social work in

school: principle and practice. New

York: The Guilford Press.

Suharto, Edi. 2002. COPING STRATEGIES

DAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL:

MENGEMBANGKAN

PENDEKATAN PEKERJAAN

SOSIAL DALAM MENGKAJI DAN

MENANGANI KEMISKINAN.

http://www.policy.hu/suharto/modul_a/

makindo_07.htm

Stone, A. A. and Neale, J. M. 1984. New

Measure of Daily Coping: Development

and Preliminary Result. Journal of

Personality and Social Psychology. Vol.

Sumber lainnya:

Sarwono, S.W. 1985. Remaja dan Perilaku

Seksualnya. Sinar Harapan. 23

November.

http://news.detik.com/kanal/10/berita?nt10

http://ntb.bkkbn.go.id/Lists/Artikel/DispForm

.aspx?ID=673&ContentTypeId=0x0100

DCABABC04B7084595DA364423D

E7897




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v4i2.13074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.