PENERAPAN STRATEGI FUNDRAISING DI SAVE THE CHILDREN INDONESIA (FUNDRAISING STRATEGY IMPLEMENTATION IN SAVE THE CHILDREN INDONESIA)

Yessi Rachmasari, Soni Akhmad Nulhaqim, Nurliana Cipta Apsari

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi fundraising yang dilakukan oleh Save The Children Indonesia meliputi strategi dialogue fundraising, strategi corporate fundraising, strategi multichannel fundraising, strategi retention and development donor. Strategi fundraising ini sebagai salah satu upaya Save The Children Indonesia untuk mendapatkan sumber pendanaan dalam menjalankan aktivitas dan program kegiatannya, melalui strategi fundraising ini Save The Children Indonesia dapat mengurangi ketergantungan dengan lembaga donor utama.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data ialah wawancara mendalam, observasi nonpartisipasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data ialah reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Penelitian ini melibatkan sembilan informan, yang terdiri dari, pengurus dalam unit divisi fundraising, fundraiser, donatur individu dan penerima donasi. Penentuan informan dilakukan berdasarkan tujuan penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan strategi fundraising yang dilakukan oleh Save The Children Indonesia.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi dialogue fundraising yang dilakukan oleh Save The Children Indonesia ini melalui proses tatap muka dari donor potensial. Penerapan strategi corporate fundraising menggunakan pendekatan kemitraan internasional dan lokal. Penerapan strategi multichannel fundraising mengumpulkan dana melalui berbagai saluran, melalui telefeundraising, online fundraising, crowdfunding dan community fundraising. Untuk penerapan strategi retension and development donor dalam mempertahankan kepercayaan para donaturnya melalui pelayanan yang diberikan ialah kepemilikan legalitas, kemudahan mendapatkan pelayanan informasi, kemudahan pembayaran, laporan pertanggungjawaban keuangan dan kegiatan, dan giving thanks. Namun, dalam strategi fundraising yang dilakukan oleh Save The Children Indonesia ternyata masih belum optimalnya sosialisasi Save The Children Indonesia kepada masyarakat dan belum adanya kerjasama dengan perusahaan lokal. Dengan demikian, peneliti menyarankan program Corporate Fundraising as a Fundraising Strategy: “Save a Child, Galang Dana Pembuatan Rumah Pintar Untuk Anak Jalanan”.


Kata Kunci


strategi fundraising, Save The Children Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Chambers, Donald. 2005. Social Policy and Social Programs. Boston: Pearson Education, Inch

Creswell, John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasenfeld, Y. 1983. Human service organization (2nd ed.). New Jersey: Practice Hall Inc.

___________.1992. Human service as complex organization (3rd ed.). USA: Sage Publication.

Kalida, Muhsin. 2004. Pola dan Strategi Fundraising Dalam Pengembangan Lembaga Sosial. Yogyakarta.

Kettner. 2002. Achieving Excellence in The Management of Human Service Organizations. Boston: Allyn and Bacon

Klein, Kim. 2011. Fundraising for Social Change (6th edition). San Fransisco: Josey Bass

Kotler, Philip, Ned Roberto, dan Nancy Lee. 2000. Social Marketing: Improving The Quality of Life Second Edition. SAGE Publications, Inc.

Lindahl, Wesley E., 1992. Strategic Planning for Fund Raising: How to Bring in More Money Using Strategic Resource Allocation, San Francisco, Calif.: Jossey-Bass

Moelong, Lexy J. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Norton, Michael. 2002. Menggalang Dana: Penuntun bagi Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Sukarela di Negara-Negara Selatan (Masri Maris, Penerjemah) Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

______________and Culshaw M.2000. Getting started in fundraising, New Delhi: Sage Publications India Pvt, Ltd

Pattey, G.Janice. 2008. Non Profit Fundraising Strategy. New Jersey: John Wiley & Son. Inch

Sargeant, Adrean. 2010. Fundraising Principal and Practices. Sans Fransisco: John Wiley & Sons, Inc. All rights reserved.

Skidmore,Rex A,. 1995. Social Work Administration Dynamic Management and Human Relationships. United Stated: Alyn & Bacon

Sprinkel, Kay.2005. Beyond Fundraising New Strategies For Non Profit Innovation and Investment (2nd edition). Canada: John & Wiley & Sons,Inc

Wheat, R. E., Wang, Y., Byrnes, J. E., & Ranganathan, J. 2013. Raising money for scientific research through crowdfunding.Trends in ecology & evolution, 28(2), 71-72.

Wibawa,Budi, Dkk. 2010. Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial. Bandung: Widya Padjadjaran

Young, Joyce, Ken W. & John S. (2007). Menggalang dana untuk organisasi nirlaba. Jakarta: PT. INA PUBLIKATAMA.

______, T. E. 2012. The Everything Guide to Crowdfunding: Learn how to use social media for small-business funding. Avon, MA, United States of America: Adams Media.

Karya Ilmiah:

Akbar, M.K.(2013). Studi Deskriptif Pelaksanaan Fundraising Dalam Lingkup Human Service Organization Di Yayasan Bustanul Ulum Di Kawasan Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Skripsi. Kesejahteraan Sosial UNPAD.

Hendriansjah, Stefani. (2014). Proses Crowdfunding oleh #SaveMaster dan Yayasan Kita Bisa Bagi Sekolah Masjid Terminal (Master), Depok. Skripsi. Kesejahteraan Sosial UNPAD

Irfan, Maulana (2011). Komunikasi Pemasaran Organisasi Sosial. Artikel. Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Padjadjaran diakses melalui http://kesos.unpad.ac.id/2011/09/27/komunikasi-pemasaran-organisasi-sosial/pada tanggal 6 Januari 2016, pukul 14.30 WIB

Kilbey, Brian (2008). Fundraising For Social Service. Journal. Associate Professor, Department of Social Development, University of Cape Town

Sargeant, A. and Woodliffe, L. (2007) Building Donor Loyalty: The Antecedents and Role of Commitment in the Context of Charity Giving,’ Journal of Nonprofit and Public Sector Marketing

__________.(2008). Donor Retention: What Do We Know and What Can We Do About It? . Journal. Indiana University melalui http://www.afpnet.org/files/contentdocuments/donor_retention_what_do_we_know.pdf pada tanggal 17 Maret 2016, pukul 22.30 WIB

Tedham, Ashley.(2012). Charitable Giving, Fundraising, and Faith- Based Organizations: Islamic Relief World Wide and World Vision International - A Comparison. Journal. Graduate Institute of International and Development Studies

PIRAC (2002). Investing in Ourselves Giving and Fundraising In Indonesia. Paper. Asian Development Bank

Publikasi elektronik

http://www.savethechildren.or.id

http://www.pirac.org

http://nasional.tempo.co/read/news/2013/12/18/05536269/kekurangan-dana-lsm-narkoba-bertumbangan diakses pada tanggal 3 Mei 2015, pukul 16.40 WIB

http://www.thenewage.co.za/5780-1016-53-NGOs_in_crisis_over_lack_of_funding_and_staff_loses diakses pada tanggal 5 Mei 2015, pukul 19.00 WIB

http://sekolahfundraising.com/tag/perencanaan-strategis/ dari website http:// pirac.org diakses pada tanggal 17 Juni 2015, pukul 21.00 WIB

http://indonesia.ucanews.com/2011/03/29/klinik-tbc-ditutup-penderita-bingung/ diakses pada tanggal 20 Juni 2015, pukul 17.30 WIB

http://www.rri.co.id/post/berita/206644/nasional/kemensos_upayakan_penyelenggaraan_pengumpulan_uang_atau_barang_yang_sesuai_aturan.html diakses pada tanggal 15 Desember 2015




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v6i1.13148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.