KAMPANYE SOSIAL PEDULI ANAK PENYANDANGCEREBRAL PALSY Advokasi untuk Pekerja Sosial:Mengkampanyekan Activity of Daily Living (ADL) untuk Mendorong Kemandirian Anak Di Rumah
Abstrak
Otak merupakan pusat saraf yang mengendalikan fungsi tubuh manusia. Pada kondisi yang berbeda, anak cerebral palsy mengalami kerusakan pada bagian otak yang berfungsi dalampengendalian gerak tubuh. Kondisi itu mengakibatkan kesulitan bergerak, berjalan, hingga belajar, akan tetapi hal itu belum banyak diketahui oleh masyarakat, khususnya orang tua penderita, mengenai kondisi cerebral palsy dan penanganannya. Kurangnya pemahaman pada masyarakat dapat menjadi hambatan dalam penanganan penderitanya untuk hidup mandiri.Pada kajian ini, mendorong pemerintah untuk mengadakan kampanye sosial peduli anak penyandangcerebral palsydalammemberikan informasi mengenai kondisi cerebral palsydan kegiatanActivity of Daily Living (ADL) yang diterapkan pada anak oleh orang tua di rumah.
KegiatanADL didasari oleh tingkat kemandirian anak yang didukung oleh orang tua di rumah untuk mampu melakukan kegiatan perawatan diri harian.Berbasis social marketing, pengadaan kegiatan kampanye inibertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menyadari pentingnya partisipasi pemenuhan kebutuhan anak cerebral palsy dan kemandiriannya melalui identifikasi tujuh aspek marketing mix.
Gagasan ini dilakukan guna mendorong pemerintah dalam mengkampanyekan kepedulian terhadap anak penyandang cerebral palsy sebagai upaya agar orang tua dapat lebih memahami kondisi anak dan penanganannya agar mampu hidup mandiri.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku:
Alma, Buchari dan Hurriyati Ratih. 2008. Management Corporatedan Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Basil, Debra Z., dan Walter Wymer. 2007. Social Marketing: Advances in Research and Theory. New York: Best Business Books.
Basu Swastha, DH dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Berker, Nadire & Selim Yalcin. 2010. The Help Guide to Cerebral Palsy. Washington: Global Help.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fandy, Tjiptono. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Farrel, Michael. 2009. Foundation of Special Education: An Introduction. UK: Wiley-Blackwell.
Kotler, Philip, Ned Roberto, dan Nancy Lee. 2002. Social Marketing: Improving The Quality of Life Second Edition. SAGE Publications, Inc.
Lee, Nancy R., Philip Kotler. 2008. Social Marketing: Changing Behaviors for Good. London: SAGE Publications, Inc.
Salim, Abdul. 2007. Pediatri dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat.
Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Suparlan, Y. B. 1983. Kamus Istilah Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pengarang.
Sumber Prosiding Seminar:
Saharso, Darto. 2006. Cerebral Palsy Diagnosis dan Tatalaksana. Naskah lengkap Continuing Education Kelompok Studi Neuro-Developmental Bagian Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, 29-30 Juli.
Jurnal, Skripsi atau Majalah:
Herliana, Irma. 2010. Pengalaman Keluarga dalam Merawat Anak Cerebral Palsy di Kabupaten Garut: Studi Fenomenologi.
Virgianti, Kartika. 2013. Sinto Rustini: Cerebral Palsy Hanya Butuh Diberpatikan. http://www.satuharapan.com/read-detail/read/sinto-rustini-cerebral-palsy-hanya-butuh-diperhatikan-lebih. Diunduh pada tanggal 25 September 2015 pada pukul 22:10 WIB.
DOI: https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13138
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.